11 Obat Nyeri Sendi Tangan Secara Tradisional Dan Medis

6815

Obat nyeri sendi tangan adalah ramuan berbentuk tradisional maupun medis yang digunakan untuk tujuan penyembuhan nyeri sendi di area tangan. Nyeri sendi pada tangan dapat terjadi semua orang dan usia apapun terlepas dari apa dan seberapa beratnya aktivitas yang dilakukan sehari hari. (Baca Juga: Nyeri Sendi BahuObat Herbal Nyeri Sendi)

Penyebab Nyeri Sendi Pada Tangan

Nyeri sendi pada tangan dapat terjadi pada area tangan yaitu pergelangan tangan, Siku ataupun jari jari tangan. Penyebabnya setiap individu adalah berbeda beda, Diantaranya:

  1. Keseleo atau terkilir karena posisi dan penggunaan tangan yang salah atau bergerak secara spontan tetapi tidak simetrids dengan apa yang sedang terjadi misalnya tangan terlalu miring, Terlalu rendah atau tinggi ketika mengangkat sesuatu dan sebagainya. (Baca Juga: Obat Keseleo LututCara Mengatasi Keseleo Pergelangan Kaki )
  2. Akibat patah tulang dan mengalami cedera berat ketika kecelakaan, Karena tangan terbentur atau terhantam keras pada medan yang juga keras misalnya jalan raya, Lantai, Tangga dan sebagainya. Memar pada tangan dapat menimbulkan rasa nyeri dan pembengkakan karena telah terjadi kerusakan jaringan tendon.Tahap penyembuhan patah tulang dapat dilihat dari parah tidaknya kondisi jaringan otot diarea tangan.
  3. Terserang artritis atau radang sendi akubat sendi diarea tangan mengalami radang aadan pendarahan serta keretakan tulang sendi ringan yang jika tidak segera diatasi akan menyebabkan posisi sendi tidaka kan simetris lagi ketika telah mengalami kepulihan atau sembuh. (Baca Juga: Obat Sakit Lutut Kaki Kanan)
  4. Mengalami carpal tunnal syndrome yaitu ada arasa terbakar, Mati rasa, Kesemutan, Otot tangan melemah yang sakitnya dapat melebar kearah siku.Kondisi disebabkan karena kehamilan, Menopause, Obesitas dan terlalu berlebihan menggunakan tangan sebagaia medioa untuk mengetik, Menulis, Menjahit dan lain lain. (Baca Juga: Obat Herbal Kesemutan)
  5. Karena adanya kelainan pada jaringan tiroid yang menyebabkan pembengkakan pada area getah bening yang rasa nyerinya dapat mengarah ketangan.
  1. Osteoporosis adalah salah satu penyebab munculnya sakit sendi pada area tangan akibat telah terjadi pengapuran karean kurangnya zat kalsium dan terlalu banyak zat asam urat didalam darah yang membentuk Kristal lalu melekat pada sendi tangaan yang menyebabkan pegal, Nyeri dan kaku untuk digerakkan. (baca Juga: Ciri Ciri Osteoporosis)
  2. Kista ganglion yaitu dimana Kristal pada jaringan lunak telah terjadi pada persendian tangan termasuk pergelangan tangan dan jari jari tangan yang justru menekan saraf maka timbullah rasa nyeri.
  3. Kien bock yaitu semacam penyakit yang menyerang salah satu tulang rawan dibagian tangan yang menyebabkan kerusakan progresif ketika pasokan darah berisi oksigen mengalami penyumbatan. (Baca Juga: Cara Mengobati Tangan Gemetar)

Gejala Nyeri Sendi Pada Tangan

Nyeri sendi terutama pada area tangan akan memiliki gejala umum yang mudah diketahui

  1. Sendi bagian tangan terasa nyeri, Kaku dan merasa tangan melemah ketika melakuakn seseuatu misalnya mengangkat benda yang sebenarnta tidak terlalu berat. Hal ini disebabkan karena otot otot pada tangan mengalami kelemahan fungsi.
    2. Persendian pada area tangan akan terlihat lebih menonjol ketika peradangan berat telah terjadi dan anda belum menyadarinya.
    3. Muncul pembengkakan akibat peradngan pasa sendi dan timbul kesulitan untuk melakukan pergerakan secara berulang.
    4. Mengalami bunyi seperti gemeretak yaitu seolah olah telah terjadi ada benturan antara satu dengan tulang lain ketika tangan digerakan.
    5. Kondisi tulang yang dilapisi daging dan kulit akan terasa lebih lunak dari baisanya ketika mendaapat sentuhan.

(Baca Juga: Nyeri Sendi Lutut , Penyebab Tangan Kaku)

Obat Nyeri Sendi Tangan

Ada dua jenis obat yang bisa direkomendasikan sebagai tips mengatasi atau sebagai penyembuh nyeri sendi terutama pada tangan. Diantaranya:

  • Secara tradisional

1.Akar beluntas

Beluntas adalah obat nyeri sendi tangan yang manjur menyembuhkan rasa nyeri. Ambillah Beberapa akar beluntas dicuci lalu dipotong potong kemudian direbus dengan takaran dua gelas air dimana siap diminum ketika air telah menyisahkan satu gelas saja. Setelah mendidih lalu dinginkan kemudian saringlah airnya untuk kemudian dikonsumsi dua kali sehari agar rasa nyeri sendi pada area pergelangaan tangan, Siku dan jari jari dapat berkurang dan sembuh. (Baca Juga: Cara Mengatasi Tulang Belakang Sakit)

