Home Tips KesehatanKesehatan Tulang 13 Cara Mengatasi Tulang Belakang Sakit Paling Efektif

13 Cara Mengatasi Tulang Belakang Sakit Paling Efektif

by Fenny Cresi Damayanti

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa cara yang dapat dipilih untuk mendapatkan kesembuhan dari serangan sakit tulang belakang yang biasa mendera. Sebelum masuk pada topik bahasan ada baiknya juga bila kita sedikit menambah wawasan mengenai beberapa penyebab yang biasa menimbulkan munculnya sakit tulang belakang yakni sebagai berikut ini. (Baca juga: Penyebab Sakit Tulang Belakang , Tanda-tanda TBC Tulang Belakang)

Penyebab Sakit Tulang Belakang

  1. Alas serta posisi tidur yang tidak sempurna, baiknya ambil posisi miring untuk mendapatkan efek relaks maksimal pada tubuh anda termasuk area punggung dan tulang belakang.
  2. Gaya hidup buruk semisal penggunaan heel tinggi yang digunakan seringkali dalam keseharian juga akan memicu munculnya beban pada punggung yang jika dibiarkan secara berkesinambungan akan bermanifestasi pada nyeri tulang belakang ataupun juga semakin meningkatnya ancaman cidera yang mungkin menganccam penderita.
  3. Akibat adanya infeksi beberapa mikroba juga bisa berpotensi memunculkan gejala ataupun keluhan nyeri pada tulang belakang.
  4. Beberapa kelainan tulang belakang juga menimbulkan rasa nyeri baik yang tersebab lantaran posisi abnormal maupun pada susunan tulang itu sendiri yang mengalami ketidaksempurnaan semisal pada penyakit kerapuhan tulang osteoporosis maupun radang sendi semisal osteoarthritis dan seterusnya.

(Baca Juga: Penyebab Kelainan Tulang Belakang , Bahaya Retak Tulang Belakang)

Cara Mengatasi Tulang Belakang Sakit

1. Operasi discectomy

Operasi tulang belakang yan satu ini memang biasanya dijadikan sebagai opsi terakhir mengingat bahwa setiap operasi atau pembedahan selalu memiliki resiko masing-masing bahkan yang terparah yakni kegagalan operasi dapat pula mengancam jiwa penderita yan tengah menjalaninya. Namun sebagai penambah wawasan pada umumnya operasi discectomy ini dilakukan apabila terdapat gangguan pada tulang belakang utamanya pada permasalahan tonjolan disk yang sangat mengganggu persyarafan area tulang belakang sehingga menimbulkan keluhan nyeri tak terperi pada penderitanya. (Baca Juga: Pencegahan Flu Tulang , Bahaya Rematik)

2. Operasi laminectomy

Sedangkan operasi yang satu ini juga berkaitan erat akan adanya gangguan syaraf sekitar tulang belakang lantaran gangguan abnormalitas pada pemosisian disk tulang belakang yang menimbulkan rasa nyeri pada penderita. Nah untuk mengurangi keluhan ini dokter tidak berfokus pada pengambilan tonjolan disk yang seperti dilakukan pada operasi discectomy namun menggunakan pedoman teori yang lebih mengarah pada fusi maupun dekompresi yang dilakukan pada area dimana di sana terdapat penjepitan syaraf secara abnormal yang menimbulkan keluhan nyeri dan sakit pada penderita tersebut. (Baca juga: Penyebab Sakit Punggung , Jenis Terapi Syaraf Kejepit)

3. Suntik kortikosteroid

Suntik satu ini ditujukan pada area tulang belakang ataupun punggung dengan tujuan untuk mengatasi rasa sakit maupun nyeri yang kerap melanda penderita. Suntikan ini sendiri harus dilakukan dalam pengawasan ahli medis dan menggunakan takaran dosis yang sesuai. Lantaran suntikan obat satu ini memiliki ragam efek samping maka penggunaannya pun tidak disarankan dengan main-main atau tanpa menggunakan panutan yang tepat dan terpercaya dalam bidangnya.(Baca juga: Kelainan Tulang Belakang , Terapi Punggung Bungkuk)

