7 Kebiasaan Yang Dianggap Jorok dan Menjijikkan Ini Rupanya Malah Menyehatkan

180

Kebiasaan masing-masing orang itu berbeda-beda, ada yang baik dan bermanfaat, tapi tentu ada pula yang jorok dan menjijikkan. Hanya saja, ternyata ada lho kebiasaan yang selama ini kita anggap menjijikkan dan jorok malah justru sekaligus bermanfaat dan menyehatkan bagi tubuh seperti berikut ini.

  1. Mengupil

Hampir setiap orang punya kebiasaan mengupil meski memang banyak orang bakal merasa risih dan menganggap bahwa kebiasaan ini jorok. Kebiasaan ini dikenal menyehatkan karena mengupil merupakan metode membersihkan bagian dalam hidung. Mengupil juga diketahui sebagai cara paling baik supaya bakteri tak gampang memasuki saluran pernapasan dan memicu gangguan pada sistemnya.

  1. Makan Upil

Kalau melihat seseorang mengupil saja sebagian besar dari kita sudah menganggapnya jorok, apalagi memakan kotorannya kan? Kebiasaan menjijikkan satu ini ternyata malah diketahui sebagai suatu cara meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan mucina saliva yang mampu melawan bakteri pada rongga mulut menurut lansiran dari laman Liputan 6.

  1. Kentut

Kentut alias buang angin juga sebenarnya kebiasaan setiap orang yang sangat wajar, hanya saja menjadi jorok dan tidak sopan kalau dilakukan di hadapan orang lain. Namun buang angin sendiri adalah hal menyehatkan dan justru jadi pemicu sakit kalau jarang atau sulit kentut. Dengan buang angin, jumlah gas yang kiranya berlebih pada perut bisa berkurang.

  1. Menggigit Kuku

Kebiasaan buruk yang juga seringkali dianggap jorok adalah menggigiti kuku, entah itu dilakukan oleh anka-anak maupun orang dewasa. Meski begitu, rupanya sistem imun tubuh dapat terdorong dengan kebiasaan satu ini lho. Ini karena memberikan peluang bagi bakteri untuk masuk lalu tubuh terdorong menghasilkan sel darah putih lebih banyak sebagai cara melawan bakteri tersebut.

  1. Meludah

Meludah pun dianggap menjijikkan oleh sebagian orang dan bahkan dapat mengganggu pemandangan, namun sebenarnya meludah itu bisa menolong memudahkan proses pernapasan saat berolahraga. Ketika sakit ataupun berolahraga, kebiasaan meludah justru baik karena terlalu banyaknya air liur malah menjadi penghambat pernapasan.

  1. Buang Air Kecil Sambil Mandi

Sebagian orang pasti pernah yang namanya buang air kecil sambil shower atau mandi dan menurut penelitian dilansir dari Today, ada 75 persen orang yang punya kebiasaan ini lho. Walau dianggap jorok, kabar baiknya kandungan amonia dan asam urat pada urine bisa jadi penurun risiko infeksi jamur di kaki.

  1. Bersendawa

Sendawa sehabis makan itu biasa, namun kerap kali dianggap kurang sopan dan jorok oleh beberapa orang. Sama halnya dengan buang angin atau kentut, bersendawa membantu agar udara di dalam perut dapat keluar karena kalau keseringan menahannya bisa-bisa malah memicu kenaikan asam lambung sampai kerongkongan. Hanya saja awas juga kalau sampai terlalu sering bersendawa, ini bisa jadi tanda gangguan pencernaan pada lambung yang tengah diidap.

Itulah deretan kebiasaan buruk, jorok dan menjijikkan bagi sebagian besar orang namun nyatanya justru bagus untuk kesehatan. Namun, kentut serta bersendawa berlebihan juga dapat menjadi pertanda tubuh sedang tidak sehat, maka segera periksakan kalau terus-menerus terjadi.