Waspadai 15 Penyebab Tidak Gemuk Walau Sudah Makan Banyak Ini !

421

Sebagian orang dapat dengan mudah mengalami kenaikan berat badan, sementara itu ada beberapa orang lainnya yang justru sudah berupaya sekeras mungkin untuk menaikkan berat badan tapi tetap saja tubuh kurus. Orang-orang dengan masalah susah gemuk pasti akan mulai bertanya-tanya apa yang salah dan apa kondisi penyebab tidak gemuk pada dirinya. Berikut adalah beberapa alasan yang perlu Anda intip.

  1. Faktor Genetik

Jika orang tua Anda dan saudara-saudara lainnya adalah orang-orang yang kurus dan sulit gemuk, maka penyebab tubuh Anda tidak gemuk kemungkinan besar adalah faktor keturunan atau genetik. Ada beberapa orang yang makan sebanyak apapun tetap tak bisa menggemuk di mana hal tersebut dapat dikarenakan penyerapan makanan oleh usus yang sedikit.

  1. Metabolisme Terganggu

Seperti kita tahu, metabolisme yang sangat cepat justru bisa menurunkan berat badan lebih cepat juga. Jadi bila metabolisme tubuh Anda kinerjanya sangat cepat maka otomatis apapun jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh, baik itu makanan berlemak dan berkolesterol tinggi sekalipun pasti akan mengalami proses pembakaran maksimal menjadi tenaga. Tapi, metabolisme yang terlalu cepat juga berkemungkinan ada gangguan sehingga ada kalanya Anda bisa mengecek kesehatan dengan menemui dokter.

  1. Olahraga Berlebihan

Olahraga yang terlalu banyak adalah salah satu faktor yang bisa menjadikan tubuh tidak bisa gemuk, apalagi kalau memang dasarnya sudah susah gemuk. Berolahraga tidak perlu secara berlebihan, terlalu sering dan terlalu banyak. Perhatikan porsinya dan hindari bahaya olahraga yang berlebihan bagi tubuh.

  1. Kurang Olahraga

Olahraga berlebihan salah, kurang berolahraga juga salah? Tubuh sulit untuk gemuk dan terus-menerus kurus bisa jadi karena malas berolahraga sehingga menjadikan tubuh mudah terkena penyakit. Padahal, tubuh berisi itu juga bisa karena massa otot yang terbentuk sempurna. Ingat bahwa olahraga bukan hanya sekadar cara membakar lemak, melainkan membentuk juga otot-otot tubuh Anda.

  1. Kebiasaan Merokok

Tak hanya kanker paru-paru saja yang termasuk penyakit akibat merokok, kebiasaan merokok pun dapat menyebabkan tubuh yang sudah kurus semakin sulit dan tidak bisa gemuk. Seperti menurut penelitian yang dilakukan oleh Yale University di Amerika, berat badan para perokok aktif diteliti 2,5 kg lebih ringan apabila membandingkannya dengan berat badan orang-orang yang bukan perokok.

  1. Kebiasaan Konsumsi Alkohol

Terlalu banyak minum minuman mengandung alkohol tanpa tubuh mendapatkan nutrisi dari sumber makanan yang tepat juga bisa sulit menggemukkan badan Anda yang kurus. Ini karena kalori yang ada pada alkohol sangat sedikit dan alkohol hanyalah memenuhi lambung Anda dengan gas sehingga perut terasa penuh dan selera makan justru makin menurun karenanya.

  1. Usia Masih Muda

Faktor usia tampaknya juga dapat menjadi pengaruh yang besar pada tubuh sebagian orang yang tidak bisa gemuk. Pada masa muda, kebanyakan orang memiliki metabolisme yang tinggi sehingga kinerja proses pembakaran lemak menjadi energi terjadi begitu cepat. Sementara itu, seiring usia bertambah metabolisme kinerjanya makin turun sehingga berat badan sulit untuk diturunkan.

