7 Penyebab Tubuh Sering Berkeringat Berlebihan

14700

Munculnya keringat merupakan mekanisme normal dari dalam tubuh sebagai upaya untuk mendinginkan diri. Keluarnya keringat dari dalam tubuh secara berlebih ini disebut juga dengan istilah Hiperhidrosis. Pada area tertentu seperti telapak tangan dan ketiak akan mengeluarkan keringat melalui pori-pori kulit.

Setelah melakukan aktivitas atau kegiatan yang menggunakan tenaga maka temperatur atau suhu tubuh anda akan meningkat. Pada kondisi inilah kelenjar keringat secara otomatis akan dipicu oleh sistem saraf untuk berkeringat sebagai upaya dalam mendinginkan diri. Penderita Hiperhidrosis menyebabkan saraf mempunyai kendali penuh dalam memicu kelenjar keringat menjadi over aktif. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh berkeringat meskipun berada pada kondisi yang tidak diperlukan.

Berkeringat tentu saja sangat normal dan tidak menunjukan adanya gejala gangguan kesehatan pada tubuh manusia. Namun apabila produksi dari kelenjar keringat ini terjadi secara berlebihan sedangkan anda tidak melakukan aktivitas atau kegiatan yang memerlukan tenaga maka ada beberapa tanda atau gejala yang perlu anda ketahui penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebabnya :

1. Pengaruh Kondisi Psikologis

Ketika otak merasa terancam dan timbul rasa cemas bahkan rasa tidak aman maka kelenjar keringat akan memproduksi keringat dalam kapasitas yang lebih banyak dari biasanya. Psikologi manusia secara tidak langsung dapat berpotensi membuat bagian tubuh tertentu seperti, telapak tangan atau kaki berkeringat. Selain itu, faktor neurologis juga turut beperan dalam berlebihnya produksi kelenjar keringat yang dikeluarkan oleh tubuh.

 2. Respon Tubuh

Ketika tubuh melakukan aktivitas berat bahkan olah raga berat maka, kelenjar keringat akan terproduksi secara alami. Keluarnya keringat ini merupakan hal yang normal sebagai respon tubuh setelah beraktivitas. Berikut ini sejumlah olahraga yang bisa mengeluarkan banyak keringat :

3. Gejala Penyakit Jantung

Keringat berlebih yang keluar melalui pori-pori kulit juga, dapat dijadikan indikasi adanya permasalahan pada kesehatan fungsi jantung. Namun asumsi ini tidak sepenuhnya dapat menentukan seberapa sehat atau ada tidaknya gangguan kesehatan pada jantung anda. Jika anda menderita keringat berlebih hingga menetes, segera konsultasikan ke pihak medis untuk ditindak lanjuti lebih dini sebelum semakin menjadi semakin parah.

4. Produksi Keringat Tidak Normal

Dengan adanya gejala gangguan kesehatan seperti keringat berlebihan, pada bagian tubuh tertentu akan menghambat kinerja dan aktivitas anda sehari-hari. Keringat berlebih ini disebabkan oleh kelenjar keringat yang memproduksi keringat secara tidak normal atau melebihi normal. Hal ini tentu saja menunjukan adanya kelainan pada jaringan keringat dari dalam tubuh.

5. Faktor Gen atau Keturunan

Pewarisan tidak hanya diterima dalam bentuk karakter atau sifat namun secara fisik, biasanya anak akan memperoleh beberapa karakteristik organ tubuh bahkan riwayat penyakit kedua orang tuanya. Pada umumnya anak yang terlahir dari kedua orang tua yang mempunyai produksi keringat berlebihan, akan menyebabkan keturunannya mengalami gejala gangguan kesehatan yang serupa.

