Home Penyakit dan KelainanParkinson 10 Obat Herbal Parkinson Termujarab

10 Obat Herbal Parkinson Termujarab

by Erlita

Pasti banyak dari kita sudah sering mendengar tentang penyakit Parkinson di mana penyakit ini adalah jenis penyakit degenerasi sel saraf yang terjadi tepat pada otak bagian tengah. Padahal bagian otak tersebut berfungsi sebagai pengatur gerakan tubuh sehingga akhirnya penderita Parkinson pasti akan mengalami yang namanya gemetaran sebagai gejala utamanya.

Penyebab utama dari sel-sel saraf kemudian bisa menjadi rusak itu belumlah diketahui jelas, namun tetap saja ada beberapa faktor yang diduga mampu menjadi peningkat potensi seseorang mengalami kerusakan sel-sel saraf, yaitu:

  • Faktor Genetik – Mekanismenya memang belum jelas diketahui, tapi perubahan genetik atau mutasi berkemungkinan besar menjadikan seseorang mengalami Parkinson. Gen rusak pada salah satu atau lebih anggota keluarga mampu diwariskan dan biasanya adalah dari orang tua ke anak.
  • Faktor Usia – Salah satu penyebab Parkinson secara tidak langsung adalah faktor usia karena pada umumnya yang mengalami Parkinson adalah orang-orang yang usianya telah menginjak 50-70 tahun.
  • Faktor Lingkungan – Jika hidup dalam lingkungan pertanian, pestisida dan herbisida adalah contoh zat-zat kimia yang mampu menaikkan risiko terkena Parkinson.

Setelah mengenali faktor risikonya, Anda juga perlu untuk mengetahui apa saja obat herbal Parkinson paling efektif. Apabila Anda tak begitu tertarik untuk memakai cara mengobati Parkinson secara medis, berikut ini sejumlah rekomendasi obat herbal aman, ampuh dan mudah untuk dipertimbangkan.

(Baca juga: cara mencegah parkinson)

1. Sarang Semut

Contoh obat herbal yang sangat bisa diandalkan oleh para penderita Parkinson adalah sarang semut yang biasa digunakan baik untuk pengobatan penyakit dalam juga luar. Dalam menggunakannya, Anda bisa merebus sarang semut dan nanti air rebusannya saja yang diambil. Memang cukup jarang dijual, tapi di supermarket-supermarket terdekat masih cukup sering dijumpai.

Warna dari sarang semut ini adalah coklat tua dan bentuknya diketahui abstrak di mana di bagian tengahnya ada bolongan-bolongan kecil. Sarang semut ini tak gampang memang, tapi bila Anda bisa dengan gampang menemukannya bisa langsung diramu saja. Namun bila di wilayah tempat tinggal Anda tidak ada, bisa coba alternatif obat herbal lain.

2. Buah Beri

Untuk mengobati Parkinson secara herbal, buah beri pun bisa diandalkan, khususnya kalau rekomendasi pertama sangat sulit bagi Anda untuk menjumpainya. Buah beri yang biasanya hanya digunakan sebagai penghias dan pemanis tampilan kue ini rupanya bermanfaat besar bagi sel-sel saraf manusia.

Bila dengan mudah mendapatkan buah beri, Anda tak usah repot-repot mengolahnya menjadi suatu obat bagi penderita Parkinson. Cukup dengan mengonsumsi langsung buah ini atau memblendernya sehingga menjadi jus buah beri saja sudah sangat membantu. Kandungan-kandungan baik dari buah ini akan mampu menghilangkan gejala Parkinson secara berangsur asalkan penggunaannya serutin mungkin.

(Baca juga: tangan bergerak sendiri)

3. Tomat

Parkinson juga bisa diobati dengan tomat di mana jenis sayur/buah ini memang sangat bagus dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Selain untuk kondisi hipertensi, tomat juga memiliki fungsi sebagai penyembuh gejala Parkinson. Kalau biasanya tomat dijadikan bumbu masakan saja, kali ini Anda dapat menggunakannya sebagai obat.

Cara penggunaannya pun tergolong sederhana dan tanpa menyita banyak waktu untuk meramunya. Cukup dengan mengonsumsi buah tomat secara langsung atau membuatnya sebagai jus tomat, Anda siap menikmatinya paling tidak 2 kali sehari secara rutin agar gejala-gejala berkurang. Karena tergolong murah dan dapat dijumpai dengan mudah, mungkin Anda lebih tertarik untuk mencoba obat satu ini.

4. Apel

Buah sehat satu ini sudah tak usah ditanyakan lagi tentang manfaatnya. Begitu besar khasiat buah ini sampai-sampai untuk mengobati Parkinson pun bisa. Tak perlu kesulitan untuk tahu cara meramu apel ini demi menjadi obat herbal yang ampuh. Anda cukup secara rajin mengonsumsi buah apel secara langsung atau membuatnya sebagai jus.

Konsumsi teratur akan membantu mengurangi risiko gejala dan menyembuhkan gejala sedikit demi sedikit. Jika ingin memakannya langsung, bisa bersama dengan kulitnya karena bagian kulit sangat besar manfaatnya untuk kecantikan. Jadi selain bisa mengobati Parkinson, ada segudang manfaat lain dari apel bagi kesehatan yang dapat diperoleh.

