Awas, 7 Kondisi Sakit Perut Ini Jangan Sampai Diabaikan!

61

Awas, 7 Kondisi Sakit Perut Ini Jangan Sampai DiabaikanSakit perut mungkin adalah suatu kondisi yang dianggap biasa dan tak begitu serius bagi kebanyakan orang karena saking umumnya terjadi. Beberapa orang menganggap hal ini sebagai suatu kondisi enteng yang bisa hilang dengan sendirinya setelah minum obat, minum air putih hangat, buang angin, buang air besar, atau dibiarkan. Padahal, tetap saja ada beberapa jenis kondisi sakit perut yang tak boleh Anda remehkan.

  1. Sakit Perut dan Mual

Ketika perut tak hanya terasa nyeri tapi juga mual, Anda perlu waspada terhadap sejumlah penyakit yang serius, seperti obstruksi usus, peradangan, infeksi gastrointestinal, adanya ulkus atau bahkan juga karena keracunan makanan, apalagi kalau rasa mualnya terjadi terus selama 1-2 hari.

  1. Sakit Perut Disertai Muntah

Sakit perut yang diikuti dengan rasa mual sekaligus muntah dapat menjadi tanda dari beberapa jenis penyakit, seperti infeksi gastrointestinal, obstruksi usus, peradangan pada pencernaan, ulkus, kista ovarium yang telah pecah, keracunan makanan, batu ginjal atau bahkan justru tanda serangan jantung.

Ketika rasa sakit perut tak kunjung mereda selama beberapa hari dan rasa mual hingga muntah-muntah juga ikut berkelanjutan, jangan ragu untuk menemui dokter. Jika kondisi dirasa semakin buruk hingga terjadi pula BAB berdarah apalagi demam, segera periksakan diri supaya kondisi cepat diatasi.

  1. Sakit Perut dan Demam

Ketidaknyamanan yang terjadi di bagian perut ditambah dengan suhu badan yang meningkat alias demam juga bukan suatu hal yang patut diabaikan. Biasanya, ini adalah suatu gejala penyakit yang lumayan serius yang berkaitan dengan infeksi sehingga seharusnya langsung periksakan saja ke dokter supaya bisa ditangani dari awal.

  1. Sakit Perut Disertai BAB Berdarah

Sakit perut lalu buang air besar dengan feses disertai darah seharusnya langsung Anda periksakan ke dokter. BAB berdarah di sini tak selalu berwarna merah, sebab terkadang feses juga bisa saja berubah warna menjadi hitam atau gelap sehingga diduga terjadi eprdarahan di saluran cerna.

Jika sudah begini, tentunya keluhan sakit perut seperti ini jangan diabaikan dan segera periksakan. Ketika perdarahan terjadi di sistem pencernaan, maka ini bisa jadi tanda bahwa Anda sedang mengalami wasir, divertikulosis, kolitis, hingga kanker gastrointestinal, jadi perlu adanya bantuan medis secepatnya agar masalah ini cepat tertangani secara benar.

  1. Sakit Perut Intens yang Terjadi Mendadak

Ketika perut terasa nyeri secara tiba-tiba dan nyerinya pun muncul secara intens, ada kemungkinan bahwa ini bukan sakit perut biasa. Jika keluhan lain seperti sensasi ditusuk-tusuk atau juga menyebabkan sulit bernapas, maka jangan tunggu lagi untuk ke dokter. Ini adalah suatu keluhan yang dapat menjadi tanda Anda mengalami batu ginjal, usus buntu, pankreatitis, atau ulkus.

  1. Sakit Perut Diikuti Penurunan Berat Badan

Rasa sakit perut yang begitu hebat ditambah dengan berat badan turun drastis dapat menjadi pertanda buruk bagi kesehatan Anda. Jika rasa nyeri di perut disertai dengan penurunan berat badan, ada kemungkinan bahwa penyebab utamanya adalah kanker. Namun, risiko penyakit Crohn dan pankreatitis kronik pun bisa juga berada dibalik kondisi ini.

  1. Sakit Perut Tak Kunjung Hilang

Saat rasa sakit di perut terus-menerus muncul alias kambuh-kambuhan atau justru malah persisten alias tak kunjung hilang selama 3 bulan atau lebih, maka Anda harus segera ke dokter untuk memeriksakan diri. Jika keluhan disertai dengan rasa sakit perut setelah makan, sembelit atau diare, perut terasa penuh karena kembung dan gas, serta mudah kenyang walau makan hanya sedikit, jangan tunda lagi untuk memperoleh bantuan medis.

Berbagai masalah kesehatan serius dapat berawal dari rasa sakit perut yang Anda anggap biasa. Jadi, perhatikanlah berbagai keluhan lain yang menyertai dan segera ke dokter atau rumah sakit jika memang Anda mencurigai adanya gangguan kesehatan serius.