Home Tips KesehatanKesehatan Sendi 7 Penyebab Leher Tidak Bisa Digerakkan dan Solusinya

7 Penyebab Leher Tidak Bisa Digerakkan dan Solusinya

by Henny Anugerah

Leher tidak bisa digerakkan merupakan reaksi umum yang disebabkan oleh gaya hidup dan kebiasaan buruk serta karena adanya penyakit tertentu yang menyertainya.

Penyebab Secara umum
Ada penyebab leher tidak bisa digerakkan yang secara umum sering dialami manusia

1.Otot dan ligamen leher bersatu
Maksudnya otot dan ligamen pada leher yang bertugas mengikat tulang bagian leher justru berbenturan , Merapat lalu menjadi satu sehingga munculnya rasa kaku, Nyeri dan dan tidak bisa digerakkan secara nayaman. Kondisi ini biasanya dikarenakan salah melakukan gerakan saat sedang berolahraga atau kebiasaan memutar kepala karena ingin menghilangkan rasa pegal.

2.Bantalan terganggu
Maksudnya bantalan yang memisahkan satu tulangdengan tu;ang lainnya terlalu berlebiha dalam memnyerap tekanan dan goncngan gerakan. Kondisi ini muncul karena kebiasaan posisi duduk serta postur tubuh yang salah, Misalnya terlalu lama didepan layar komputer sehingga tidak meyadari jika duduknya membungkuk. Hal ini memoengaruhi aliran darah dan otot diselkitar leher bagian belakang yang memicu otot menjadi kaku, Tegang dan sakit saat digerakkan.

3. Tulang dan sendi terserang kaku
Maksudnya tulang dan persendian yang ada diarea punggung dan leher bagian belakang menderita kekakuan dan penekanan terhadap pembuluh darah yang menyebabkan rasa sakit ketika leher digerakkan. Kondisi biasa dialami oleh orang oranga yang memiliki posisi buruk ketika tidur. Kondisi biasanya dipengaruhi pula oleh bantal yang terlalu lunak , Terlalu rendah atau tinggi sehingga mempengaruhi kelancaran aliran darah dan menekan otot leher bagian belakang .

4. Stres berat
Stres adalah gangguan psikologis dimana seseorang merasa dirinya tertekan terus menerus terhadap sesuatu yang menyebabkannya menjadi merasa tidak berharga, Kecewa dan merasa tidak mampu berbuat apa apa.Stres dapat memicu keteganagan otot bagaian belakang kepala, Leher dan bisa meluas kearah bahu, Hal inilah yang menyebabkan seseorang menjadi kesulitan karena terasa nyeri ketika menggerakan kepala kekanan daan kekiri. (Baca juga : Cara menghilangkan stres)

5. Karena aktivitas berat
Maksudnya aktivitas atau rutinitas yang mengandalkan bahu dan tangan untuk mengangkat beban berat secara berlebihan juga bisa menyebabkan otot dan ligamen leher menjadi tegang dan tertekan terus menerus. Otot yang terus dipaksa untuk menopang beban berat barang dapat menyebabkan aliran darah tidak lancar dan terjadi penyempoitan pembuluh darah serta kekakuan otot yang nantinya bisa menyebabkan leher sangat sakit dan sulit digerakkan secara normal.

Penyebab berdasarkan penyakit yang menyertainya
Ada 2 penyebab leher tidak bisa digerakkan yang disebabkan karena faktor riwayat penyakit yang sebelumnya telah ada didalam tubuh

1. Meningitis
meningitis merupakan radang selaput otak dan persendian tulang belakang akibat infeksi virus dan bakteri yang dapat menyebabkan leher terserang kaku, Nyeri dan sulit untuk digerakkan secara normal.

2. osteoarthritis
Yaitu peradangan pada sendi yang merusak lapisan cantilage yang jika tidak segera diobati dapat memyebabkan leher mengalami kaku, Tegang, Nyeri, terasa kejang dan sulit digerakkan, Hal ini berdampak pada rheumatoid arthritis dan bagian cervical spondylosis.
Baca juga : Cara mencegah osteoarthritis

• pada rheumatoid arthritis peradangan kronis terjadi pada sendi kecil yang mengakibatkan penipisan dinding tulang dan perubahan bentuk sendi termasuk pada bagian leher. Akibatnya leher menjadi kaku, Tegang , Timbul pembengkakan dan tidak bisa digerakkan secara normal.
Baca juga : obat herbal radang sendi

• Pada Cervical spondylosis merupakan masalah osteoarthritis yang menyerang otot otot dan ligamen leher yang sering menimpa pada orang orang lanjut usia.

