Sakit Lutut Sebelah Kanan – Penyebab, Gejala Dan Solusinya

7800

Sakit lutut sebelah kanan merupakan rasa nyeri yang menyerang area lutut sebelah kanan yang dapat menimbulkan masalah gangguan kesehatan lain. Sakit lutut sebelah kanan dapat dialami oleh anak anak, Dewasa dan lansia yang dapat terjadi karena aktivitas yang berbeda beda terlepas dari seberapa berat aktivitas tersebut. (Baca Juga: Penyebab Lutut Sakit , Nyeri Sendi Lutut)

Penyebab

1.Akibat cedera
Seseorang yang mengalami atau pernah sembuh dari cedera akibat benturan, Hantaman atau terpukul benda tumpul dengan keras maka dapat mengakibatkan kelainan dan kerusakan tendon. (Baca Juga: Cara Mengobati Kaki Pegal )

2.Karena penyakit yang menyertai
Seseorang yang pada awalnya belum terkena sakit lutut sebelah kanan tetapi telah memiliki penyakit seperti penyakit rematik, Asam urat atau terkilir. Kondisi tersebut dapat menyebbakan sakit pada sendi kaki akan semakain parah dan sulit untuk disembuhkan secara cepat. (Baca Juga: Daftar Jus untuk Penderita Asam Urat , makanan yang Dilarang untuk Asam Urat)

3.Adanya pendarahan pada sendi
Area sendi lutut yang mengalami luka lalu pendarahan kemudian muncul peradangan maka akan menyebabkan sakit lutut sebelah kanan menjadi semakin nyeri dan bahkan menyebabkan lutut sulit untuk diluruskan . (Baca Juga: Penyebab Nyeri Ulu Hati )

4.Terserang infeksi
Sakit lutut sebelah kanan yang tidak segera diobati dengan cara medis atau tradisional dapat menyebabkan munculnya infeksi artritis diarea dalam kulit termasuk rusaknya tendon dan pada tulang lutut. (Baca Juga: Infeksi Kulit Karena Bakteri , Bahaya Infeksi RSV)

5.Usia
Usia sangat mempengaruhi kondisi kalsium dalam persendian lutut. Semakin tua usia seseorang maka akan rentan terserang pengapuran sendi, Mengalami peningkatan asam urat, Terserang encok dan rematik yang dapat memicu munculnya sakit lutut sebelah kanan. (baca juga: Gejala Encok  , Penyebab Encok)

Gejala

Sakit lutut sebelah kanan memiliki gejala yang sebenarnya mudah dilihat, Diantaranya:

  • Area lutut mengalami perubahan warna menjadi kemerahan hingga kecikelat dan timbul pembengkakan yang akan sakit jika tersentuh.
  • Lutut terasa berat, Kaku, Tegang dan suklit untuk digerakkan termasuk ketika kaki akan diluruskan. Rasa sakit padaa lutut dapat menjalar kearah punggung jika tidak segera di Obati. (Baca Juga: Penyebab Otot Kaku , Kelainan Otot Pada Manusia)
  • Lutut sebelah kanan terasa lebih hangat dari padaa lutut sebelah kiri dan bentuk lutut jika disejajarkan akn terlihat berbeda ukuran. Yang mengalami inflamasi akan terlihat lebih besar.
  • Kekuatan pada otit lutut terasa melemah dan mudah mengalami pegal pegal dan kelelahan ketika dilakukan pergerakan atau berjalan.
  • Lutut dapat tiba tiba nyeri karena mendapat tekanan berat ketika paha menopang tumpukan beban misanya tumpukan buku atau benda lain yang membutuhkan banyak energi dibagian kaki.
  • Mengalami demam ringan hingga berat, Kondisi tersebut dapat berlaku pada semua usia dengan proses penyembuhan yang berbeda beda tergantung pada seberapa cepat demam tersebut diatasi.

(Baca Juga: Obat Herbal Nyeri Sendi , Penyebab Radang Sendi)

Faktor

Banyak faktor yang menyebabkan munculnya nyeri pada lutut sebelah kanan

  • Sakit lutut sebelah kanan dapat mudah muncl pada orang orang yang memiliki usia diatas 60 tahun. Karena diusia tersebut pengapuran mudah terjadi dan cenderung memicu munculnya sakit lutut sebelah kanan.
  • Kegemukan dapat menyebabkan obesitas yang jika dibiarkan dapat menyebabkan penimbunan lemak yang dapat mengganggu otot lutut yaitu memberikan tekanan pada area lutut sehingga menimbulkan sakit lutut sebelah kanan yang berkepanjangan.
  • Melakukan aktivitas olahraga yang memerlukan banyak energi dan gerak misalnya sepakbola, Tinju, Marathon, Bola basket, bulu tangkis dan lain lain. Gerakan olahraga yang berlebihan rentan menyebabkan sakit lutut sebelah kanan.
  • Mengalami kecelakaan misalnya terjatuh, Terbentur atau terhantam pada benda keras sehingga menyebabkan sendi lutut terluka, Pembengkakan dan Memar pada bagian dalam dan merusak tendon pada area sendi.

