20 Obat Tradisional Kaki Bengkak dan Nyeri

10060

Kaki bengkak juga diketahui dengan istilah edema atau penumpukan cairan berlebih pada jaringan tubuh. Kaki yang mengalami pembengkakan biasanya menjadi pertanda bahwa ada gangguan kesehatan pada tubuh seseorang. Kaki bengkak pun biasanya terjadi sampai pada bagian pergelangan kaki, namun ada juga yang bisa merembet hingga ke bagian betis, paha, lalu perut karena tidak segera ditangani.

Sebetulnya ada banyak obat tradisional kaki bengkak yang bisa dipertimbangkan atau sekaligus dicoba oleh penderita. Tak perlu memakai obat-obatan kimia apabila Anda ragu karena ada sejumlah bahan alami yang dapat Anda ramu. Dengan bahan-bahan obat tradisional di bawah ini, dijamin edema atau kaki bengkak Anda akan berkurang.

(Baca juga: penyebab kram kaki)

1. Air Putih

Air putih adalah obat sederhana penyembuh banyak penyakit dan bahkan karena kekurangan air putih pun, tubuh bisa mengalami bahaya dehidrasi. Tubuh yang terhidrasi secara sempurna bisa menjadi solusi dari mengempisnya pembengkakan. Anda perlu tahu bahwa tubuh yang mendapatkan asupan garam yang sangat tinggi bisa menyebabkan retensi garam.

Jangan anggap enteng hal tersebut karena selain memunculkan gejala darah tinggi, asupan garam berlebih mampu menjadi pemicu umum pembengkakan. Supaya garam bisa cair, Anda perlu meningkatkan asupan air putih yang dibutuhkan oleh tubuh. Sistem tubuh Anda dijamin menjadi lebih baik karena pada dasarnya air putih merupakan agen anti-inflamasi natural yang sangat baik.

2. Peterseli

Dalam menyembuhkan dan mengurangi pembengkakan pada kaki secara bertahap, Anda bisa menggunakan peterseli sebagai obat tradisional selanjutnya. Bengkak akibat kelebihan cairan di area kaki akan otomatis dibuang oleh peterseli ini. Sudah dibuktikan oleh penelitian atau hasil studi di tahu 2002 bahwa ada efek diuretik yang dibawa peterseli ini.

  • Caranya: Siapkan peterseli kering sesendok teh saja, lalu masukkan ke air sebanyak 2 gelas. Rebuslah kira-kira selama 10 menit, dan ketika sudah hendak diminum, Anda bisa menyaringnya lebih dulu. Mengonsumsinya sehari sekali adalah yang paling dianjurkan dan pastikan Anda meminumnya setiap pagi tepat sebelum perut Anda diisi. Peterseli ini bakal memblokir kalium dan natrium untuk diserap kembali.
  • Alternatif: Cara lainnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan melumatkan daun peterseli secukupnya sampai benar-benar halus teksturnya. Sesudah menjadi lembut, terapkanlah ke area yang terkena edema. Ketika 30 menit berlalu, Anda bisa membilasnya menggunakan memakai air hangat. Cara ini dapat Anda pakai sehari 2 kali supaya lebih maksimal.

(Baca juga: ciri-ciri kolesterol tinggi dan cara mengatasinya)

3. Mentimun

Khasiat timun untuk kesehatan cukup banyak dan salah satu yang bisa Anda peroleh adalah ketika Anda mengalami pembengkakan di bagian kaki. Bahan alami yang diketahui berkandungan air tinggi ini sangat luar biasa dalam menyembuhkan atau mengempiskan kaki yang bengkak.

  • Caranya: Obat tradisional ini sangat sederhana karena Anda bisa mengambil beberapa potong mentimun untuk mengatasi keluhan pembengkakan tersebut. Potongan mentimun tersebut bisa Anda letakkan pada area yang membengkak, lalu gunakan kain bersih untuk menutupinya. Sesudah ½ jam, Anda bisa membersihkannya dan bila dilakukan teratur, Anda bakal merasakan khasiat mentimun yang luar biasa ini.

4. Chickweed

Tumbuhan bernama chickweed merupakan salah satu yang terampuh untuk mengobati pembengkakan di kaki alias edema. Ramuan dari tanaman ini dijamin efektif karena memang sangat kaya akan nutrisi, mineral, dan vitamin. Ketika bengkak disertai pula dengan peradangan, rasa kaku dan rasa nyeri, semua itu akan berkurang berkat tanaman ini.

(Baca juga: gejala asam urat tinggi)

5. Gula Batu

Dibalik rasa manisnya, gula batu tak hanya bisa menjadi campuran minuman supaya rasanya lebih segar dan nikmat. Gula batu juga termasuk di dalam bahan tradisional yang mampu mengobati kaki bengkak dengan sifat anti-inflamasinya. Menggunakan obat ini secara teratur bisa menunjukkan adanya kemajuan pada kaki Anda.

  • Caranya: Sediakan air sebanyak 2 gelas bersama dengan gula batu ½ sendok teh. Tak lupa Anda juga bisa menambahkan biji adas sesendok teh lalu rebuslah hingga airnya berkurang menjadi segelas saja. Campuran inilah yang Anda pakai dengan mengoleskannya ke kaku. Tunggu selama kira-kira 1 jam sebelum Anda membasuh menggunakan air bersih.

6. Tepung

Ketika kaki bengkak, ada juga ramuan yang gampang dijumpai dan bahkan pasti hampir setiap orang memilikinya di rumah, yakni tepung.

  • Caranya: Buatlah pasta tepung dengan mencampurkan tepung sebanyak 2 sendok makan bersama anggur putih sebanyak 2 sendok juga. Pasta yang sudah jadi bida Anda oles langsung ke area yang sakit untuk memperlancar aliran darah pada kaki. Bilaslah kaki Anda sesudah 30 menit berlalu.