Gejala
Waspadalah bahwa penyebab leher tidak bisa digerakkan dapat menjadi awal malapetaka dan menjadi masalah serius jika diserta gejala gejala sebagai berikut:

• Demam tinggi
• Berat badan terus menurun
• Sering buang air kecil
• Mengalami insomnia (kesulitan tidur)
• Rasa nyeri pada leher telah menyebar kebagian kepala, Bahu dan punggung
• Tulang leher terasa seperti mau patah
• Melemahnya fungsi koordinasi saraf (leher benar benar kaku dan sangat sakit sehingga tidak lagi bisa digerakan)

Solusi terbaik

Tips cara mencegah dan mengatasi munculnya leher kaku dan ketegangan yang menjadi penyebab leher tidak bisa digerakkan

1. Ketika hendak tidur gunakan bantal yanag tidak teralalu keras maupun lunak, Tidak terlalu tinggi ataupun rendah. Hal ini dilakukan agar aliran darah sekitar kepala, Leher bagian belakang dan bahu tetap stabil dan tidak menyebabkan otot merasa tertekan akibat penyumbatan jalan darah yang tersendat.

2. Kurangi aktivitas mengangkat beban berat yang dapat mencederai otot dan ligamen leher. Seringlah melakukan peregangan disela sela rutinitas anda untuk melindungi alairan darah agar tetap lancar.

3. Gunakan gel pereda rasa nyeri sebelum dan sesudah melakukan aktivitas yang dirasa sedikit membutuhkan tenaga, Misalnya ibuprofen gel dan bisa juga mengkonsumsi yang bentuk tablet. Gel pereda rasa sakit tersebut dapat mudah didapat diberbagai apotik dan toko obat.

4. Mengompres leher dengan air hangat yaitu meletakkan handuk tipis yang sebelumnya telah direndam didalam air panas dan lakukan pijatan lembut dengan menggunakan minyak kayu putih yang dicampur dengan minyak zaitun atau hanya menggunakan minyak telon agar ketegangan otot dapat direganggakn dan menguarangi rasa sakitnya.

5. Mengompres dengan kantung es atau dengan bongkahan es batu yang dibalut dengan kain /handuk lalu diletakkan pada leher yang mengalami sakit. Rasa sejuk dari es mampu menetralisir ketegangan otot yang mengalami keseleo atau terkilir pada leher. Keseleo adalah salah satu penyebab leher tidak bisa digerakkan yang paling sering terjadi pada manusia.

6. Membiasakan diri untuk menjaga postur tubuh agar tidak membungkuk ketika melakukan aktivitas atau rutinitas. Usahakan duduk dengan bangku yang memiliki sandaran yang nyaman untuk punggung anda. Duduk tanpa sandaran seringkali menyebbakan tulang punggung menjadi cedera, tegang, Bungkuk dan rasa nyerinya bisa menjalar keleher bagian belakang, Kondisi ini dapat menjadi salah satu penyebab leher tidak bisa digerakkan.

7. Lakukan gerakan senam leher disela sela aktivitas anda yang tujuannya untuk peregangan. Senam leher ( menoleh kekanan kekiri, keatas dan kebawah masing masing 10 kali secara rutin dan konsisten yaitu setelah satu jam anda melakukan aktivitas duduk yang stagnan dibelakang meja atau depan komputer ) dilakukan dengan santai dan tidak terburu buru untuk menjaga posisi otot tetap baik dan mempertahankan aliran darah agar tetap lancar, Kondisi ini dapat mencegah munculnya penyebab leher tidak bisa digerakkan.

8. Mengkonsumsi minuman jahe yang telah ditambahkan gula aren, Kunyit dan asam kawak. Minuman nikmat itu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan Melancarkan peredaran darah.. Minuman jahe dan kunyit mampu menenangkan otot yang mengalami ketegangan dan kaku penyebab leher tidak bisa digerakkan.

9. Kurang istirahat atau sering begadang bisa menyebabkan kelelahan pada otot leher bagian belakang . Kurangnya sel darah merah ketika begadang dapat menyebnabkan aliran darah disekitar kepala, leher dan bahu menjadi tersendat, Kondidi ini bisa memicu munculnya leher kaku dan menjadi penyebab leher tidak bisa digerakkan. Beristirahatlah cukup agar ketersediaan sel darah dan oksigen dalam tubuh selalu stabil, Terutama dibagian arteri kepala dan persendian bagian leher.

You may also like