2.Daun landep dan kapur sirih

Ambilah beberapa daun landep dan campurjakan dengan kapur sirih dihaluskan secara bersamaan lalu jadikan seperti bubur atau pasta kental. Daun landep dan kapur sirih adalah salah satu obat nyeri sendi tangan yang cukup efektif dalam mengatasi nyeri sendi. Oleskan ramuan herbal manjur ini pada area tangan yang mengalami nyeri sendi. Khasiat ramuan ini dapat menghilangkan pembengkakan, Menghilangkan nyeri dan mengurangi kekauan pada tangan yang awalnya sulit digerakkan. (Baca Juga: Bahaya Kapur Sirih , Obat Alami Sakit Pinggang)

3.Akar sembung dan Daun gandarusa

Ambilah 30 gr akar sembung dan 60 gr daun gandarusa lalu bersihkan kemudian rebuslah keduanya dengan takaran 3 gelas air sampai medidih dan meninggalkan satu gelas saja. Minumlah ramuan ajaib ini dua kali sehari agar nyeri sendi pada area tangan menghilang. Akar sembung dan daun gandarusa merupakan obat nyeri sendi tangan yang cukup baik digunakan untuk anak anak dan dewasa. (Baca Juga: Obat Herbal Rematik , Obat Sakit Tulang

4.Daun kumis kucing dan daun meniran

Daun kumis kucing dan daun meniran adalah obat nyeri sendi tangan yang tidak banyak orang tahu manfaatnya bagi kesembuhan sakit sendi khususnya pada area tangan. Daun kumis kucing dan daun meniran dapat dicuci terlebih dahulu kemudian rebuslah dengan takaran air satu gelas dan menyisaahkan hanya ¾ gelas saja. Ramuan manjur ini dapat menyembuhakn kekauan dan rasa nyeri pada area tangan aayang muncul secra berulang atau tidak teratur, Minumlah dua kali sehari hingga nyeri sendi benar benar hilang. (Baca Juga: Obat Ginjal Bocor  , Cara Mengobati Batu Ginjal)

5.Daun pandan wangi

Ambilah dua daun pandan wangi dan bersihkanlah kemudian potong kecil kecil untuk kemudian dihaluskan bersama minyak kelapa murni kemudian panaskan. Gunakan minyak herbal ini pada area tangan yang mengalami nyeri akibat peradangan atau pembengkakan pada sendi. Daun pandan merupakan obat nyeri sendi tangan yang cukup mumpuni dalam menyembuhakn rasa nyeri luar biasa pada area persendian tangan. (Baca Juga: Obat Tradisional Rematik )

6.Daging lidah buaya

Ambilah lender atau daging lidah buaya dari satu lembarnya yang berukuran besar. Cucilah terlebih dahulu kemudian potong potong menjadi beberapa bagian, Setelah itu Haluskan dengan menggunakan blender. Oleskan ramuan sederhan ini sambil dipijat pijat ringan pada area tangan yang mengalami nyeri sendi termasuk pergelangan tangan . Manfaatnya dapat menjadi obat nyeri sendi tangan yang mampu memperbaiki jaringan sendi yang mengalami peradngan, Pembengkakan dan menghilangkan rasa sakitnya. (Baca Juga: Khasiat Lidah Buaya , Cara Mengatasi Kepala Botak Depan)

7.Mustard oil dan kapur barus

Ambilah 10 sampai 15 gr kapur barus dan 1 ½ cangkir ukuran sedang mustard oil lalu campurlah keduanya dan aduklah hingga merata. Kedua bahan ini dapat dijadikan sebagai obat nyeri sendi tangan herbal yang aman dan manjur dalam menyembuhkan rasa terbakar pada sendi pergelangan taangan, Siku dan jari jari. Oleskan dua kali sehari dengan perlahan. (Baca Juga: Bahaya Kapur Barus)

8.Rimpang Lengkuas atau lengkuas

Parutlah lengkuas dan letakkan pada kain yang tipis untuk kemudian diperas airnya. Oleskan air lengkuas tersebut pad atangan yang menderita nyeri sendi berulang ulang dan setiap hari terutama sebelum tidur malam, agar nyeri pada sendi berkurang dan peradngan yang telah terjadi mudah disembuhkan. Rimpang lengkuas terkenal sebagai obat nyeri sendi tangan yang bisa cepat menyembuhkan rasa nyeriu dan meringankan peradngan yang telah terlanjur terjadi akibat cedera atau benturan keras. (Baca Juga: Obat Sakit Lutut)

9.Bangle

Ambilah rimpang bangle lalu cucilah sampai kulitnya hilang, Potong potong kemudian rebuslah dengan menggunaka takaran air dua gelas hingga memndidih. Gunakan airnya sebagai obat nyeri sendi tangan ketika air telah menyisahkan satu gelas saja. Tunggulah hingga dingin lalu saringlah. Ramuan sederhana tetapi ampuh meredakan rasa nyeri pada pembengkakan diarea tangan ini dapat minum dua kali sehari. (baca juga: Bahaya Minum Jamu)

  • Secara medis

1.Acetaminophen

Mengkonsumsi obat pereda rasa sakit acetaminophen jenis paracetamol dengan kadar yang sebelumnya telah dianjurkan oleh dokter yang terkait. Obat ini ditujukan sebagai obat nyeri sendi tangan bagi tua maupun muda. (Baca Juga: Obat Tradisional Kaki Bengkak)

2.Non-steroidal

Menggunakan obat jenis non-steroidal anti inflammatory drug misalnya golongan aspirin, Ibuprofen dan naproxen sodium yang dinayatakan sebagai obat nyeri sendi tangan yang cukup ampuh dalaam menagatsi nyeri dan kekauann sendi tangan yang menagalami pembengkakan akibat radang Yang tujuannya untuk merdakan rasa nyeri, Mengempiskan pembengkakan dan mengurangi kekauan pada tangan . (Baca Juga: Obat Kaki Terkilir)