9 Makanan yang Dilarang untuk Asam Urat Tinggi Harus Dihindari

Asam urat memang banyak diderita oleh orang lanjut usia, meskipun sekarang banyak orang muda yang menderita asam urat tinggi. Ketika tubuh Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi maka bisa menyebabkan gejala yang tidak nyaman seperti ciri ciri asam urat. Beberapa diantaranya adalah semua bagian sendi yang akan terasa sakit, sulit untuk menggerakkan beberapa sendi dan juga pembengkakan pada sendi. Gejala asam urat harus dilihat dengan jelas karena memiliki berbagai perbedaan sakit asam urat dan rematik. Meskipun penyakit ini tidak bisa disembuhkan hingga total sebenarnya masih bisa dikendalikan agar tidak terkena bahaya asam urat tinggi bagi tubuh. Pada dasarnya penderita harus mencoba untuk mengendalikan makanan yang masuk ke tubuh. Makanan yang mengandung purin tinggi sebaiknya dihindari agar asam urat tidak naik. (baca: pengaruh asam urat terhadap ginjal – Penyebab asam urat – kadar asam urat normal)

Anda masih ragu untuk melakukan diet ini? Coba saja mengikuti beberapa jenis makanan yang dilarang untuk asam urat, seperti dibawah ini:

  1. Makanan laut (tuna, ikan asin dan ikan herring)

Makanan laut menyediakan mineral yang protein yang lebih tinggi dibandingkan ikan tawar. Karena itu nilai gizinya memang sangat baik untuk tubuh. Namun orang yang menderita asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi beberapa jenis makanan laut seperti ikan tuna, ikan asin dan ikan herring. Semua jenis ikan ini mengandung kadar purin yang sangat tinggi. Ketika kadar purin tinggi masuk ke tubuh maka semua gejala asam urat akan terasa sangat cepat. Bahkan jika Anda hanya makan dalam jumlah yang kecil, maka serangan asam urat tinggi bisa terasa lebih cepat.

Solusi: Anda tetap bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan laut yang masih ditoleransi seperti udang, kerang, ikan salmon, kepiting dan belut. Namun jumlah konsumsi harus dibatasi untuk mencegah kenaikan asam urat, yaitu sekitar 200 – 400 gram saja.

Baca: bahaya ikan asin – bahaya formalin pada ikan asin – bahaya makanan laut – makanan yang mengandung zat purin tinggi

  1. Daging merah (daging sapi, ayam, babi, dan kalkun)

Daging menyediakan protein yang bisa membantu tubuh mendapatkan energi yang cukup. Selain itu daging juga menjadi pilihan lauk yang paling mudah didapatkan dan dimasak menjadi berbagai menu. Namun penderita asam urat tinggi sebaiknya memang tidak mengkonsumsi daging merah. Semua jenis daging merah dari hewan apa saja mengandung purin yang tinggi. Selain itu cara pengolahan daging merah yang dimasak dengan santan dan minyak goreng bisa menyebabkan serangan asam urat yang sangat cepat. (baca: bahaya sering mengkonsumsi santan)

Solusi: Anda mungkin tidak bisa menghindari daging terus menerus, karena tubuh bisa kekurangan nutrisi. Namun Anda bisa membatasi konsumsi daging merah yaitu maksimal 500 gram per hari. Alternatif daging lain yang lebih sehat misalnya daging ayam dan daging bebek tanpa lemak. Dan hindari memasak daging goreng untuk penderita asam urat.

Baca : Bahaya konsumsi daging merah berlebihanBahaya daging babi bagi kesehatan – makanan penyebab asam urat

  1. Karbohidrat terproses / olahan (kue putih, roti putih, pasta, permen dan nasi putih)

Semua penderita asam urat juga tidak bisa mengkonsumsi semua jenis makanan yang diolah dari bahan karbohidrat. Makanan yang terbuat dari karbohidrat mengandung tingkat kalori yang sangat tinggi. Efek dari kalori yang tinggi bisa membuat berat badan naik dengan cepat. Jika sudah seperti ini maka kadar asam urat akan naik secara alami. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan agar tidak terkena akibat kelebihan karbohidrat

Baca: bahaya baking soda – bahaya mengkonsumsi roti tawar – bahaya ragi – bahaya sering makan nasi 

  1. Sayuran (asparagus, bayam, kale, kembang kol, jamur, kacang panjang)

Tidak hanya daging dan sumber karbohidrat olahan saja yang bisa meningkatkan asam urat. Bahkan penderita asam urat sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi sayuran yang mengandung purin tinggi seperti dalam sayur yang dilarang untuk asam urat. Beberapa jenis sayuran ini seperti asparagus, bayam, jamur, kembang kol, kacang panjang dan labu. Makanan ini memang mengandung serat dan zat besi tinggi yang bisa mencegah anemia atau berbagai gejala anemia seperti tubuh lemah dan lesu. Namun jika dikonsumsi oleh orang dengan gangguan asam urat tinggi maka bisa membuat asam urat menjadi lebih tinggi akibat dampak purin dalam sayuran.

Solusi: Anda tentu tidak akan bisa menghindari sayuran terus menerus, karena sayuran hijau ini memang sangat sehat untuk tubuh. Namun Anda bisa membatasi jumlah konsumsi sayuran setiap hari. Selain itu lebih baik juga menggantikan dengan sayuran putih seperti lobak, sawi putih, dan jenis sayuran lain.

