15 Penyebab Kram Pada Kaki dan Cara Mengatasinya

Penyebab kram pada kaki dapat dialami semua umur dan relatif mudah disembuhkan, Namun tingkat kecepatan sembuhnya tergantung pada penyebab utamanya. Munculnya kram pada kaki dapat mengganggu aktivitas sehari hari dan kemunculannya memiliki banyak faktor penyebab dan cenderung baru disadari setelah kram terjadi.

Penyebab

Penyebab kram pada kaki yang sering menyerang manusia adalah :

1.Gerakan yang berlebihan
Melakukan rutinitas yang menuntut banyak energi dan gerak dapat menjadi salah satu penyebab kram pada kaki. Kondisi ini banyak dialami oleh para kuli panggul, Kuli bangunan, Para petani diperkebunan, Penamabng minyak dilepas pantai dan lain lain. Pergerakan tubuh yang berlebihan selalu mengandalkan kekuatan kaki sebagaia penopang tubuh, Jika dilakukan secara berlebihan dan minim melakukan pereganagan otot kaki maka akan menyebabkan otot kaki lelah dan saraf terjepit. Kondisi ini menyebabkan kram pada kaki .

2.Terlalu banyak duduk atau berdiri
Terlalu banyak duduk dan berdiri menyebabkan aliran darah men jadi lebih lambat dan pasokan darah yang dipompa jantung untuk kemudian disebarkan keseluruh tubuh menjadi tersendat, Akibatnya kram pada tubuh termasuk area kaki tidak mungkin dapart dihindari.

3. Jarang olahraga
Jarang berolahraga seringkali menjadi biangkeadi penyebab kram pada kaki. Tubuh yang tidak terbaiasa dilatih untuk bergerak secara teratur maka saraf dan otot pada semua bagian tubuh termasuk area kaki menjadi mudah kaku, Terkilir dan muncul kram. Kurang berolahraga menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar dan mempersempit pembuluh darah termasuk disekitar area kaki.

4. Karena tubuh kekurangan cairan
Ketika tubuh terserang dehidrasi maka fungsi ginjal akan mengalami gangguan yang menyebabkan otot pada tangan dan kaki mengalami kejang, Kesemutan dan berakhir dengan kram yang menimbulkan rasa sakit.

5. Otot terkilir atau cedera
Kecelakaan terjatuh dari ketinggian adalah penyebab kram pada kaki yang baisa dialami banyak orang misalnya terpeleset dari atap, terlempar dari sepeda, Terpental dari motor, Dari atas pohon dan sebagainya dan mencederai bagian kaki maka saraf kaki akan mengalami gangguan berupa pembengkakan, Luka dan kram yang berkepanjangan.

6. Jumlah darah yang kurang mencukupi
Seseorang yang terserang anemia akut maka pasokabn darah yang berisi oksigen serta sel darah merahnya akan mengalami penurunan. Keadaan ini dapat menyebabkan tubuh lemas, Timbul kesemutan pada kaki dan kram yang datang timbul tenggelam.


7. Pemakaian sepatu yang sempit
Waspadalah jika anda sering menggunakan ukuran sepatu yang terlalu sempit. Pakaialh sepatu yang terasa nyaman dikaki sehingga otot dan saraf kaki tidak terus menerus mendapat tekanan dan kelelahan. Sepatu sempit cenderung menyebabkan aliran darah disekitar jari jari dan telapak kaki menjadi tidak lancar, Hal ini menyebabkan munculnya penyebab kram pada kaki.

8. Terlalu lama tidur
Seseorang yang terlalu banyak tidur dapat menjadi pemicu munculnya penyebab sering kram saat tidur malam karena tubuh dalam keadaan yang diam dan tidak menggerakan badannya. Kondisi ini menyebabkan saraf dan otot terlatih untuk tetap stagnan dengan kondisi yang rileks. Namun jika terlalu berlebihan maka otot dan saraf disekitar kaki menjadi kaku, Tegang dan muncul rasa kram. Kram akan muncul ketika pembuluh darah menjadi terhambat karena kurang gerak.

