Home Penyakit dan KelainanPenyakit Asam Lambung 2 Cara Mengobati Asam Lambung dengan Kunyit Putih

2 Cara Mengobati Asam Lambung dengan Kunyit Putih

by Nur Wachid, S.Pd

Asam lambung merupakan salah satu penyakit di dalam tubuh yang menyerang saluran pencernaan. Penyakit yang memiliki nama lain gastroesophageal reflux disease ini biasanya ditandai dengan munculnya rasa nyeri di bagian ulu hati atau rasa panas yang luar biasa di bagian dada akibat naiknya asam lambung yang menuju di saluran esophagus. Penyakit yang dapat membuat gangguan pencernaan ini umumnya disebabkan karena tidak berfungsinya lingkaran otot yang terletak di bagian bawah esophagus. Siapapun kamu, tentunya tidak menginginkan penyakit yang satu ini melanda tubuh Anda. Sebab reaksinya sangat merugikan terhadap tubuh. Bahkan jika sampai pada taraf akut, asam lambung ini bisa berakibat fatal terhadap kesehatan Anda. Untuk itu menjaga kadar asam lambung menjadi bagian yang terpenting, jangan sampai penyakit ini melanda dan mengganggu sistim pencernaan Anda.

Namun bagi Anda yang sudah terkena penyakit asam lambung atau maag ini, jangan khawatir dalam pengobatannya. Salah satunya dengan memanfaatkan kunyit. Bagi masyarakat pedesaan tentunya sudah tidak asing lagi dengan kunyit. Tanaman yang tumbuh di dalam tanah ini banyak diyakini dapat dijadikan cara mengobati sakit maag atau asam lambung. Bahkan khasiat ini sudah terbukti secara medis. Kandungan kurkumin dan serat yang ada di alam kunyit, disinyalir yang membuat tanaman yang satu ini memiliki khasiat yang ampuh. Sebab kurkumin ini mampu merangsang produksi empedu yang bermanfaat dalam proses memperlancar pencernaan serta membantu dalam mengatasi berbagai masalah dalam pencernaan.

Bagi penderita asam lambung yang merasakan beberapa efek yang ditimbulkannya, kunyit bisa mengatasinya dengan meredakan secara perlahan. Tidak cukup di situ, tanaman yang didominasi dengan warna kuning ini juga memiliki khasiat dalam menumpas bakteri yang tumbuh di dalam tubuh Anda. Khususya bakteri H.pylori, yang menjadi sebab munculnya penyakit asam lambung di dalam tubuh Anda.

Pemahaman ini tentunya menjadi kabar bahagia bagi Anda yang saat ini tengah mengalami penyakit asam lambung atau maag. Selain mudah di dapat, murah harganya juga aman dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Sebab kunyit ini tergolong obat herbal yang banyak dimanfaatkan dalam menyembuhkan banyak penyakit.

Setelah mengetahui khasiat tersebut, tentunya yang terbesit di dalam pikiran Anda adalah bagaimana cara mengolahnya agar fungsi kunyit ini bisa mengatasi penyakit asam lambung Anda. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengolah tanaman yang satu ini. Namun orang-orang sering memilih cara yang paling mudah, yakni dengan membuat air rebusan kunyit, yang kemudian diminum secara rutin setiap hari. Anda tidak sekadar dengan kunyit saja, melainkan Anda bisa mencampurkannya dengan bahan lain yang masih berkesinambungan untuk memberikan hasil yang lebih.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam mengolah kunyit sebagai obat asam lambung

Cara Pertama:

  1. Langkah pertama yang penting Anda lakukan adalah degan menyiapkan kunyitnya. Cukup 4 sampai 5 siung kunyit yang baik. Kunyit yang baik adalah, kunyit yang tubuhnya tidak ada lubang-lubang akibat hama, atau kunyit yang baru diambil dari dahannya. Sehingga masih sangat segar.
  2. Kemudian langkah yang kedua adalah dengan mencuci kunyit dengan bersih. Cara ini untuk menghilangkan bakteri yang masih ikut menempal di kunyit.
  3. Selesai dicuci, Anda bisa mengupas kulit kunyit agar lebih bersih. Sebab dikupas dengan tidak akan memunculkan rasa yang berbeda.
  4. Setelah itu parut kunyit yang sudah bersih tersebut. Kemudian peras ambil airnya. Anda bisa memeras manual, atau dengan memanfaat kain. Anda cukup memasukkan perasan kunyit di dalam kain yang sudah bersih, kemudian pelintir sampai kunyit mengeluarkan air sampai habis.
  5. Air tersebutlah yang dapat Anda konsumsi setiap hari.
  6. Anda bis amengkonsumsi perasan air kunyit tersebut dua kali setiap harinya.

Cara Kedua:

Cara kedua ini tidak terlalu sulit dibandingkan dengan cara pertama. Hanya berbeda di beberapa tahap saja. Berikut tahap-tahap yang dapat Anda lakukan di cara yang kedua ini.

  1. Tahap pertama yang harus dan wajib Anda lakukan adalah dengan menyiapkan kunyit sesuai kebutuhan Anda. Umumnya cukup 5 ruas kunyit saja. Kunyit yang disiapkan tentunya kunyit yang bagus.
  2. Tahap kedua adalah dengan mencuci kunyit yang sudah dipilih dengan bersih. Anda bisa mencucinya dengan air mineralĀ  yang bersih. Anda bisa memanfaatkan sikat gigi untuk membersihkan, agar dapat menjangkau kotoran yang terselip di rongga kunyit.
  3. Setelah itu potong-potong kunyit menjadi beberapa bagian.
  4. Siapkan air mineral yang bersih, dan tempat untuk merebus air tersebut.
  5. Setelah itu masukkan kunyit yang sudah terpotong-potong ke dalam rebusan air yang sudah disiapkan.
  6. Tunggu beberapa saat, agar kandungan yang ada di dalam kunyit bisa luruh dan menyatu dengan air.
  7. Jika sudah Anda bisa mengkonsumsinya saat asam lambung terasa mula menyerang.

Itulah cara-cara yang dapat Anda lakukan dalam memanfaatkan kunyit sebagai obat dalam menyembuhkan penyakit asam lambung. Terpenting Anda harus mebiasakan gaya hidup hidup sehat. Agar terhindar dari penyakit yang menyerang tubuh.

You may also like