(Baca juga: penyebab kaki bengkak pada lansia)

7. Es Batu

Selain air putih, air yang sudah Anda bekukan dan jadikan es batu bisa Anda pakai untuk menghilangkan pembengkakan serta rasa nyeri di kaki.

  • Caranya: Siapkan es batu secukupnya di mana bahan ini bisa Anda bungkus lebih dulu dengan handuk bersih tipis, lalu kompreskan ke area kaki yang bengkak. Rasa sakit dan radang dapat berkurang asalkan dikompres selama 15 menit. Agar hasilnya lebih baik, sehari Anda bisa melakukan pengobatan ini beberapa kali.

8. Ketumbar

Biji ketumbar merupakan bumbu dapur yang bisa membantu Anda dalam mengobati kaki bengkak secara alami tanpa efek samping selain menjadi obat tradisional kolesterol yang ampuh.

  • Caranya: Sediakan biji ketumbar 3 sendok makan bersama dengan air sebanyak 3 gelas air. Air dapat Anda rebus hingga airnhya berkurang sampai ½ gelas. Angkat, tiriskan, lalu ½ gelas itu bisa Anda minum dengan aturan konsumsi sehari 3 kali.

(Baca juga: penyebab kaki bengkak)

9. Kentang

Kentang yang kaya akan kandungan karbohidrat adalah juga bahan yang bisa dijadikan obat tradisional pembengkakan pada kaki.

  • Caranya: Sediakan sebuah kentang yang ukurannya cukup besar yang kemudian Anda bisa rebus lebih dulu. Dinginkan sebelum Anda dapat menghancurkan atau melumatkannya. Hasil lumatan inilah yang Anda bisa oles langsung ke area kaki yang sakit; pakailah kain katun yang bisa dibungkus selama kurang lebih setengah jam.

10. Brokoli

Salah satu jenis sayuran yang sebetulnya bernutrisi tinggi ini memang kurang begitu disukai anak-anak, namun ternyata menawarkan manfaat besar bagi kesehatan kaki bengkak.

  • Caranya: Sediakan sejumlah brokoli yang dalam keadaan segar, cuci bersih, lalu blenderlah sampai halus sesudah dicampurkan dengan air. Oleslah ramuan ke kaki yang bengkak dan nyeri, lalu gunakan kain katun untuk membungkusnya selama kira-kira 20 menit sebelum dibilas menggunakan air hangat.

(Baca juga: cara mengecilkan betis kaki)

11. Kubis

Kubis adalah jenis sayuran lainnya yang rupanya dapat mengobati masalah kaki bengkak yang tak kunjung sembuh dengan kandungan-kandungan baiknya.

  • Caranya: Daun kubis harus Anda rendam lebih dulu di dalam semangkok air kurang lebih setengah jam. Lalu, lanjutkan dengan menekan-nekannya sesudah direbus di area kaki yang nyeri dan membengkak. Kain katun bersih bisa Anda pakai sebagai pembungkus setelah diobati, lalu tunggu semalaman, kemudian proses ini Anda perlu ulangi lagi hingg 3 hari demi meredakan bengkak dan rasa nyeri.

12. Bawang Putih dan Kunyit

Terlepas dari efek samping bawang putih, bumbu dapur ini kaya akan sifat anti-inflamasi, begitu pula dengan kunyit sehingga pasti ampuh dalam mengatasi masalah kaki bengkak.

  • Caranya: Sediakan bawang putih secukupnya untuk dilumatkan, lalu campurkan bersama dengan bubuk kunyit. Ramuan yang sudah jadi dapat Anda oles di area kaki yang bengkak serta nyeri. Asalkan digunakan rutin, Anda bisa meredakan dan kemudian menyembuhkan pembengkakan.

(Baca juga: penyebab kaki terasa panas dan kesemutan)

13. Cabe Rawit

Capsaicin ada di dalam cabe rawit dan ternyata kandungan tersebutlah yang diyakini mampu menjadi penyembuh rasa nyeri serta pembengkakan di kaki.

  • Caranya: Sediakan bubuk cabe rawit sebanyak 2 sendok makan, lalu campur bersama minyak zaitun hangat 1 ½ cangkir saja. Campuran yang sudah jadi bisa Anda terapkan di area kaki bengkak lalu membiarkannya selama maksimal 20 menit. Ada efek menenangkan yang Anda peroleh untuk kaki Anda yang bengkak.

14. Minyak Zaitun

Minyak zaitun ternyata bisa juga digunakan sebagai obat tradisional untuk kaki Anda yang membengkak dan tak kempis-kempis.

  • Caranya: Sediakan minyak zaitun yang bisa Anda panaskan lebih dulu, lalu Anda dapat memijat-mijatnya sebentar dengan ringan selama 10 menit. Melakukan ini setiap hari dijamin akan menyembuhkan kaki bengkak secara efektif tanpa efek samping.

(Baca juga: penyebab kaki lemas)

Daftar Obat Tradisional Lainnya untuk Kaki Bengkak

Selain dari yang sudah disebutkan di atas, masih ada sejumlah bahan-bahan alami yang jelas akan secara empuh menyembuhkan kaki bengkak dan nyeri Anda, yakni:

  1. Dandelion
  2. Cuka putih.
  3. Cuka sari apel.
  4. Garam
  5. Air lemon.
  6. Magnesium

(Baca juga: kaki mati rasa)

Itulah daftar obat tradisional kaki bengkak yang akan secara alami serta mujarab menolong Anda untuk kembali sehat tanpa efek samping yang membahayakan.