12 Obat Sakit Lutut Kaki Kanan dan Kiri Paling Alami

5044

Sakit lutut kaki kanan maupun kiri bisa saja disebabkan oleh cedera, yakni cedera yang terjadi pada tulang rawan sekaligus kerusakan ligamen atau tendon. Namun rasa sakit juga bisa terjadi akibat infeksi, perdarahan di bagian sendi, maupun penyakit tertentu (contohnya: tendonitis, asam urat, osteoarthritis). Apapun penyebab dari nyeri sendi lutut, Anda bisa menggunakan obat-obat sebagai berikut.

(Baca juga: penyebab lutut sakit)

1. Lemon

Asam sitrus di dalam lemon sangat berkhasiat tinggi sehingga sangat bisa Anda pertimbangkan sebagai obat bagi nyeri atau sakit lutut yang disebabkan oleh penyakit asam urat. Buah yang mengandung vitamin C tinggi ini dijamin tak akan mengecewakan Anda dalam menyembuhkan sakit di lutut kanan maupun kiri.

Potonglah 1-2 buah lemon menjadi kecil-kecil dan bisa Anda bungkus menggunakan sebuah kain bersih yang kemudian dicelupkan ke minyak wijen hangat. Sesudah itu, barulah kain Anda kompreskan ke area lutut yang sakit selama 5-10 menit lamanya. Lakukan hal ini 2 kali setiap harinya sampai rasa sakit tersebut sembuh benar.

2. Kunyit

Untuk sendi yang sakit dan nyeri, terutama di bagian lutut, kunyit adalah obat alami yang bisa dipercaya. Kunyit adalah rempah yang terkenal bagus dalam mengurangi risiko inflamasi dan kurkumin di dalamnya mengandung antioksidan yang akan menjaga tubuh serta bagian lutut Anda senantiasa sehat.

Campurkanlah bubuk kunyit sebanyak 1 sendok teh dengan madu murni sebanyak 1 sendok teh yang kemudian dimasukkan ke dalam segelas susu hangat. Bukan dijadikan obat oles, melainkan Anda perlu mengonsumsi susu tersebut untuk mengurangi rasa sakit. Mengonsumsi suplemen sehari 3 kali 250-500 mg juga sangat efektif asalkan dikonsultasikan lebih dulu dengan dokter.

(Baca juga: penyebab dengkul kopong)

3. Bawang Putih

Dibalik rasanya yang pedas dan aromanya yang khas namun kurang favorit bagi kebanyakan orang, bawang putih menyimpan segudang manfaat. Sifat anti-inflamasi di dalamnya adalah alasan mengapa Anda bisa memilih dan menggunakan bawang putih sebagai obat sakit lutut walau ada efek samping bawang putih.

Anda bisa secara sederhana menggunakan minyak bawang putih untuk dioles ke bagian lutut kaki kanan dan berikan sedikit pijatan di sana. Bila memang dibutuhkan, Anda bisa untuk mengaplikasikan minyak bawang putih tersebut setiap harinya 3-4 kali. Anda juga bisa menambahkan bawang putih lebih banyak ke dalam masakan yang nantinya bisa dikonsumsi dan menyembuhkan rasa sakit dari dalam.

4. Kayu Manis

Kayu manis merupakan sebuah bahan alami yang bisa Anda percaya sebagai penurun rasa sakit yang terjadi di lutut kaki kanan maupun kiri. Apapun penyebabnya, Anda bisa menggunakan kayu manis karena bahan ini mengandung sifat anti-inflamasi sehingga peradangan apapun akan mampu dilawan.

Sediakan saja kayu manis dalam bentuk bubuk berikut juga madu sebagai campurannya. Madu murni akan jauh lebih baik dan Anda bisa menyiapkannya sebanyak 2 sendok makan, lalu juga bubuk kayu manisnya ½ sendok teh. Campuran ini bisa Anda jadikan obat oles dengan memijatkannya ke lutut, lalu tinggalkanlah selama 30-60 menit lamanya sebelum kemudian dibersihkan dengan air sesudah terserap.

(Baca juga: penyebab kaki ngilu)

5. Cuka Sari Apel

Di dalam cuka sari apel, ada segudang vitamin dan mineral yang benar-benar tinggi kadarnya, seperti kalium, kalsium, fosfor, serta magnesium. Kandungan-kandungan itulah yang diyakini mampu menguatkan sendi dan mengurangi rasa sakit serta ketegangan pada bagian lutut serta melawan peradangan.

Tak hanya cuka sari apel, madu murni pun dapat menjadi kombinasi yang terbaik untuk membuat cuka sari apel bekerja dengan sangat sempurna. Campurkan saja madu murni 2 sendok teh dengan cuka sari apel sebanyak 2 sendok teh ke dalam segelas air. Larutan ini bisa Anda minum secara teratur di mana seharinya Anda dapat mengonsumsi 3 kali.