  1. Stres

Masalah tugas dan kegiatan kuliah atau masalah dalam pekerjaan, belum lagi masalah di rumah dengan keluarga atau bahkan dengan teman dan pasangan, bisa jadi faktor-faktor ini yang membuat banyak orang tertekan. Sayangnya, sebagian orang yang mudah stres kemudian tak nafsu makan yang bisa saja berkelanjutan sehingga menyebabkan tubuh tidak bisa gemuk.

  1. Depresi

Lebih serius dari stres, kondisi depresi pun sama berbahayanya dan bisa memengaruhi berat badan. Saat depresi, ada pula kemungkinan perubahan hormonal tubuh terjadi sehingga metabolisme mengalami gangguan, nafsu makan menjadi berkurang drastis, sehingga nutrisi lengkap yang seharusnya bisa diperoleh tubuh menjadi sangat sedikit.

  1. Defisiensi Kalori

Anda mengaku suka makan banyak, tapi apakah Anda memerhatikan kandungan nutrisi setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh? Ada kemungkinan bahwa Anda tidak gemuk karena kurang asupan kalori. Mulai sekarang, cobalah menemukan makanan-makanan yang mengandung kalori tinggi yang sesuai dengan selera Anda dan konsumsilah rutin agar bisa memperoleh energi sekaligus mengalami kenaikan berat badan.

  1. Tidak Sesuainya Komposisi Makanan

Tidak gemuknya tubuh bisa jadi disebabkan oleh asupan makanan-makanan yang kurang kandungan gizinya. Pilihlah tak sekadar makanan berkalori tinggi, tapi juga konsumsilah makanan-makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, makanan kaya serat, hingga makanan yang mengandung protein tinggi seperti putih telur, sayur, ikan salmon, serta daging ayam bagian dada.

  1. Gangguan Tiroid

Tidak bisa gemuknya tubuh Anda bisa juga disebabkan oleh kelenjar tiroid yang mengalami gangguan, seperti kelebihan atau kekurangan hormon tiroid (hipertiroidisme atau hipotiroidisme). Kelenjar tiroid yang kurang aktif atau bahkan terlalu aktif kurang baik efeknya bagi tubuh dan berdampak serius pada penurunan berat badan.

  1. Malnutrisi

Tubuh yang mengalami kekurangan zat gizi disebut juga dengan istilah malnutrisi. Bukan hanya mengatur jam makan, Anda perlu mengatur pula pemilihan makanan yang tepat. Meski begitu, malnutrisi bukan hanya tentang hal itu, melainkan juga dapat disebabkan oleh gangguan pencernaan tertentu sehingga perlu segera diatasi.

  1. Racun Menumpuk dalam Tubuh

Tidak bisa gemuk juga dapat dikarenakan banyaknya toksin yang menumpuk di dalam tubuh. Asupan makanan seperti junk food dan fast food mampu menjadi pemicu timbulnya kerak di dalam usus sehingga kemudian berdampak pada proses penyerapan nutrisi yang jadi terganggu. Karena penyerapan nutrisi mengalami gangguan, otomatis tubuh tidak gemuk walau makan sebanyak dan sesering apapun, jadi konsumsilah makanan untuk detoksifikasi tubuh yang alami dan efektif sebagai solusi.

  1. Kanker

Kemungkinan penyebab tubuh tidak gemuk yang paling mengerikan adalah timbulnya kanker dalam tubuh. Sel kanker dapat memakan seluruh makanan yang normalnya jaringan tubuh terima untuk berkembang dan berfungsi dengan baik. Kurangnya berat badan bisa jadi karena sel kanker bertumbuh secara cepat dan menggerogoti tubuh penderitanya.

Itulah beberapa penyebab tidak gemuk atau susah gemuknya tubuh seseorang yang patut Anda waspadai. Jika Anda merasa segala usaha telah dilakukan dan segala jenis makanan telah Anda konsumsi, cobalah ke dokter dan mengonsultasikannya.