15 Obat Herbal Radang Sendi Termujarab

2969

Arthritis merupakan nama lain dari radang sendi di mana memang dikenal sebagai sebuah penyakit yang bisa menjadi penyebab inflamasi pada sendi manusia. Biasanya, penderita arthritis alias radang sendi akan mengalami serangkaian gejala, seperti mulai adanya rasa sakit di bagian sendi yang disertai pembengkakan. Tak hanya itu, bagian kulit yang sendinya meradang akan kemerahan.

Jika terlalu lama dibiarkan, pada umumnya juga akan ada gejala seperti sendi yang terasa ada sensasi panas seperti terbakar menyertai bengkak dan nyeri. Bukan tidak mungkin Anda bisa menggunakan obat herbal radang sendi alami untuk menyembuhkan. Berikut ini adalah sejumlah rekomendasi obat radang sendi herbal paling alami dan terpercaya sebagai yang termujarab.

(Baca juga: sakit lutut sebelah kanan)

1. Daun Landep

Pernah melihat seperti apa bentuk daun landep? Tanaman ini memiliki bunga yang warnanya kuning di mana bentuk daunnya sendiri cukup beragam dan tidak sama satu dengan lainnya. Tanaman obat ini bagus untuk nyeri sendi akibat peradangan dan pembuatannya juga tak sulit apalagi membutuhkan waktu lama.

Anda bisa menyiapkan beberapa lembar daun landep yang kemudian dicuci bersih sebelum akhirnya direbus dengan air secukupnya. Air rebusan itulah yang bisa diminum secara rutin untuk mengatasi radang sendi. Air tersebut juga dipercaya mampu menyembuhkan gusi berdarah, luka apa saja, dan juga anyang-anyangan. Untuk luka, penggunaan bisa dengan cara dioles.

2. Lidah Buaya

Walau lebih terkenal dengan khasiat lidah buaya untuk kulit dan juga rambut, tanaman ini serba guna dan Anda tak akan rugi dalam mengonsumsinya. Lidah buaya pun sudah cukup sering digunakan sebagai obat sakit sendi. Jadikan obat oles di mana lendirnyalah yang Anda gunakan seperti biasa, atau bisa juga Anda konsumsi dagingnya supaya menyembuhkan dari dalam.

(Baca juga: obat tradisional rematik)

3. Daun Dandelion

Mungkin jarang terdengar, tapi bila Anda bisa menemukan daun ini dengan mudah, jangan ragu untuk menggunakannya, apalagi untuk menyehatkan bagian sendi. Sama seperti daun landep, Anda bisa merebus daunnya setelah dibersihkan dan airnyalah yang siap untuk dikonsumsi supaya menyembuhkan radang sendi dari dalam.

Selain mampu mengatasi radang sendi, daun ini juga sangat terpercaya dalam mengeluarkan racun serta mencegah kanker. Maka, tak salah untuk mulai meminum air rebusan daun dandelion untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Bukan hanya untuk bagian tubuh yang terkena radang, melainkan juga untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

4. Daun Pandan Wangi

Obat herbal selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan demi kesembuhan radang sendi adalah daun pandan. Meski biasanya lebih digunakan untuk menambah aroma wangi pada sajian makanan, daun ini juga bisa digunakan sebagai obat. Ramulah menjadi air daun pandan, yakni dengan mencucinya lebih dulu lalu merebusnya; minum secara rutin supaya radang sendi cepat sembuh.

(Baca juga: obat asam urat)

5. Boswellia

Tanaman yang bernama Boswellia Serrata ini mungkin kurang begitu familiar di telinga beberapa dari kita. Namun sebetulnya, nama lain dari tanaman ini adalah kemenyan dan menjadi ramuan ampuh bagi yang menderita radang sendi. Herbal satu ini memiliki kandungan anti-inflamasi sehingga siap meredakan nyeri dan bengkak.

Dengan menggunakan tanaman ini, dipercaya bahwa ini bisa membantu pencegahan inflamasi untuk merusak jaringan sendi pada tubuh. Arthritis bisa diatasi secara efektif dan bahkan banyak orang menggunakan bahan ini sebagai herbal anti-rematik. Pada umumnya, air rebusan yang dicampur kunyit akan lebih berkhasiat untuk kesembuhan radang sendi lebih cepat.