6. Biji Fenugreek

Nyeri pada lutut yang terasa sakit dan mengganggu, baik itu pada lutut kanan maupun kiri, bisa menyebabkan aktivitas Anda benar-benar terganggu. Untuk berjalan pun biasanya akan terasa sulit karena harus menahan rasa sakit dan tidak nyaman, maka dari itu sebagai obatnya silakan pakai biji fenugreek.

Ambil biji fenugreek secukupnya untuk kemudian dipanggang lebih dulu dan setelah dingin, Anda bisa menghancurkannya. Jadikanlah biji-biji tersebut ke dalam bentuk bubuk halus. Bubuk fenugreek bisa Anda ambil sebanyak 2 sendok teh dan dicampur ke air untuk membentuk adonan pasta. Oles ke lutut yang sakit dan biarkan beberapa jam atau justru semalaman sebelum membasuh menggunakan air.

(Baca juga: gejala asam urat tinggi)

7. Minyak Kelapa

Sama dengan bahan yang lain, minyak kelapa juga diketahui memiliki kandungan tinggi akan sifat anti-inflamasi. Anda cukup menggunakannya secara langsung tanpa harus mencampurkannya dengan bahan lain apapun. Siapkan saja ½ cangkir minyak kelapa yang bisa Anda hangatkan lebih dulu sebelum kemudian dioles ke bagian lutut yang sakit.

7. Kompres Dingin

Obat sakit lutut yang juga termasuk mujarab dan sangatlah sederhana adalah kompres dingin. Anda hanya perlu membungkus segenggam es batu dengan handuk yang tipis. Kompreskan saja langsung ke lutut yang sakit sekitar 10 menit atau lebih. Melakukannya rutin sehari 2-3 kali akan memberikan hasil terbaik.

8. Minyak Mustard

Obat alami lainnya yang pas dan paling direkomendasikan ketika lutut Anda sakit, apapun penyebabnya dan di sebelah manapun adalah minyak mustard. Selain mengurangi inflamasi, minyak ini juga meningkatkan peredaran darah. Otot juga menjadi rileks setelah mengoleskan minyak ini ke lutut.

Siapkan saja 2 sendok makan minyak mustard dan juga sediakan sesiung bawang putih yang sudah dicincang untuk ditambahkan ke minyak. Masalkan selama kurang lebih 3 menit dan tunggulah dingin selama 5 menit. Minyak hangat bisa diaplikasikan ke area lutut dan pijatlah secara lembut hingga terserap sempurna ke dalam lutut.

(Baca juga: penyebab encok)

9. Garam Epsom

Kandungan magnesium sulfat di dalam garam Epsom terbilang tinggi dan karena adanya kandungan itulah garam ini terpercaya dalam meredakan rasa nyeri di lutut. Ketika Anda menyiapkan air mandi hangat, campurkan saja 2 cangkir garam Epsom ke dalamnya dan berendamlah di sana sekitar 15 menit. Ulangi setiap hari secara rutin agar lutut cepat sembuh.

10. Jahe

Seperti kita tahu, walau ada efek samping jahe, rempah ini sangatlah berguna dalam menyembuhkan sejumlah penyakit. Tak hanya batuk, sakit pada lutut kaki kanan maupun kiri juga bisa disembuhkan secara total. Campurkan saja sesendok teh bubuk jahe kering dan beberapa potongan jahe mentah segar ke dalam secangkir air mendidih.

Seduhlah selama kurang lebih 10 menit lamanya dan sebagai tambahan rasa, Anda bisa memasukkan beberapa tetes madu dan juga jus lemon. Larutan ini siap diminum untuk mengurangi rasa sakit pada bagian lutut Anda, apalagi kalau dikonsumsi secara teratur. Bisa juga Anda tambahkan irisan jahe ke masakan Anda setiap harinya.

(Baca juga: obat keseleo lutut)

11. Cabe Rawit

Mengandung capcaisin, cabe rawit bubuk bisa Anda gunakan sebanyak 2 sendok makan yang dicampur dengan minyak kelapa ½ cangkir. Larutan yang sudah jadi dapat Anda oles ke lutut kaki kanan atau kiri yang sakit. Tinggalkan selama 20 menit dan basuh menggunakan air biasa; alangkah baiknya kalau Anda mengulanginya sehari 3 kali.

12. Istirahat

Obat paling ampuh bagi sakit lutut, baik itu yang sebelah kiri atau kanan adalah istirahat yang cukup. Ketika lutut Anda sakit dan tetap memaksakan untuk menggunakannya beraktivitas, maka akan lebih lama untuk sembuh. Istirahatkan segala kegiatan yang berhubungan dengan kaki, khususnya lutut sampai kaki Anda menjadi lebih baik setelah diobati dengan serangkaian obat-obat alami di atas.

(Baca juga: bahaya duduk bersila)

Itulah sejumlah obat sakit lutut kaki kanan dan kiri yang bisa Anda pertimbangkan. Obat tersebut adalah yang paling alami tanpa menimbulkan efek samping berbahaya bagi tubuh. Cobalah dan buktikan efektivitasnya dengan memraktikkannya di rumah.