4. Biofeedback

Ini merupakan sejenis alat canggih yang dapat digunakan sebagai terapi pada sakit tulang belakang maupun punggung tanpa harus mengonsumsi obat-obatan. Dengan biofeedback maka terapi langsung menuju pada syaraf pusat yang terletak pada otak untuk dimaksimalkan dalam pengendalian rasa nyeri yang lebih efektif. Tak berhenti sampai disitu saja alat ini juga mampu membantu untuk mengatur laju edar darah dan juga membantu mengatur ketegangan otot sehingga dapat secara efektif untuk difungsikan sebagai alat terapi mutakhir demi mengurangi rasa sakit punggung maupun tulang belakang dengan optimal. (Baca Juga:  Jenis jenis Penyakit Syaraf , Ciri Ciri Syaraf Kejepit)

5. Bertemu psikolog

Jangan dulu memutuskan untuk berasumsi bahwa ak ada hubungan antara sakit punggung aau tulang belakang dengan keadaan psikis seseorang yang menderitanya. Buktinya telah cukup banyak orang membuktikan bahwa saat mereka mengalami gangguan nyeri pada punggung atau tulang belakang dan berkonsultasi dengan psikolog maka mereka bisa lebih terbuka untuk menerima saran dengan lebih efektif lantaran mereka merasa berkomunikasi dengan seorang psikolog terbukti layak dicoba dan juga memberi banyak dorongan positif layaknya mereka bisa membaca apa yang dibutuhkan oleh pasiennya. (Baca Juga:Sakit Punggung Sebelah Kiri , Cara Mencegah Tulang Keropos)

Dalam dunia psikologi yang terhubung dengan melayani penderita sakit fisik dalam kasus ini sakit punggung atau sakit tulang belakang maka seorang psikolog bertugas untuk memberi dorongan positif serta membantu penderita untuk memaksimalkan pikiran positif utamanya untuk merubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan jauh dari stres semisal mendukung penderita untuk lebih aktif bergerak maka secara berangsur permasalahan fisik semisal sakit tulang belakang pun juga ikut bisa untuk tertangani dan tersembuhkan. Karena biar bagaimanapun pikiran memang mengendalikan sebagian besar daripada kinerja tubuh kita sendiri secara keseluruhan.

6. Akupunktur

Sebagai opsi yang layak dipilih menemui ahli akupunktur juga bisa anda jadwalkan demi mengurangi sakit pungung atau sakit tulang belakang yang tengah anda derita. Pengobatan klasik dengan ahli yang berfokus dengan menggunakan teknik tempelan jarum pada titik-titik utama dalam tubuh anda ini juga berpotensi efektif untuk digunakan demi melakukan terapi menghilangkan sakit punggung maupun sakit tulang belakang yang tengah mendera.(Baca Juga: Manfaat Akupuntur Pelangsingan , Efek Samping Akupuntur)

7. Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation

Stimulasi jaringan syaraf dengan fokus menggunakan tenaga listrik tekanan rendah untuk mengurangi sakit punggung atau sakit tulang belakang ini mungkin memiliki cara kinerja penyembuhan yang hampir sama dengan akupunktur yang menanamkan jarum selama beberapa waktu pada titik-titik yan penting dalam tubuh kita demi mengatasi rasa nyeri yang sering mendera. Namun bedanya yakni jika stimulasi syaraf canggih yang satu ini menggunakan aliran listrik yang difungsikan sebagai tukang blok bagi serangkaian rasa nyeri yang biasa mendera bagian punggung maupun tulang belakang kita yang pastinya mengarah pada teknologi medis yang mana jika akupunktur lebih cenderung ke pengobatan yang tradisional turun-temurun. (Baca juga: Makanan yang Baik untuk Syaraf Kejepit)