(Baca Juga: Penyebab Otot Bergerak Sendiri , Obat Radang Sendi)

Solusi Secara Umum

Tips mudah cara mengatasi sakit lutut sebelah tangan-

• Menghindari lutut agar terhindar dari tekanan yang menyebabkan sakit pada jaringan sendi lutut dan mengistirahatkan dari hal hal yang berhubungan dengan beban berat misalnya terlalu banyak melakukan gerakan yang berlebihan misalnya main bola, Bulu tangkis dan lain lain. (Baca juga: Obat Sakit Lutut Kaki Kanan)

• Mengompres lutut dengan es agar dapat mengobati sakit lutut sebelah kanan karena mengandung zat anti inflamasi yang cukup aktif dan bermanfaat untuk meredakan rasa nyerinya. Efek sejuk pada es mampu menetralkan luka atau kerusakan tendon ringan agar mempercepat proses penyembuhan. (Baca Juga: Obat Keseleo Lutut Tradisional)

• Membatasi gerakan gerakan yang berlebihan khususnya pada lansia yang memiliki penyakit rematik dan asam urat parah agar terhindar dari kelelahan dan kelemahan otot sendi.

• Sesering mungkin mengangkat kaki lebih tinggi dari dada agar memperlancar aliran darah dan mengurangi rasa nyeri pada area lutut. Kaki bisa diganjal dengan bantal atau dinaikkan dan telapak kaki menyentuh dinding agar sakit lutut sebelah kanan dapat berkurang dengan cepat. (Baca Juga: Penyebab Kram Pada Kaki)

• Membiasakan diri untuk selalu melakukan peregangan sebelum dan sesudah olahraga. Dan sebaiknya pilihlah olahraga yang aman dan tidak membutuhkan banyak gerak selama proses pemulihahn sendi. Olahraga yang bisa dilakukan adalah jalan santai atau bersepeda santai agar mencegah sakit lutut sebelah kanan semakin terasa nyeri. (Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Berolahraga)

• Melakukan terapi fisik secara konsisten termasuk untuk memperkuat otot perut dan bagian tulang rawan pada lutut. Terapi fisik dapat dilakukan untuk mencegah dan menyembuhkan sakit lutut sebelah kanan yaitu dengan cara yoga atau cara lain yang membutuhkan instruksi dari para terapis yang telah berpengalaman tentang masalah persendian. (Baca Juga: Olahraga Untuk Mengecilkan Perut dan Pembentukan Otot Perut)

• Mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri atas rekomendasi dokter ortopedi agar dapat mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan dengan lebih cepat agar sakit lutut sebelah kanan tidak menjalar kebagian tubuh lain misalnya pangkal paha atau betis. (Baca Juga: Obat Nyeri Sendi Tangan)

Solusi Secara Tradisional

Tips mudah untuk mengatasi sakit lutut sebelah kanan

• Kunyit
Memanfaatkan khasiat kunyit yang memiliki zat anti inflamasi dan mempercepat proses pengeringan dan penyembuhan luka atau iritasi. Kunyit dapat diparut terlebih dahulu kemudian peraslah airnya kemudian campurkan dengan minyak sayur murnidan lada hitam bubuk. Aduklah sampai merata untuk dioleskan pada area lutut yang terserang rasa nyeri dan pembengkakan. Kunyit adalah salah satu obat sakit lutut alami termujarab.

• Jahe merah
Jahe adalah bumbu masakan yang memiliki banyak manfaat, Terutama jahe merah yang kaya dengan zat anti oksidan dan inflamasi yang mampu meredakan rasa nyeri, Mengurangi rasa nyeri dan memudahkan gerakan ketika kaki sedang dipakai untuk berjalan santai. Parutan jahe merah dapat dibubuhkan atau ditempelkan pada area sakit lutut sebelah kanan atau airnya dapat diperas dan ditambahkan madu serta air lemon untuk dikonsumsi. (Baca Juga: Efek Samping Jahe)

• Jus lemon
Lemon adalah jenis buah yang memiliki vitamin C tinggi atau asam sitrat dan zat anti bakteri yang aktif dalam mengurangi rasa sakit lutut sebelah kanan. Manfaat lain dari jus lemon yang paling dasyat adalah mampu menghancurkan kristal asam urat yang menjadi pemicu nyeri pada sendi. (Baca Juga: Jus untuk Asam Urat)

• Cuka sari apel
Cuka sari apel dapat ditambahkan air matang dan dikonsumsi setiap hari dua kali sampai rasa sakit lutut sebelah kanan hilang. Cuka sari apel memiliki efek alkalizing untuk meredakan nyeri dan menghancurkan racun yang melekata atau berada dijaringan persendian termasuk pada lutut. (Baca Juga: Bahaya Kulit Apel Merah)

• Parem kocok
Parem kocok terbuat dari bahan bahan herbal bermutu tinggi tanpa ada campuraan zat kimia yang dapat menyembuhkan sakit lutut sebelah kanan jika memang nyeri berada pada lutut sebelah kanan. Parem kocok dibuat dari temu lawak, temu giring dan lain lain yang kaya manfaat bagi kesehatan persendian. Oleskan parem kocok secukupnya dengan melakukan pijitan perlahan hingga anda merasakan kehangatanya yang dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi. (Baca Juga: Obat Herbal Kesemutan)