9. Kelainan saraf
Seseorang yang mengalami saraf terjepit secara tiba tiba dapat menyebabkan gangguan pada kondisi saraf yang menyebabkan tekanan saraf menjadi berat pada area kaki. Kondisi ini dapat menjadi penyebab kram pada kaki .

10. Kekurangan zat magnesium
Kekurangan magnesium sering menyerang wanita hamil yang usia kandungannya sudah mendekati masa persalinan. Kekurangan magnesium disebabkan karena pada trimester terakhir kehamilan wanita hamil cenderung tidak menyukai makanan yang mengandung magnesium misalnya jenis kacang kacangan atau biji bijian. Kondisi ini dapat menyebabkan kram pada kaki dan menimbulkan pembengkakan.

11. Infeksi
Seseorang yang terkena tetanus dibagian sekitar kakinya pasti mengalami infeksi serius yang dapat menyebabkan otot kaki menjadi tegang dan shocok, Akibatnya kaki akan menderita kejang dan kram. Infeksi karena Tetanus salah satu penyebab jari kaki kram dan nyeri.

12. Gangguan organ hati
Seseorang yang mengalami kelainan pada organ hatinya maka fungsi hati akan ikut terganggu. Hati akan kehilangan kemampuannya menyaring racun dalam tubuh sehingga menyebabkan jum;ah racun yang tidak bisa dibuang menjadi mengalami peningkatan . Kondisi dapat mengakibatkan kram berat pada kaki yang berujung rasa nyeri yang luar biasa.

13. Gangguan arteri feriferal
Gangguan arteri feriferal adaalah terjadinya penyumbatan pada aliran darah disekitar kaki akaaibat aktivitas yang berulang dan membutuhkan tenaga yang besar misalnya naik turun tangga, Mengayuh sepeda tanpa henti, Berlari kencang dengan posisi lari yang berbelok belok tidak beraturan dan lain lain.


14. Penyakit tiroid
Seseorang yang mempunyai penyakit tiroid yaitu kelainan yang telah terjadi padaa kelenjar tiroid yang letaknya tepat dibawaah jakun. Tugas tiroid bertanggung jawab mengontrol dan mengendalikan sistem kerja metabolisme tubuh secara berkesinambungan yang sebenarnya didalam teknik kerjanya diperintah oleh otak. Penderita gngguan pada kelenjar tiroid rentan terserang kram otot dan kejang pada area kaki.

15.Menggunakan keseimbangan kaki yang salah
Pada sebagian orang melakukan hal hal yang berbahaya demi penghematan waktu untuk menyelesaikan sebuah tugas, Misalnya berdiri dengan satu, Mendorong beban barang dengan kaki secara terus menerus, Menendang sesuatu dengan kaki dan lain lain. Beberapa contoh tersebut dapat menyebabkan otot cedera dan menjadi salah satu penyebab kram pada kaki yang berkepanjangan.

Penanganan
Tips terbaik cara mengatasi kram pada kaki yang dapat dilakukaan sendiri dirumah dengan mudah dan cepat

• Kompres air hangat pada area kaki yang terasa kram .Kesemutn dan pegal sambil melakukan pemijatan lembut pada kaki yang bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak zaitun atau param kocok.

• Minum air putih sebanyak banyaknya setidaknya 8 liter perhari agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi adalah penyebab kram pada kaki yang sering menyerang manusia.

• Mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung banyak zat mineral misalnya magnesium misalnya jenis kacang kacangan. Dapat pula mengkonsumsi suplemen magnesium dengan dosis yang sebelumnya telah direkomendasikan atau telah dianjurkan oleh dokter yang terkait.

• Mengkonsumsi obat pereda rasa sakit untuk menghilangkan kram . Misalnya obat jenis ibuprofen dalam bentuk tablet (oral) mauoun gel yang bisa dioleskan pada kaki yang sakit akibat kram.

• Mengurangi aktivitas yang menuntut tenaga lebih dan gerakan yang terlalu banyak atau hindari mengangkat beban berat yang mengandalkan kekuatan kaki untuk menopang tubuh dalam kurun waktu yang terlalu lama.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 10th, January 2017 / 02:33 Oleh :
Kategori : Kesehatan Kaki