8. Terapi pijat

Pada proses penyembuhan nyeri pada tulang belakang atau punggung sangta disarankan pemijatan dilakukan oleh tenaga profesional utamanya yang telah bersertifikat dan terpercaya. Pada pemijatan ini sendiri terkandung terapi terarah untuk bertujuan utama mengurangi rasa sakit yangs ering dikeluhkan oleh para penderita. Terapi pijat terbukti secra pelan nan pasti dapat efektif untuk digunakan sebagai cara terapi nyeri tulang belakang. Dengan pemijatan teratur juga mampu memberikan peningkatan penyembuhan pada penderita dengan adanya pemulihan semisal posisi abnormal yang terjadi di sepanjang jejeran tulang belakang. Selain daripada itu peminjatan dengan teknik mumpuni juga terpercaya mampu memaksimalkan aliran darah maupun kelenturan otot yang bagus untuk meningkatkan kondisi kesehatan pasien secara umumnya.(Baca juga: Penyebab Biang Keringat di Punggung , Pengaruh Asam Lambung terhadap Nyeri Punggung)

9. Terapi suhu

Terapi yang satu ini juga berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian punggung atau tulang belakang dan juga berfungsi untuk semakin melancarakan sirkulais darah pada area punggung utamanya. Caranya yakni dengan meletakkan kompres pertama dengan menggunakan air dingin atau bahkan es lalu setelah menunggu beberapa saat kemudian cobalah juga untuk tambahkna kompres lain berganti dengan kompres hangat yang dapat menjadi penyeimbang dan memberi efek kejut otot yang bagus bagi punggung anda untuk merasakan stimulai relaksasi. (Baca Juga: Terapi Air Putih , Cara Terapi Epilepsi)

10. Berendam air hangat

Mandi ataupun juga berendam dengan menggunakan air hangat juga biasanya disarankan bagi anda yang sering merasakan keluhan nyeri pada bagian punggung maupun tulang belakang. Hal ini sangat bagus sebagai cara relaksasi otot maupun psikis anda. Secara teori kemungkinan besar menggunakan rendaman suhu tinggi ini juga tak jauh berbeda dengan patokan pada terapi kejut dengan pergantian suhu berlawanan. Tak ada salahnya anda mencoba mandi dan berendam air hangat juga untuk menurunkan intensitas pegal-pegal tubuh yang mungkin anda rasakan selepas letih beraktifitas harian. (Baca Juga: Bahaya Mandi Air Hangat)

11. Olahraga

Kala anda utamanya tengah terserang nyeri punggung atau tulang belakang maka ada baiknya anda menghindari tidur rebahan atau istirahat terdahulu. Hal ini penting bagi anda ketika anda tengah mengalami nyeri punggung maka ada baiknya anda gunakan waktu anda untuk menggerakkan badan anda mulai dari berjalan santai, berlatih yoga maupun berenang dan seterusnya. Ternyata langsung merebahkan posisi tidur saat nyeri punggung melanda justru dapat berpotensi menimbulka komplikasi penyakit lainnya mendera tubuh kita secara bersamaan. (Baca juga: Cara Agar Nafas Panjang Saat Berlari , Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Berolahraga)

12. Terapi fisik

Cara satu ini dapat anda jadikan opsi untuk mengurangi keluhan nyeri punggung yang biasa mendera. Biasanya terapi fisik akan memerlukan seorang ahli untuk membimbing anda secara terarah mulai dari memperbaiki postur agar menjadi lebih baik maupun juga melatih anda dengan gerakan-gerakan pelenturan otot demi berkurangnya gejala nyeri yang sering anda keluhkan. (Baca juga: Pertolongan Pertama pada Patah Tulang , Ciri-ciri Flu Tulang)

13. Obat medis

Ada beberapa jenis obat nyeri punggung yang bisa kita dapatkan di pasar obat dengan resep ahli medis. Yakni jenis asetaminofen, nonsteroidal anti inflammatory drugs maupun juga bisa menggunakan resep obat anti depresan. Semua obat-obatan penghilang nyeri ini sudah selayaknya didapatkan melalui pengawasan ahli medis yang terpercaya. Dan juga pengunaan obat anti depresan dinilai mampu mengurangi rasa nyeri yang timbul lantaran secara misterius mampu menekan titik-titik syaraf rasa nyeri yang biasanya menyerang penderita semisal pada area punggung mereka. Semoga bermanfaat ya. (Baca Juga: Obat Nyeri Otot Bahu )

You may also like