6. Cabe Rawit

Manfaat dari cabe rawit tak hanya untuk memberi rasa pedas pada masakan atau makanan, tapi cabe rawit adalah bahan herbal yang bisa digunakan sebagai penyembuh radang sendi. Kandungan sifat anti-inflamasi di dalamnya adalah keuntungan dan keunggulan dari cabe rawit. Bahkan Anda pun tak perlu khawatir bahwa bahan ini akan mengiritasi lambung.

Kabar baiknya lagi, cabe rawit merupakan ramuan yang terbilang paling baik untuk meredakan rasa nyeri akibat peradangan. Efeknya sama seperti aspirin, jadi daripada minum aspirin yang kemungkinan ada efek sampingnya, cabe rawit adalah obat herbal aman. Pilihlah cabe rawit dalam bentuk pasta atau krim, atau krim cayenne.

Oles krim ke area sendi yang sakit dan meradang secara rutin supaya rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi bisa berkurang dan hilang sepenuhnya. Di dalam cabe rawit, ada kandungan yang bernama capsaicin yang juga diketahui sebagai pelawan iritan sehingga memang para penderita asam urat juga bisa memakainya karena efektif.

Namun, ada baiknya untuk tidak dipakai secara berlebihan karena hal ini mampu menjadi penyebab rasa sakit bisa bertambah pada area sendi. Segala yang berlebihan hanya akan menimbulkan efek yang justru kurang baik bagi tubuh. Ikuti saran atau aturan pemakaian bila ada pada krim yang Anda beli dan hendak dipakai.

(Baca juga: obat pengapuran tulang)

7. Jahe

Rempah yang sangat bisa dijadikan obat herbal bagi penderita radang sendi adalah jahe. Memang benar bahwa efek samping jahe itu ada, tapi tidaklah seberbahaya yang diperkirakan apalagi kalau pemakaiannya dalam kadar yang tepat. Di dalam jahe, gingerol adalah bahan aktif yang memang diyakini bermanfaat dalam menyembuhkan radang sendi.

Proses inflamasi dapat dihambat atau dihentikan oleh aktivitas senyawa gingerol yang ada di dalam jahe. Segala bentuk unsur atau faktor penyebab dari peradangan akan mampu dicegah dan Anda hanya perlu meramunya di mana bisa direbus untuk diminum air jahenya. Kabar baiknya, air jahe ini juga adalah salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh selain penghilang nyeri sendi.

Telah diteliti bahwa penggunaan jahe bubuk mampu menurunkan risiko dari arthritis dan mengurangi rasa sakitnya yang berlebihan pada bagian sendi. Jamu yang berkandungan jahe pun juga dapat Anda konsumsi secara rutin demi mengurangi tingkat rasa nyeri. Dengan berkurangnya nyeri tersebut, otomatis gerakan sendi pun menjadi lebih baik dan bebas.

8. Kunyit

Rempah selain jahe yang layak dipercaya sebagai obat herbal radang sendi adalah kunyit. Untuk menyembuhkan sendi yang sakit pada tubuh, kunyit adalah salah satu yang terbaik karena memang mampu menghilangkan peradangan serta rasa sakit berkat kandungan sifat anti-inflamasinya yang cukup tinggi.

Ketika radang sendi terjadi akibat asam urat, penderita pun mampu menggunakan kunyit sebagai obatnya. Rempah ini sangat efektif bila dipakai sebagai obat bagi kondisi asam urat, rheumatoid arthritis, osteoarthritis dan arthritis. Sejumlah masalah kesehatan mampu ditangani dengan kunyit ini di mana Anda bisa merebusnya dan air rebusannya dikonsumsi secara teratur.

(Baca juga: obat kaki bengkak karena jatuh)

9. Willowbark

Pasti Anda pernah mendengar atau melihat pohon Willow putih yang juga dikenal sebagai aspirin alami. Ini karena pohon tersebut rupanya menjadi bagian aktif dari aspirin yang merupakan obat pereda rasa sakit. Obat herbal satu ini sudah sangat terpercaya karena memang pemakaiannya sudah sedari 2 ribu tahun yang lalu.

Percaya atau tidak, willowbark merupakan tanaman yang sudah sering dipakai sebagai obat untuk mengatasi masalah sakit punggung di zaman dulu. Hal tersebut diketahui dari ditemukannya tulisan-tulisan kuno oleh para ahli. Daripada obat aspirin langsung, tanaman herbal ini mampu memberikan efek yang jauh lebih lama dalam menghilangkan rasa nyeri di sendi.

