Home Featured Kenali 4 Penyebab Perut Buncit Bagian Bawah Pusar Untuk Segera Diatasi

Kenali 4 Penyebab Perut Buncit Bagian Bawah Pusar Untuk Segera Diatasi

by Erlita

Perut buncit selalu menjadi masalah bagi para pemilih berat badan berlebih, namun bagaimana kalau perut yang buncit hanya di bagian bawah pusar? Perut bagian bawah pusar lebih menonjol dan besar, padahal tidak sedang hamil, lalu kemungkinan apa yang bisa terjadi? Inilah beberapa faktor penyebab perut buncit bagian bawah pusar yang bisa saja dialami.

1. Perlemakan

Perut membuncit khusus di area perut bagian bawah pusar sebenarnya bisa saja disebabkan oleh perlemakan biasa. Perlemakan sendiri adalah penumpukan lemak yang berlebihan di area tersebut. Hanya saja, jika dibiarkan dan tidak segera diatasi dengan pembakaran lemak yang tepat, ada berbagai risiko penyakit yang mengintai.

2. PCOS/Sindrom Polikistik Ovarium

Jika perut bagian bawah pusar membuncit disertai dengan gejala lainnya, seperti kadar hormon maskulin/androgen berlebih, lalu menstruasi pun terganggu, ada kemungkinan PCOS atau sindrom polikistik ovariumlah penyebabnya. Ketika menstruasi menjadi tidak teratur juga, segera ke dokter untuk memeriksakan diri demi memastikan apakah sindrom ini yang menjadi masalah.

Sebagai penanganannya, pemberian pil KB biasanya dilakukan oleh dokter yang dikombinasi bersama obat lainnya supaya siklus menstruasi bisa diatasi. Dengan kandungan hormon progesteron dan estrogen pada pil KB, produksi hormon androgen berlebihan diharapkan dapat berkurang. Namun, perubahan gaya hidup juga diperlukan dalam hal ini, yakni dengan berdiet rendah kalori serta berolahraga rutin.

3. Endometriosis

Perut membuncit di bagian bawah pusar juga berisiko disebabkan oleh endometriosis, yakni pertumbuhan jaringan pembentuk lapisan pada dinding rahim yang justru ada di luar rahim. Bila perut buncit ini disertai dengan gejala lain seperti buang air kecil/besar terasa sakit, darah haid volumenya berlebihan, dan perut hingga panggul terasa nyeri, segera ke dokter.

Sebagai penanganan, dokter biasanya melihat lebih dulu seberapa parah kondisi pasien. Umumnya, obat anti-inflamasi nonsteroidlah yang diberikan sebagai langkah pengobatan disertai dengan terapi hormon. Jika diperlukan, dokter kemungkinan akan menyarankan pasien untuk menempuh prosedur operasi seperti histerektomi, laparotomi, atau laparoskopi sesuai dengan keadaan pasien.

4. Ketidakpadatan Otot Perut Bawah

Otot menggelambir bukan hanya dapat terjadi di bagian lengan, perut bagian bawah pusar pun bisa. Bila masalahnya adalah ketidakpadatan otot, pastikan untuk mulai mengencangkan otot tersebut dengan berolahraga lebih rutin. Lakukan latihan perut secara teratur selain menjaga pola makan, jadi tak hanya mampu membakar lemak, otot perut juga jadi lebih kencang.

Itu dia sederet kemungkinan penyebab perut buncit bagian bawah pusar yang perlu dikenali dan segera diatasi. Bila perlemakan atau ketidakpadatan otot menjadi alasannya, mulailah perbanyak mengonsumsi sayur, gandum dan buah, serta banyak berolahraga. Bila terjadi gejala-gejala lain yang tak wajar, seperti nyeri, menstruasi tak teratur, hingga sakit pada waktu buang air kecil, periksakan ke dokter secepatnya.

You may also like