12 Cara Bakar Lemak dengan Lompat Tali yang Baik dan Benar

646

Mempunyai tubuh ideal memang menjadi dambaan setiap orang, khususnya wanita. Apalagi seorang wanita benar-benar menjaga penampilan mereka agar tetap menarik. Banyak hal yang dilakukan untuk mempertahankan berat badan mereka agar tetap slim seperti gym. Namun tidak semua orang bisa beruntung mempunyai bentuk tubuh cantik dan proposional. Pasalnya seperti yang sering di temui dalam kehidupan sehari-hari, ada sebagian orang yang mempunyai berat badan lebih dalam kategori gemuk atau bahkan sudah obesitas.

Mungkin sebagian dari mereka memang sudah tidak mempedulikan penampilan, namun tetap saja sebagian besar menginginkan tubuh energik dan slim. Cara bakar lemak dengan lompat tali, benarkah hal ini ampuh?

Sebenarnya, olahraga apa saja yang mampu mengeluarkan keringat sudah membantu dalam pembakaran kalori. Baik itu lari-lari, jogging pagi, sampai dengan lompat tali. Akan tetapi hasilnya mungkin bisa di katakan berbeda, berikut golongan olahraga yang membakar kalori super banyak. Namun untuk melakukan semua itu, seseorang harus mengerti waktu-waktu yang tepat. Olahraga rumahan yang cepat dalam membakar lemak yakni di jam 2 – 3 siang. Mungkin anda berfikir masih sangat terik, tetapi jutsru di waktu inilah yang paling efektif.

Membakar lemak dengan olahraga lompat tali ini merupakan salah satu cara menurunkan berat badan dengan olahraga paling mudah dan simple, tidak memerlukan alat-alat berat seperti yang anda temui di gym. Dengan melakukan lompat tali, anda harus menyiapkan Jump Rope dengan harga yang sangat terjangkau. Jika sudah mempunyai, anda harus menyempatkan waktu untuk melakukan aktifitas ini. Berikut ini cara bakar lemak dengan lompat tali yang akan menjadi panduan anda:

1. Menyesuaikan Panjang Tali

Sebelum melakukan lompatan, kondisikan terlebih dahulu panjang tali dengan tinggi badan Anda. Hal ini sangat penting sekali untuk setiap gerakan yang akan di lakukan agar lebih mudah dan cepat. Jika Anda merasa tubuh kurang memuaskan, Anda dapat melakukan olahraga untuk menambah tinggi badan serta diimbangi dengan mengkonsumsi berbagai macam sayuran penambah tinggi badan supaya hasilnya maksimal dan memuaskan.

Caranya lompat tali yang benar dan tepat yakni:

  • Berdiri di tengah tali, kemudian rentangkan pegangan tali ke arah ketiak. Panjang kedua tali harus sempai ketiak.
  • Apabila pegangan malah melewati ketiak, segera pendekkan dan sesuaikan panjangnya.

2. Melompat di Lantai Licin

Mengapa harus melakukan lompatan di atas lantai licin, bukankah justru berbahaya? Tidak, justru hal ini untuk mempersiapkan tubuh anda bagian bawah terhadap benturan. Namun bukan berarti anda harus melompat di atas lantai yang di basahi dengan air, karena itu sangat berbahaya.

Maksud dari pernyataan tersebut yaitu sebaiknya anda tidak melakukan lompat tali di permukaan yang keras seperti semen, batako, batu-bata, dan semacamnya karena akan membebani lutut dan rentan beresiko pada cedera. Tidak hanya dapat menurunkan berat badan saja, masih banyak manfaat olahraga lompat tali bagi wanita yang akan didapatkan, begitu juga dengan pria.

3. Latihan Lompat Dasar

Gaya lompatan pertama yang harus dilakukan sebaiknya adalah gerakan sederhana terlebih dahulu sebagai pemanasan. Anda bisa melakukan lompatan dasar sebagai berikut:

  • Peganglah tali dengan ketinggian panggul serta tekuklah kedua siku. Lalu pastikan bahwa kedua lengan atas telah dekat dengan sisi badan dan tariklah bahu ke belakang dan bawah untuk membusungkan dada.
  • Mulailah melompat dengan ketinggian 2-5 cm dari lantai dan mendaratlah dengan pangkal jari kaki
  • Setelah itu letakkan kedua siku anda persis dekat dengan kedua sisi badan pada saat memutar tali. Gerakan dimulai dengan pergelangan tangan dan lengan bagian bawah, bukan dari bahu. Buatlah putaran dengan lebar yang tidak lebih besar dari 5 cm, karena jika lebih dari itu artinya anda melompat lebih tinggi.
  • Lakukan gerakan lompat kecil secara konsisten, jangan ragu dan setengah-setengah. Sebagai langkah pemanasan, lakukan 10 – 15 kali lompatan sehingga anda bisa memperoleh gambaran lompatan dasar.

4. Durasi 10-20 Menit

Lompat tali disebut-sebut sebagai sebuah jenis olahraga yang mendukung pembakaran lemak maksimal seperti halnya olahraga lari. Cukup dengan melakukan lompat tali 10 menit setiap harinya, pembakaran lemak yang terjadi rupanya sama besarnya dengan saat Anda memilih untuk lari dengan jarak 5 km. Namun seiring berjalannya waktu, Anda bisa menambah durasi hingga 15-20 menit untuk hasil pembakaran lemak lebih optimal.

5. Kombinasi dengan Gerakan Lain

Bila ingin jauh lebih efektif dan maksimal, Anda bisa kombinasikan lompat tali dengan latihan pembentukan otot dengan cara di bawah ini di mana pada tiap jedanya Anda bisa beri waktu 1 menit juga untuk beristirahat:

  • 1 menit lompat tali dilanjutkan dengan 10 lunge untuk tiap sisi sehingga menjadi 20 lunge.
  • 1 menit lompat tali lagi dilanjutkan dengan gerakan 10 kali pushup.
  • 1 menit lompat tali lagi dilanjutkan dengan 30 detik plank.
  • 1 menit lompat tali sekali lagi sebagai akhiran.

Cara bakar lemak dengan lompat tali memang terbilang ampuh, tergantung konsistensi anda terhadap tekad olahraga ini untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Namun sebelum menerapkan cara tersebut, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu mengenai bahaya lompat tali bagi pria dan wanita. Akan tetapi kalau semuanya dilakukan dengan teknik yang baik dan benar, besar kemungkinannya tidak akan terjadi masalah terhadap tubuh Anda sebab lompat tali juga merupakan salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan.

Kemudian, setelah melakukan lompat tali ini sebaiknya Anda minum air putih minimal 1-2 gelas. Demikianlah cara membakar kalori yang mudah dan efektif bisa dilakukan di rumah, selamat mencoba dan semoga berhasil.