12 Penyebab Kaki Lemas Tak Bertenaga

Penyebab kaki lemas merupakan indikasi bahwa telah terjadi sebuah kelainan pada kondisi jaringan kaki akibat aktivitas yang berlangsung terus menerus. Masalah kaki lemas dapat dialami segala usia terlepas seberapa sering dan kerasnya seseorang menggunakan kakinya dalam beraktivitas sehari-hari.

Faktor penyebab
Penyebab kaki lemas dapat terjadi karena berbagai alasan yang berbeda namun mempunyai dampak buruk yang sama, yaitu sebagai berikut :

1. Adanya luka yang meradang
Penyebab Kaki lemas dapat dialami oleh anak anak dan orang dewasa yang biasanya disebabkan adanya kelemahan fungsional anggota motorik pada jaringan kaki yang terjadi justru bukan dikarenakan gangguan sistem saraf tetapi karena adanya luka terbuka yang meradang pada area kaki sehingga kaki mudah terasa lemas ketika digunakan untuk berjalan dalam jarak pendek.

2. Kelelahan
Kelelahan akibat aktivitas rutin harian bisa menjadi penyebab kaki lemas dan akan terulang kembali pada keesokan harinya jika anda tidak mengatasinya segera.

3. Akibat obat bius
Seseorang yang mengalami proses operasi akan mendapatkan obat bius sebagai penahan rasa sakit ketika operasi berlangsung. Namun ketika efek obat biusnya berkurang dan hilang maka seseorang tersebut akan merasakan lemas pada kakinya dan mengalami mati rasa sisa dari pembiusan yang masih tertinggal.

4. Depresi berat
Seseorang yang terserang stres dan depresi berat dalam jangka panjang maka tubuhnya akan diserang kelelahan karena seluruh saraf otak dan saraf tubuh lain saling berkontraksi dan bekerja berat untuk terus melindungi tubuh dari ketidakseimbangan tubuh. Depresi berat dapat menyebabkan kerseimbangan tubuh menjadi terganggu. Depresi dapat memicu kaki menjadi mudah lelah dan lemas.


5. Obesitas
Seseorang yang terserang obesitas dan tidak ingin menurunkan berat badannya dengan pola makan tang lebih sehat maka akan mengalami gangguan pada saraf saraf kakinya ketika berjalan atau beraktivitas dalam waktu yang cukup panjang. Tubuh yang memiliki kadar lemak yang tinggi menyebabkan tubuh mudah lelah dan kaki lemas.
Baca juga : Penyebab obesitas tubuh

6. Alkohol
Alkohol bersifat panas dan mampu mengiritasi organ internal tubuh termasuk pembuluh darah dan saraf sarf kaki. Pembuluh darah kaki yang terganggu otomatis akan memicu kelelahan dan otot iotot kaki menjadi lemas dan tidak mampu untuk digerakakn dengan nyaman.

7. Cafein
Minuman yng memgandung cafein jika berlebiha mengendapaa dalan darah maka akan menyumbat aliran darah dipembuluh arteri termasuk mengagnggun otot dan saraf pada kaki. Cafein mampu merusak jaringahn otot kaki dan kaki akan selalu merasa nyeri serta mudah terasa lemas jika dipakai untuk berjalan jauh.

8. Obat obatan
Zat kimia yang ada pada obat obatan jenis apapuhn jika dikonsumsi secra berlebihan dan jangka panjang dapat menyebabkan otot kaki cedera dan menderita peradangan. Otot dan saraf yang terganggu akibat endapan zat kimia obat obatan dapat menyebabkan aliran adarh tersendat dan memungkinkan seseorang merasa kakinya mudah menderirta lemas .

9. Kurang asupan gizi
Tubuh yang kekurangan zat gizi seimbang dalam jangka panjang menyebabkan otot, saraf, pembuluh darah dan peredaran darah. Pada seputar tubuh termasuk area kaki jadi terhambat akibatnya tubuh mudah kelelahan dan terjadi penurunan daya tahan tubuh yang bisa mempengaruhi kemampuan kaki untuk bertahan berdiri, duduk dan berjalan dengan normal.

10.Kurang olahraga
Olahraga apapun ayang dilakukan dengan teratur sangat baik untuk menjaga kondisi otot dana saraf saraf nagian kaki agar tertap kuat, Stabil dan lancar. Olahraga dapat melunturkan berbagai zat racun yang bersembunyi didalam jaringan kaki penyebab kaki mudah lemas dan kebas. Baca juga : Akibat kurang Olahraga

11. Kurang tidur
Tidur yang kurang dari 7 sampai 8 jam pewrharinya bagi orang dewasa akan menyebabkan daya tahan tubuh mudah menurun dan mengacaukan kinerja jaringan kakai sehingga mudah terasa lemas dan lemah ketika dipakai untuk beraktifitas.
Baca juga : Bahaya akibat kurang tidur malam


12. Penyakit rematik
Seseorang yang memiliki riwayat penyakit rematik yang belum atau sudah disembuhkan harus berhati hati untuk tidak melakuakn kegiatan yang dapat memicu remjatik datang lebih parah lagi, Misalnya tidak mandi pada malam hari, Tidajk tidur pada lantai tanpa alas atau rajinlah menmgkonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung kalsium, B komplex, Vitamin D dan C .
Baca juga : Jenis rematik

Solusi

Tips cara mengatasi kaki lemas agar mudah disembuhkan :

  • Pola makan sehat
  • Olahraga teratur
  • Tidak merokok
  • Tidak minum minuman beralkohol
  • Kurangi minuman bersoda
  • Kurangi makanan pedas dan asin
  • Kurangi cafein
  • Hindari stress
  • Istirahat yang cukup
  • Cukup minum air putih
  • Mengkonsumsi suplemen tambahan yang didalamnya terdapat vitamin dan mineral lengkap.

Penyebab kaki lemas dapat pula disebabkan karena seseorang tidak mau bergerak dalam arti kata malas untuk berjalan dan kebiasaan mengandalkan kendaraan untuk beraktivitas.
Kaki yang dibiasakan tidak banyak bergerak sejak usia muda dapat mudah mengalami pengapuran dan osteoporosis dini karena kaki yang jarang bergerak menyebabkan saraf, otot dan pembuluh darah pada kaki tidak terlatih untuk meregang sehingga penyumbatan karena konsumsi gula, garam dan makanan yang mengandung minyak jenuh mudah mengendap dalam darah. Dengan rajin bergerak kelebihan gula dan garam dalam darah akan terakumulasi menjadi energi dan terbuang dalam bentuk racun yang keluar melalui urin dan keringat.

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Kaki