Bahkan diketahui pula bahwa di dalam willowbark ada yang namanya bakteri baik alias probiotik sehingga mampu mengatasi masalah gangguan pencernaan. Jika Anda juga punya masalah usus selain dari radang sendi, Anda bisa mengonsumsi obat herbal satu ini, yang tentunya bisa diramu dengan cara merebus. Air rebusannya adalah yang efektif untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

10. Kacang Kedelai Hitam

Kedelai pasti sudah bukan bahan yang asing bagi kita karena kedelai ini merupakan bahan yang utama dalam membuat tempe serta kacang. Kacang kedelai hitam merupakan bahan yang juga bisa digunakan sebagai obat bagi yang memiliki radang sendi. Untuk sendi yang meradang, sakit dan bengkak, silakan mempergunakan kacang kedelai hitam dengan cara merebusnya.

Pembuatannya yang mudah adalah salah satu faktor yang akan menguntungkan Anda, jadi jangan ragu lagi memilih bahan ini. Air rebusannya bisa Anda minum setiap hari sampai ada kemajuan alias sendi membaik dan kembali sehat. Pastikan sebelum direbus, kacang kedelai hitam Anda cuci sampai benar-benar bersih untuk menghilangkan bakteri.

(Baca juga: bahaya es teh manis)

11. Teh Hijau Sencha

Satu lagi obat herbal yang sebaiknya tidak ketinggalan untuk dipertimbangkan apalagi dicoba, yakni teh hijau sencha yang berkandungan sifat anti-inflamasi. Minumlah teh hijau sencha di mana setelah 2-3 jam konsumsi Anda bisa merasakan bahwa ada peningkatan akan antioksidan di dalam tubuh sehingga bagus dalam melawan peradangan dan rasa sakit di bagian sendi. Konsumsilah setiap hari supaya tubuh dapat terlindungi dari segala bentuk inflamasi.

12. Jintan Hitam

Radang sendi juga bisa disembuhkan menggunakan jintan hitam karena kandungan antioksidan dan flavonoidnya yang tinggi. Asam salisilat juga ada di dalam jintan hitam ini sehingga mampu menjadi aspirin alami yang mengurangi rasa sakit berlebih akibat inflamasi yang terjadi. Ramulah menjadi air jintan hitam di mana Anda bisa merebus jintan hitam sebanyak 2 sendok teh bersama air 300 cc.

Kalau sudah mendidih dan sisanya tinggal 200 cc, Anda bisa mengangkatnya lalu tinggalkan sejenak hingga lebih hangat. Mengonsumsi obat ini secara teratur, khususnya setiap pagi serta malam hari tepat sebelum beranjak tidur akan membantu menyembuhkan kondisi radang sendi. Karena efektivitasnya yang tinggi dan juga keamanan yang terjamin, Anda bisa mencobanya sekarang juga.

(Baca juga: penyebab lutut sakit)

13. Akar Beluntas

Dalam menyembuhkan nyeri sendi lutut atau bagian tubuh lain akibat inflamasi, akar beluntas juga bisa dimanfaatkan di mana Anda bisa mengambil akarnya lalu dicuci. Setelah mencucinya bersih, akar beluntas bisa direbus bersama air 1 gelas hingga mendidih. Saring kalau sudah diangkat dan minumlah air tersebut secara rutin demi mengobati radang sendi Anda.

14. Daun Dewa

Daun ini merupakan obat herbal yang sangat bagus dalam menyembuhkan radang sendi dan rematik. Anda bisa menyiapkan sebanyak 30 lembar daunnya yang masih segar, lalu cucilah lebih dulu sebelum akhirnya direbus. Sesudah direbus, airnya disaring dan bisa diminum secara teratur hingga sendi terasa membaik.

15. Akar Sembung

Terakhir, akar sembung menjadi rekomendasi obat herbal yang oke dan berkhasiat dalam menyembuhkan radang sendi. Cukup sediakan akar sembung 30 gram bersama daun gandarusa 60 gram yang setelah dicuci bisa dipotong-potong. Rebuslah kemudian bersama air sebanyak 3 gelas dan sisakan hingga 1 gelas di mana sesudah dingin, barulah Anda boleh meminumnya.

(Baca juga: penyebab radang sendi)

Itulah serangkaian rekomendasi obat herbal radang sendi yang patut Anda coba bila sendi terasa meradang, sakit dan membengkak. Dengan obat herbal, efek samping tentu akan jauh lebih kecil dan tidak berbahaya bagi tubuh.