Baca: sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat – brokoli untuk penderita asam urat – buncis bagi penderita asam urat

  1. Organ dalam atau jeroan (sapi dan ayam)

Semua jenis organ dalam hewan atau lebih dikenal dengan jeroan memang bisa dikonsumsi setelah diolah menjadi berbagai jenis masakan. Jeroan termasuk salah satu penyebab kolesterol tinggi sehingga sangat berbahaya untuk asam urat.  Karena rasanya yang lezat maka jeroan memang banyak disukai. Namun untuk orang yang menderita asam urat tinggi sebaiknya tidak mengkonsumsi jeroan meskipun dalam jumlah yang sangat sedikit. Jeroan bisa membuat asam urat naik cepat termasuk berbagai gejala yang terjadi setelah makan. Selain mengandung kadar purin yang tinggi, semua jenis jeroan bisa menyebabkan kolesterol tinggi karena lemak dalam kandungan makanan ini. Tubuh bahkan bisa terkena berbagai jenis bahaya lemak jenuh dan bahaya konsumsi jeroan bagi kesehatan.

Solusi: daripada mengkonsumsi jeroan binatang sebaiknya Anda mencari solusi untuk jenis daging lain yang lebih sehat, seperti daging ayam dan daging bebek. (baca: bahaya makan ati ampela – makanan yang mengandung kolesterol tinggi dalam tabel)

  1. Makanan ringan / makanan kemasan

Semua jenis makanan ringan atau makanan kemasan memang bisa dinikmati saat bersantai. Tapi sebaiknya penderita asam urat tinggi tidak mengkonsumsi semua jenis makanan olahan pabrik atau makanan kemasan. Beberapa makanan yang sangat dilarang termasuk semua jenis keripik, makanan beku dan juga makanan ringan lain. Semua makanan ini mengandung garam dengan tingkat yang sangat tinggi sehingga bisa terkena bahaya konsumsi garam berlebihan. Garam bisa menyebabkan aktifitas tubuh terhambat, aliran darah yang tidak sehat, dan resiko penyakit tekanan darah tinggi. Jika komplikasi ini muncul maka serangan asam urat akan terjadi dengan cepat. (baca: bahaya makanan ringan snack)

Solusi: hindari semua jenis makanan ringan atau makanan kemasan. Lebih baik jika Anda mencoba untuk membuat resep sendiri yang lebih sehat. Jadi kebiasaan makan di rumah bisa membantu mengatur serangan asam urat tinggi.

  1. Semua minuman manis

Semua jenis minuman manis sebaiknya juga tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat. Minuman atau makanan yang manis bisa menyebabkan asam urat tinggi dan diabetes. Kadar bahan pemanis seperti gula cair dan fruktosa dalam berbagai minuman manis akan membuat tubuh menghasilkan asam urat yang sangat tinggi. Selain itu berbagai jenis minuman yang mengandung pemanis bisa menyebabkan kondisi tubuh lemah akibat kadar kafein yang terkandung dan juga tubuh kurang sehat. (baca: bahaya es teh manis – bahaya sakarin untuk kesehatan)

Solusi : Jika Anda ingin minum maka Hindari semua jenis minuman manis dalam kemasan. Air putih atau jus tanpa gula menjadi cairan paling sehat untuk penderita asam urat tinggi.

 

  1. Alkohol

Alkohol juga sebaiknya tidak diminum oleh orang yang menderita asam urat tinggi.  Alkohol bisa menyebabkan dampak yang serius untuk penderita asam urat karena alkohol akan meningkatkan asam urat lebih cepat dibandingkan makanan laut. Alkohol juga bisa merusak kerja atau fungsi organ seperti hati dan ginjal. Kadar racun yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan dampak serius termasuk kegagalan fungsi organ.

Solusi : tidak ada pengganti alkohol apapun yang bisa diminum oleh penderita asam urat. Semua penderita asam urat sebaiknya lebih sering minum air putih atau sari buah tanpa gula.

Bahaya alkohol:

  1. Semua makanan mengandung lemak jenuh

Semua jenis makanan yang mengandung lemak jenuh bisa membuat kemampuan ginjal menurun. Dampaknya maka kadar asam urat menjadi sangat tinggi dan juga resiko penyakit lain termasuk serangan jantung dan kanker. Berbagai jenis makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi misalnya seperti makanan cepat saji, semua jenis makanan yang digoreng dan susu tinggi lemak. (baca: makanan yang mengandung lemak jenuh – contoh lemak jenuh pada makanan)

Solusi : Jika Anda sudah menderita asam urat yang tinggi sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan yang tidak digoreng dengan minyak sawit. Anda bisa mencoba menggunakan minyak sehat seperti minyak zaitun dan minyak canola.

Melakukan diet untuk penderita asam urat bisa dilakukan dengan menghindari semua makanan yang dilarang untuk asam urat. Gantikan dengan makanan yang lebih sehat, tidak mengandung lemak jenuh tinggi, dan makanan yang mengandung purin tinggi. Atau jika ingin tetap makan maka batasi jumlahnya agar masih bisa diterima oleh tubuh Anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Asam Urat