Kenali 5 Penyebab Kanker Otak Seperti yang Dialami Agung Hercules

158

Nama Agung Hercules kini tengah hangat diperbincangkan dan muncul di banyak portal berita karena sedang menderita penyakit yang cukup berat yaitu glioblastoma atau kanker otak. Penyakit tersebut memang lebih banyak diderita oleh laki-laki, dan di tahun 2018 jumlah penderita kanker otak yang baru mencapai 5.000 orang. Angka tersebut tentu tidak sedikit, dan bagi kita yang masih diberikan nikmat kesehatan sudah sepatutnya bersyukur. Selain itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa saja penyebab munculnya kanker otak, seperti berikut ini.

1. Radiasi

Gelombang radiasi yang terpapar dan mengenai tubuh kita dalam waktu yang lama dapat merusak sel sehat sehingga dapat menjadi abnormal dan membelah dengan cepat. Radiasi tersebut dapat berasal dari sinar-X dan alat medis lainnya, serta radiasi gadget yang digunakan dalam waktu lama setiap harinya. Karena itu penting sekali untuk menjauhkan diri dari radiasi tersebut agar tidak berdampak negatif bagi tubuh.

2. Rokok dan Alkohol

Pengaruh zat berbahaya yang terdapat dalam rokok dan alkohol dapat menyebabkan sel dalam tubuh mengalami mutasi gen, termasuk sel pada otak. Racun tersebut merusak sel dan akhirnya berkembang tidak terkendali membentuk tumor atau menginvansi sel sehat lainnya di sekitar. Jadi, tinggalkan rokok dan alkohol jika Anda terbiasa mengkonsumsinya, sebelum timbul penyakit berbahaya yang nantinya sulit untuk disembuhkan.

3. Riwayat Keluarga

Penyakit kanker otak tidak hanya disebabkan faktor luar, namun juga dapat terjadi karena adanya faktor keturunan. Jika salah satu anggota keluarga ada yang pernah mengalami kanker otak atau jenis kanker lainnya, maka keturunannya akan memiliki resiko yang besar untuk mengalami penyakit yang sama. Namun ini masih bisa dicegah jika kita selalu menjalani pola hidup sehat.

4. Polusi yang Tinggi

Seseorang yang tinggal di daerah yang tinggi kadar polusinya beresiko besar terkena kanker otak maupun penyakit berbahaya lainnya. Hal ini dikarenakan polusi yang terhirup mengandung racun dan dalam jumlah banyak mengendap di dalam tubuh. Kondisi ini akan menyebabkan daya tahan tubuh menurun, sekaligus menyebabkan sel bermutasi. Jika dibiarkan, kanker otak dapat menyerang kapan saja.

5. Makanan yang Tidak Sehat

Sekarang ini banyak sekali makanan yang dijual diolah secara tidak sehat. Salah satunya makanan yang digoreng, mengandung banyak lemak jahat yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, makanan dengan penyedap, pewarna, dan pemanis buatan juga tidak baik untuk tubuh. Lebih baik jika setiap harinya mengkonsumsi sayur dan buah yang segar agar daya tahan tubuh tetap terjaga, dan yang lebih penting dapat terhindar dari kanker otak.

Nah, sudah tahu kan penyebab munculnya kanker otak? Dengan memahami penyebab di atas, kita dapat lebih berhati-hati sekaligus menghindarinya. Jadi tubuh tetap sehat dan terhindari dari penyakit kanker otak yang membahayakan nyawa.