(Baca juga: tangan sering gemetar)

5. Daun Sirsak

Seperti yang sudah banyak orang tahu, daun sirsak merupakan salah satu obat herbal yang biasanya khusus untuk mengobati kanker. Tapi selain dari pengobatan kanker, daun sirsak memiliki banyak manfaat lainnya, termasuk juga mengobati gejala-gejala Parkinson. Jika sudah mendapatkan daun sirsak, rebuslah secukupnya dan nanti airnyalah yang Anda ambil.

Air rebusan daun sirsak merupakan ramuan obat herbal yang dapat Anda konsumsi secara rutin agar penyakit Parkinson bisa cepat sembuh. Bagi Anda yang mungkin juga memiliki masalah asam urat, paru-paru basah, serta rematik, obat ini mampu membantu Anda mengatasi gangguan-gangguan penyakit tersebut. Asalkan rutin dan telaten, Anda akan mendapatkan hasil terbaik.

6. Paprika

Masih ada lagi obat herbal yang bisa Anda coba gunakan, yakni paprika di mana jenis sayur ini memang datang dalam 4 warna, yaitu hijau, kuning, oranye dan merah. Namun warna-warna tersebut tidaklah berpengaruh apa-apa karena pada dasarnya khasiat yang ditawarkan pun sama. Tak usah repot untuk mengolahnya karena paprika yang sudah dicuci bisa langsung dikonsumsi.

Di pasaran, harga paprika sendiri tergolong murah dan Anda bisa mendapatkannya dengan sangat mudah, mungkin juga lebih mudah daripada memperoleh sarang semut tadi. Rasa paprika pun tidaklah sepedas yang kebanyakan orang bayangkan. Meski jarang dipilih, Anda bisa menjadikan paprika sebagai pilihan alternatif apabila obat lainnya kurang efektif.

(Baca juga: akibat begadang malam terus-menerus)

7. Kulit Manggis

Selain daun sirsak biasanya kulit manggis juga adalah obat herbal yang kebanyakan dianggap hanya mampu mengobati kanker. Padahal kegunaan dari kulit manggis lebih dari itu dan penderita Parkinson bisa membuktikannya sendiri dengan menggunakan kulit manggis sebagai obat alami penyembuhan gejala Parkinson.

Jika sudah memperoleh kulit manggis, Anda bisa merebusnya hingga benar-benar matang di mana sebelum direbus Anda harus pastikan telah membersihkannya. Air rebusan kulit manggis ini bisa dikonsumsi secara teratur pasca penyaringan. Minumlah airnya secara teratur agar kondisi Parkinson bisa cepat membaik; karena tidak ada efek samping, maka Anda tak perlu khawatir selama konsumsi.

8. Bunga Rosella

Obat herbal lainnya yang diketahui ampuh dalam mengatasi Parkinson adalah bunga rosella. Kelopak bunga rosella adalah salah satu yang paling baik untuk mengobati Parkinson, yakni dengan cara merebusnya sampai matang. Sebelum direbus tentunya Anda perlu membersihkannya lebih dulu agar tidak ada kotoran atau bakteri yang menempel.

Air rebusan yang sudah matang bisa diangkat dan kemudian disaring sebelum didiamkan sejenak. Setelah airnya hangat atau dingin, Anda bisa mengonsumsinya; lakukan metode pengobatan ini secara rutin agar Parkinson cepat sembuh. Karena tak menimbulkan efek samping, Anda bisa menggunakannya setiap hari sampai kondisi tubuh benar-benar baik.

(Baca juga: cara mengobati tangan gemetar)

9. Madu

Madu merupakan bahan makanan yang banyak digunakan sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh oleh banyak orang. Hanya saja, madu murni sebetulnya memiliki manfaat lebih dari itu dan bisa dijadikan sebagai obat bagi penderita Parkinson. Bila tak tahu bagaimana mendapatkan madu asli, carilah cara membedakan madu asli dan palsu lebih dulu.

Untuk menggunakannya, Anda bisa secara langsung mengonsumsinya dalam kondisi kental, atau juga bisa dicampurkan ke dalam air putih. Minumlah secara rutin di mana dianjurkan setiap harinya Anda bisa minum 2-3 kali sehari 2-3 sendok makan. Dengan mengonsumsinya rutin, Anda lama-kelamaan akan merasakan bahwa tubuh menjadi lebih baik dan gejala Parkinson pun berkurang.

10. Ginkgo Biloba

Herbal satu ini sangat tepat untuk dipilih karena fungsinya adalah sebagai peningkat aliran darah ke otak, maka dengan begitu otak pun bisa bekerja lebih maksimal. Kandungan flavonoid di dalamnya pun sangat tinggi sehingga kerap digunakan juga sebagai obat herbal stroke maupun alzheimer yang juga berhubungan dengan sel saraf otak.

Anda bisa menemukan suplemen herbal dengan bahan utama ginkgo biloba ini untuk menyembuhkan Parkinson dan menjaga kesehatan sistem saraf otak. Dengan mengonsumsi biji ginkgo, maka keuntungan yang dapat diperoleh antara lain adalah daya ingat yang lebih kuat, aliran darah perifer lebih lancar dan otak senantiasa sehat.

(Baca juga: terapi parkinson – jenis penyakit yang menyerang otak)

Itulah obat herbal Parkinson yang bisa coba Anda gunakan ketika tanda-tanda Parkinson mulai timbul. Kiranya dengan obat herbal tersebut, Anda bisa menyembuhkan Parkinson secara lebih aman dan efektif.

You may also like