Penyakit keturunan lainnya seperti :

6. Hipertiroid atau Kelebihan Hormon Tiroid dalam Darah

Hipertiroid merupakan gejala yang menunjukan jumlah hormon tiroid yang berlebihan darah. Hipertiroid ini akan memicu kelenjar keringat memproduksi keringat dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Keringat berlebih akan muncul pada beberapa bagian tubuh seperti telapak tangan dan telapak kaki. Selain itu, hipertiroid ini juga akan menimbulkan gejala lain seperti gemetar, penyebab jantung berdebar, serta sistem pencernaan tubuh terganggu.

7. Efek Konsumsi Obat

Obat merupakan ramuan bahan kimia yang ditakar dengan benar untuk meredakan bahkan mengobati gejala atau gangguan kesehatan pada tubuh manusia. Namun tidak terlepas kemungkinan dengan mengkonsumsi obat-obatan jenis tertentu dapat menyebabkan tubuh berkeringat secara berlebih. Hal ini merupakan dampak atau efek dari mengkonsumsi obat tersebut. Selama keringat yang keluar dari tubuh tidak memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh, anda tidak perlu cemas karena hal itu merupakan respon tubuh.

Berikut ini sejumlah obat yang perlu diwaspadai penggunannya :

Tangan yang Sering Berkeringat

Tangan yang sering berkeringat, pada umumnya kita akan mengatakan bahwa kondisi itu merupakan gejala dari penderita penyakit jantung seperti lemah jantung. Namun benarkah anggapan tersebut? Dalam dunia medis, terdapat dua jenis kelaianan yang berpotensi menyebabkan keringat keluar secara berlebih.

Kelainan yang pertama yakni palm sweating atau kelainan pada telapak tangan sedangkan kelainan yang kedua yakni plantar sweating atau kelainan pada telapak kaki. Kedua jenis kelainan tersebut disebabkan oleh berlebihannya hormon tiroid didalam darah. Kondisi ini biasa dikenal dengan istilah hipertiroid. Selain itu, pembakaran berlebih pada sel-sel tubuh juga dapat memicu tangan atau kaki sering berkeringat.

Dengan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa tangan atau kaki yang sering berkeringat tidak sepenuhnya menunjukan adanya kelainan atau masalah kesehatan pada jantung. Alasan logis mengapa hipertiroid ini dipercayai sebagai gejala lemah jantung yakni karena penderita hipertiroid dan penderita lemah jantung sama-sama merasakan detak jantungnya berdegup dengan tidak normal atau berdegup lebih cepat dari biasanya.

Tips Mengatasi Telapak Tangan yang Sering Berkeringat

Tangan yang sering berkeringat dapat menyebabkan turunnya tingkat kepercayaan diri seseorang. Jumlah keringat yang berlebih dari dalam tubuh secara tidak langsung akan menyebabkan ketidaknyamanan pada si penderita dan lawan bicara ketika berjabat tangan. Telapak tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang membantu proses bersosialisasi dengan manusia lainnya.

Selain itu, keringat berlebih juga dapat dijadikan sebagai indikasi dari suatu gejala gangguan kesehatan. Sebaiknya anda mencari tahu penyebab pasti dari berlebihannya keringat yang keluar dari tubuh anda dengan bantuan pihak medis. Hal ini akan membantu anda untuk mendapatkan solusi yang tepat. Bagipenderita Hiperhidosis sebaiknya menerapkan tips berikut untuk mengatasi telapak tangan yang sering berkeringat :

  • Menenangkan diri supaya tidak merasa depresi
  • Mengurangi asupan minuman atau makanan yang mengandung bahaya kafein
  • Menjaga sepatu tetap dalam kondisi yang kering supaya tidak lembab ketika dipakai nantinya
  • Pilihlah bahan pakaian atau baju yang mampu menyerap keringat
  • Mendatangi dokter ahli terkait supaya mendapatkan bantuan obat atau penanganan yang sesuai dan benar.

Selain faktor kenyamanan tersebut, terdapat juga indikasi dari suatu penyakit tertentu ketika tangan sering berkeringat. Ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi tersebut kepada pihak medis untuk mendapatkan penanganan lebih dini guna menghindari gejala gangguan kesehatan yang lebih parah.