Ini 8 Alasan Sering Menguap Tapi Tidak Bisa Tidur dan Cara Mengatasinya

577

Pernahkah Anda mengalami kondisi sering menguap tanda mengantuk tapi mencoba tidur tapi tidak kunjung terlelap? Atau justru hampir setiap malam Anda merasakan gangguan seperti ini? Berbahaya tidak sih? Ketahui alasan penyebab dibalik sering menguap tapi tidak bisa tidur agar dapat mengatasinya secara benar sesuai dengan penyebabnya.

Penyebab Sering Menguap Tapi Tak Kunjung Dapat Tidur

Beberapa faktor diketahui dapat melatarbelakangi kondisi seringnya kita menguap tapi tak bisa tidur dan terlelap juga, dan berikut ini adalah sejumlah faktor tersebut yang wajib diwaspadai.

  1. Otak Kekurangan Oksigen

Otak manusia pada dasarnya memerlukan oksigen untuk bekerja dengan baik dan maksimal dan kebutuhan oksigen pun memang cukup banyak menurut dr. M Radhian Arief, SpBS seorang ahli bedah saraf di Rumah Sakit Medistra sesuai yang dilansir dari Detik Health. Badan lemas, cepat lelah, linglung, gampang mengantuk tapi susah tidur, kulit pucat, nafas pendek, berkeringat dan detak jantung cepat adalah ciri-ciri kekurangan oksigen pada otak.

  1. Anemia

Sering menguap tanpa bahwa Anda mengantuk, tapi justru tak mudah untuk tidur di malam hari. Inilah salah satu gejala anemia atau kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Selain dari insomnia, penderita anemia juga akan mengalami kram di kaki, sulit fokus, sakit kepala, dingin pada kaki dan tangan, nafas pendek, detak jantung tak beraturan, kulit pucat dan tubuh cepat lelah.

  1. Hipoglikemia

Kadar gula darah yang rendah juga dapat menyebabkan tubuh seakan kurang tenaga dan menjadi mudah lemas serta menguap karena ngantuk tapi sulit ketika hendak ditidurkan. Selain itu, bibir pun gampang kesemutan, jantung berdebar, sensitif atau mudah marah, gampang lapar, pusing, hingga terjadi gangguan penglihatan dan kejang-kejang bila sudah parah.

  1. Hipotensi

Penderita tekanan darah rendah pun dapat menjadi lemas dan mudah menguap karena ngantuk. Bahkan gejalanya juga akan disertai dengan dehidrasi, pandangan kabur, kehilangan keseimbangan pada tubuh, rasa mual, detak jantung tak teratur hingga tak sadarkan diri karena pingsan.

  1. Kurang Olahraga

Faktor jarangnya berolahraga pun dapat memicu kondisi sulit tidur padahal sering menguap dan rasanya sudah mengantuk. Kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga juga menjadi faktor paling umum yang menyebabkan turunnya kualitas tidur.

  1. Stres

Bukan hal aneh lagi ketika seseorang merasa sudah sangat mengantuk, menguap berkali-kali tapi tak kunjung terlelap dalam tidurnya. Stres bisa menjadi salah satu faktor penyebab dari hal tersebut. Pikiran-pikiran negatif dan segala kekhawatiran yang muncul adalah pemicu Anda mengalami insomnia.

  1. Ruang Tidur Kurang Nyaman

Dikelilingi oleh barang-barang elektronik yang masih aktif menyala ditambah dengan lampu kamar menyala terang serta suhu kamar yang terlalu panas atau dingin dapat memicu kesulitan tidur walau sudah sering menguap. Ketika ruang tidur tak menyediakan kenyamanan, sulit untuk bisa membuat diri cepat terlelap.

  1. Waktu Tidur Tidak Tetap

Waktu tidur yang berubah-ubah dapat menjadi alasan dibalik seringnya menguap tapi tak kunjung bisa tidur nyenyak sesuai harapan. Untuk itu, memiliki jadwal tidur tetap akan sangat membantu supaya kualitas tidur tetap terjaga.

Cara Mengatasinya

Berikut ini adalah rangkaian cara yang bisa dilakukan agar Anda tak lagi sulit tidur walau sering menguap. Bahkan intensitas menguap Anda juga menjadi berkurang dengan memraktekkan langkah-langkah ini.

  • Berolahraga 1-2 minggu sekali – Meluangkan waktu setidaknya 1-2 minggu sekali pasti bisa dilakukan sebab hal ini mampu menjadi cara dalam meningkatkan kualitas tidur Anda. Olahraga ringan seperti melakukan peregangan 15 menit setiap hari pun bisa dilakukan.
  • Memastikan ruang tidur nyaman – Jika memang sudah merasa mengantuk, pastikan untuk tak lagi memainkan atau menyentuh barang elektronik sebelum tidur. Jauhkan diri dari gadget apapun dan perhatikan juga suhu kamar Anda untuk diatur sesuai kenyamanan. Matikan lampu kamar agar meningkatkan kenyamanan.
  • Memiliki jam tetap untuk tidur – Waktu tidur sebaiknya tetap dan tak berubah-ubah, jadi miliki jadwal tidur tetap supaya tak menjadi sulit tidur atau agar tidak mengalami gangguan tidur lainnya.
  • Mengelola stres – Hampir setiap orang pasti pernah mengalami stres, tapi pastikan Anda tahu bagaimana cara menghilangkan stres tersebut secara aman agar tidak mengganggu kesehatan.
  • Melatih pola napas – Melatih pernapasan bisa dilakukan melalui kegiatan pilates dan yoga, jadi cobalah untuk melakukannya supaya badan lebih segar, bugar dan tak sering-sering lagi menguap apalagi sulit tidur.
  • Minum cukup air putih – Sering menguap tanda kurangnya oksigen di otak, jadi perbanyaklah sumber oksigen, yakni dengan minum air putih yang banyak. Air putih cukup akan melancarkan peredaran darah yang menyuplai oksigen ke seluruh organ tubuh termasuk otak.

Selain memraktekkan sejumlah langkah tersebut, tak salah kalau Anda pun melakukan konsultasi dengan dokter supaya mampu mendeteksi dan menangani secara tepat pemicu sering menguap tapi tak bisa tidur.