Kenapa Badan Kurus Tapi Perut Buncit ? Ketahui Penyebabnya

519

Kenapa badan kurus tapi perut buncit merupakan kondisi tubuh yang dapat dialami siapa saja yang muncul karena banyak faktor.

Secara fisik badan kurus tapi perut buncit merupakan kondisi tubuh yang terlihat tidak simetris dan Kurang proporsional  yang  secara medis dapat dijadikan awal sebuah  indikasi bahwa tubuh sedang mengalami gangguan kesehatan.

Ini Penyebabnya

Penyebab perut buncit pada wanita dan pria  kerab disebabkan karena faktor internal dan eksternal tubuh yang memungkinkan badan tetap kurus namun perut justru menjadi buncit.

  1. Faktor usia- Pada usia diatas 40 tahun maka jaringa tubuh mengalami kemunduran kinerja secara alami, Misalnya proses pembakaran lemak yang sangat lambat sehingga terjadi penumpukan lemak diberbagai bagian tubuh, contohnya pada bagian perut.
  2. Malas berolahraga- Olahraga secara teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit dan memperlancar proses pembakaran lemak tubuh.  Pada dasarnya olahraga adalah media utama untuk mencegah perut menjadi buncit. Olahraga yang bisa dipilih adalah dengan lompat tali. Cara bakar lemak dengan lompat tali yang baik dan benar sesuai dengan instruksi pakar senam terbukti mampu mengecilkan perut karena pembakaran lemak relatif lebih cepat terjadi.
  3. Faktor makanan- Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dan karbohidrat secara berlebihan lalu tidak diimbangi dengan makanan yang mengandung serat atau nutrisi lain maka beresiko menyebabkan kenapa badan kurus tapi perut buncit .
  4. Stres berklebihan- Stres yang berlebihan dan berkepanjangan cenderung menyebabkan seseorang untuk makan apapun lebih banyak dari biasanya. Makanan yang dipilih kebanyakan yang mengandung gula, Soda dan lemak tak jenuh. Salah satu akibat stres berlebihan yang mengancam kesehatan tubuh adalah badan kurus tapi perut buncit.
  5. Begadang- Begadang sangat berkaitan dengan kebiasaan makan makanan tinggi lemak dan karbohidrat. Begadang cenderung meningkatkan rasa lapar dan keinginan untuk terus mengemil. Kondisi inilah yang menyebabkan kenapa badan kurus tapi perut buncit.
  6. Keturunan – Faktor genetik sangat menentukan seseorang memiliki bentuk perut yang buncit tetapi badan tetap kurus kendati memiliki kedisiplinan dalam menyantap makan.
  7. Kurang gerak- Tubuh yang tidak banyak bergerak misalnya berlama lama duduk didepan komputer dimana kebiasaan ini sering terjadi dilingkungan pekerjaan atas dasar tuntutan kerja dapat memicu perut menjadi buncit karena kecenderungan menyantap makanan ketika sibuk bekerja atau minum air es sekedar untuk menyegarkan badan dari kelelahan. Kondisi inilah yang menyebabkan terhambatnya proses pembakaran lemak dan tak heran kenapa badan kurus tapi perut buncit.
  8. Makan menjelang tidur- Pada malam hari tubuh tidak mengalami pergerakan sebanyak siang atau sore hari, Maka dari itu kebiasaan makan makanan sebelum berangkat tidur malam menyebabkan tubuh tidak mengeluarkan energi sehingga proses pembakaran lemak tidak terjadi secara maksimal yang akhirnya hanya akan menyebabkan penumpukan lemak.  Salah satu bahaya langsung tidur setelah makan adalah terserang obesitas termasuk munculnya kasus kenapa badan kurus tapi perut buncit.
  9. Ngemil berlebihan- Kebiasaan mengemil diatas pukul 17 .00 sore dapat memicu penumpukan lemak dibagian perut karena pada sore hari tubuh sudah mulai berkurang untuk beraktivitas. Tubuh yang tidak cukup banyak bergerak memungkinkan proses pembakaraan lemak tidak akan berjalan dengan maksimal.
  10. Busung lapar- Busung lapar adalah kondisi dimana seseorang terserang kelaparan dalam jangka panjang sehingga menyebabkan kenapa badan kurus tapi perut buncit. Kondisi ini merupakan indikasi jika tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga terjadi gangguan pada sistem pencernaannya, Misalnya muncul peradangan daan pembengkakan pada lambung, Usus dan sebagainya atau bisa juga karena adanya pertumbuhan bakteri didalam jaringan pencernaan. Ciri ciri busung lapar pada anak dan orang dewasa yang paling mudah dikenali adalah badan kurus tetapi perut buncit.
  11.  Cacingan- Kondisi kenapa badan kurus tapi perut buncis bisa juga disebabkan adanya pertumbuhan dan perkembangan parasit didalam jaringan perut. Hal ini paling banyak menyerang anak anak  yang kebiasaan bermain terlalu lama di area tanah , Lumpur, Kubangan hewan ternak atau area parit/selokan, tetapi tidak menutup kemungkinan menyerang pula pada orang dewasa. Lokasi lokasi seperti itu disinyalir terdapat banyak bakteri, Kuman atau bahkan telur cacing penyebab cacingan. Salah satu ciri ciri cacingan pada anak dan dewasa adalah badan kurus tapi perut buncit pada anak anak.

Membiasakan diri berolahraga secara teratur, Mengubah pola makan menjadi lebih sehat atau berstandar 4 sehat 5 sempurna dan didukung oleh kebiasaan tidur tepat waktu, Maka Berat badan akan tetap stabil dan tubuh tetap dalam kondisi yang bugar sehingga secara alami dapat memiliki lingkar pinggang dan perut yang langsing.