8 Akibat Sering Minum Air Dingin Dari Kulkas

Minum air dingin dari kulkas memang sangat menyejukkan dan menyegarkan tenggorokan. Terlebih diminum ketika siang hari yang panas, sehabis olah raga dan juga setelah berpuasa. Tentu kenikmatan akan Anda dapatkan. Menjamurnya kulkas di pasaran merupakan indikator dari masyarakat kita yang begitu menyukai minuman dingin. Terlebih minuman dingin ini dipadukan dengan berbagai olahan lain. Tentu akan semakin menggoda untuk segara menikmatinya.

Tahukan Anda minum air dingin terlalu sering dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang menerika respon terlalu cepat. Respon dari hangat ke dingin. Tidak terpungkiri memang suhu tubuh dalam keadaan hangat. Ketika menerima minuman yang dingin tentu akan menganggu sistem metabolisme tubuh. Tidaks saja itu, dapat menyebabkan berbagai gangguan lainnya. Untuk mengetahui akan dampak tersebut kiranya melalui artikel berikut Anda akan mengetahuinya. Sehingga, semakin tahu dan semakin pandai dalam menjaga kesehata tubuh.

  1. Membuat Tubuh Tidak Nyaman

Bahaya dari minuman air dingin atau air kulkas bagi tubuh adalah akan membuat tubuh tidak nyaman. Hal ini disebabkan melemahnya proses pencernaan yang diakibatkan oleh minuman yang dingin. Untuk melancarkan dan meningkatkan pencernaan inilah dibutuhkan air hangat. Rasa tidak nyaman ini memiliki kemiripan dengan gejala penyakit maag. Oleh sebab itu, penting bagi Anda memerhatikan asupan minuman, terutama minuman yang dingin.

  1. Membuat Usus Sempit

Bahaya air dingin selanjutnya dapat menyebabkan usus menjadi sempit. Kondisi ini disebabkan oleh adalah suhu dingin yang membuat pembekuan pada partikel lemak dan minyak pada makanan yang telah dikonsumsi. Makanan yang berlemak dan berminyak ini tidak kita sadari setiap hari selalu mengkonsumsinya. Sehingga, sangat beresiko ketika banyak minum air dingin. Penyemitan usus yang diakibatkan penumpukan lemak ini dapat menyebabkan tubuh bahaya yang tinggi untuk tubuh. Sebab makanan tidak dapat masuk dan nutrisi akan terhambat.

  1. Perut Buncit

Mungkin Anda sering melihat orang yang memiliki perut buncit. Setiap tempat selalu menemukan akan orang yang demikian. Faktor yang menyebabkan perut bunci tidak saja karena faktor makanan dan kurangnya berolah raga. Melainkan disebabkan oleh minuman dingin. Air dingin akan menghangatkan bantalan lemak yang ada di dalam pencernaan. Semakin banyak minuman dingin yang masuk ke dalam pencernaan. Akan semakin tinggi pula lemak yang dibutuhkan. Sehingga, tidak mengherankan akan menjadikan perut semakin membuncit. Tentu perut buncit begitu menganggu penampilan Anda. Sebab dianggap tidak dapat menjaga penampilan diri. Penting bagi anda untuk menerapkan makanan untuk diet .

  1. Meyebabkan Kembung

Perut kembung atau begah merupakan kondisi di mana perut merasakan tidak nyaman yang begitu tinggi. Penyebab dari perut kembung ini tidak saja disebabkan oleh asam lambung atau penyakit maag. Melainkan di sebabkan juga oleh terlalu banyak mengkonsumsi minuman dingin. Ini karena ari dingin akan merubah suhu perut sesuai dengan makanan yang dimakan, merubah irama organ pencernaan, dan efek kontraksi yang membuat tubuh menjadi kram. Efek itulah yang seringkali menyebabkan perut menjadi kembung.


  1. Berbahaya Setelah Berolahraga

Minuman dingin memang nikmat ketika diminum setelah berolahraga, akan menemukan kesegaran dan juga kesejukan. Namun, penting untuk Anda ketahui minuman dingin ini berbahaya ketika setelah berolahraga. Karena terdapat perubahan suhu tubuh sehingga menganggu sistem metabolime, dapat menyebabkan penyempitan pembulu darah, kram pata otot perut, dan otot jantung terganggu. Tentu efek tersebut sangat berbahaya untuk tubuh Anda.

  1. Pusing atau Sakit Kepala

Bahaya air dingin untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat menyebabkan pusing. Pusing dapat disebabkan kebanyakan minum air dingin. Sistem sraf pusat yang terdapat di otak belum siap menerima perubaan suhu. Sehingga, otak akan memberikan sinyal berupa rasa pusing. Pusing yang berkelanjutkan tentu akan membahayakan tubuh. Sebab akan mempengaruhi sistem metabolisme tubuh lainnya.

  1. Haus yang Berlebih

Ketika sedang merasakan haus yang akut. Tentu Anda akan mengobati rasa haus itu minum air dingin yang banyak. Sesungguhnya minum air dingin tidak mengurangi rasa haus justru akan menambahnya. Kondisi ini disebabkan oleh cairan yang masuk ke dalam tubuh tidak terserap dengan sempurna sehingga tubuh justru akan kehilangan cairan. Efek lain yang terjadi ketika minum air dingin saat haus adalah sering kencing. Hal itulah yang menandakan air yang diminum tidak terserap secara sempuna untuk tubuh. Semakin banyak minum air dingin akan semakin bahaya untuk tubuh. Haus yang berlebih ini juga sering terjadi pada penderita  diabetes.

  1. Pembekuan Otak

Bahaya minum air dingin semlanjutnya adalah dapat membekukan otak. Saat mengkonsumsi air dingin aliran darah yang menuju ke otak semakin cepat. Sehinga dapat menyebabkan rasa pusing, semakin lama kondisi ini menjadikan otak membetu. Tentu otak yang membeku akan menimbulkan masalah yang cukup serius untuk tubuh.

 

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk