Home Tips KesehatanKesehatan Kulit 15 Penyebab Biang Keringat Di punggung dan Cara Mengatsinya

15 Penyebab Biang Keringat Di punggung dan Cara Mengatsinya

by Henny Anugerah

Penyebab biang keringat di punggung umumnya muncul ketika keringat tidak mampu untuk keluar dari sumbatan pada saluran kelenjar keringat secara normal. Biang keringat adalah ruam ruam kemerahan dan terkadang menonjol yang jika digaruk akan menyebabkan gatal dan memicu iritasi setelahnya.Biang keringat dapat menyerang siapa saja dan sudah saatnya kita mengetahui cara mengobati biang keringat pada bayi,Dewasa dan anak.

Jenis Jenis Biang Keringat

  • Biang keringat Profunda – Biang keringat jenis profunda sangat jarang terjadi tetapi tetap masih beresiko terjadi dimasyarakat. Dampak dari biang keringat ini dapat merusak dermis kulit pada bagian yang terdalam dan seringkali menyerang pada orang dewasa dimana ruam ruan kemerahan terbentuk dengan ukuran yang besar dan lebar lebar.
  • Biang keringat Rubra – Biang keringat jenis Rubra sering datang pada bagian dalam kulit yang disebabkan karena cuaca yang terik dan panas, Sehingga kelembaban tubuh meningkat.Ruam ruam merahnya dapat menyebabkan sensasi rasa seperti terbakar, Perih dan gatal gatal. Kulit akan mudah iritasi dan dan mengalami peradangan jika digruk dengan keras.
  • Biang keringat Pustulosa – Biang keringat jenis pustulosa berbentuk ruam ruam merah dan berisi cairan ayng apabila pecah maka akan memberikan sensasi rasa panas, Gatal, Perih , Timbul peradangan dann terkadang berisi nanah yang dapat menyebabkan seseorang terserang demam ringan.
  • Biang keringat Kristalina – Biang keringat jenis kristalina adalah jenis yang paling ringan dan mudah menyerang anak anak atau orang dewasa yang biasanya berupa ruam merah berisi cairan yang jernih tetapi mudah pecah ketika tersentuh jari tanpa sengaja. Namun biang keringat ini tidak menyebabkan gatal mauoun iritasi serta sensasi rasa perih yang panas. Biang keringat ini hanya terjadi pada lapisan luar dari kulit.

Ada beberapa faktor pemicu munculnya biang keringat pada anak anak dan orang dewasa

1. Cuaca panas
Penyebab biang keringat di punggung paling sering disebabkan oleh cuaca panas sehingga meningkatkan suhu tubuh dan meningkatkan produksi keringat secara spontan. Keluarnya keringat adalah bentuk dari perlindungan tubuh agar suhu tetap stabil. Namun jika keringat berjumlah sangat banyak dan terjebak pada saluran keringat dan tidak bisa keluar dengan normal maka akan memicu munculnya ruam ruam merah berisi cairan yang apabila di garuk akan memberikan sensasi rasa panas dan gatal .

2. Cuaca dingin
Pada cuaca dingin atau sejuk terutama pada musim penghujan, Tubuh akan mengalami penurunan suhu. Namun cuaca dingin dapat mengakibatkan produksi keringat menjadi semakin banyak ketika seseorang melakukan aktivitas gerak yang membutuhkan tenaga ekstra, Akibatnya muncul penyebab biang keringat di punggung dalam bentuk kecil kecil dan pedih ketika mendapat garukan dan gesekan baju.

3. Kelenjar keringat terlalu aktif
Seseorang yang memiliki kelenjar keringat berlebih, Hanya dengan gerakan sedikit saja maka tubuh akan memproduksi keringat termasuk pada punggung. Keringat tersebut dapat berpotensi memicu munculnya biang keringat. Kelenjar keringat yang aktif hanya dapat dikurangi dengan penggunaan suplemen biotin yang banyak dijual pada apotik dan toko obat lain.

4. Kelenjar keringat belum sempurna
Balita mudah sekali terserang biang keringat pada punggung pada cuaca yang panas, Hal tersebut disebabkan karena kelenjar keringat pada bayi belum sepenuhnya terbentuk dengan sempurna. Untuk mengatasi kelebihan jumlah keringat pemakaian bedak anti radang sangat baik bagi balita.

5. Pakaian tebal
Seseorang yang menggunakan pakaian terlalu tebal pada cuaca yang terik misalnya jaket dan switter, Maka akan menyebabkan produksi keringat di kelenjar keringat menjadi tersumbat dan membentuk sebuah pengendapan yang berisi cairan yang akhirnya menjadi ruam merah yang gatal dan pedih ketika cairan tersebut pecah akibat garukan.

6. Terlalu lama tidur
Pada orang orang yang sedang mengalami sakit dn lama tidak terbangun untuk duduk maka disekitar punggungnya akan banyak ditumbuhi buang keringat yang berbentuk seperti Kristal dan berisi cairan yang gatal serta pedih jika sengaja di garuk oleh tangan atau benda tumpul. Penyebab biang keringat di punggung orang dewasa lebih sering menyerang pada pasien rumah sakit atau orang orang yang menderita sakit dan tidak berdaya untuk duduk. Terlalu banyak tidur membuat suhu punggung menjadi naik dan lembab. Kelembaban yang terus menerus memicu munculnya biang keringat.

7. Penggunaan bedak mengandung mint
Ketika biang keringat muncul dalam jumlah yang masih sedikit hendaknya langsung taburi bedak yang memiliki kandungan minta di dalamnya. Bedak tersebut mampu menghindari kulit dari iritasi , Rasa pedih akibat biang keringat kecil kecil di punggung.

8. Baju tidak ganti
Seseorang yang malas mengganti pakaiannya yang sebelumnya telah bercampur keringat dan kotoran lain. Maka ketika cuaca sedang panas pakaian yang telah terkontiminasi dengan bakteri tersebut mempermudah bakteri untuk mengurai dan berkembang biak bersamaan dengan suhu panas yang sedang terjadi, Akibatnya punggung kan mudah terserang biang keringat .

9. Aktivitas
Aktivitas berat dan memerlukan energi yang aktif misalnya pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk bolak balik mengangkat barang , Maka punggungnya akan berkeringat dan akan kering dengan sendirinya tanpa di seka. Kondisi ini memungkinkan keringat berikutnya akan terjebak pada saluran kelenjar keringat dan tidak akan bisa keluar dengan lancar , Akibatnya punggung akan mengalami serangan biang keringat yang gatal.

10. Stres
Stres yang berat dapat mempengaruhi produksi kerinat padaa kelenjar keringat menjadi tidak stabil. Akibatnya ketika sedang berad pad cuaca yang panas kelenjar keringat kehilangan kemmpuannya untuk mengeluarkan cairan dengan cepat. Keringat yang tersumbat dapat mengakibatkan munculnya biang keringat, Termasuk pada punggung. (Baca juga: Cara mengatasi stres super ampuh )

11. Makanan
Makanan yang pedas dan panas dapat meningkatkan suhu tubuh . Jika terus menerus berkelanjutan akan berdampak pada kelenjar keringat. Kelenjar akan mengalami kesulitan untuk mengendalikan keringat yang keluar dibagian punggung. Akibatnya seseorang akan mengalami biang keringat di punggung dalam jumlah yang cukup banyak.

12.Alergi
Seseorang yang memiliki alergi terhadap cuaca dingin biasanya tubuhnya akan mudah terserang biang keringat atau bintil bintil kecil merah yang berisi cairan. Alergi membuat kelenjar keringat tidak mampu menstabilkan jumlah keringat yang berada dibawah kulit. Kelenjar Keringat akan terhalang dan tersumbat akibat serangan udara dingin. Penyebab biang keringat di punggung yang diakibatkan oleh alergi biasanya dialami oleh anak anak. (Baca juga : Cara mengobati Alergi dingin)

13. Kurang minum
Seseorang yang kurang minum selain akan mengalami dehidrasi ternyata dapat mengacaukan metabolisme tubuh dan merusak kinerja dari kelenjar keringat. Ketika pada cuaca panas dan beraktivitas dengan gerakan yang cepat maka tubuh akan mudah ditumbuhi biang keringat termasuk pada punggung.

14. Ruangan tidak cukup ventilasi
Ruangan yang terlalu rapat dan tidak memiliki ventilasi udara yang memadai dapat membuat udara dan oksigen didalamnya berkurang. Suasana kamar atau ruangan yang tidak memiliki ventilasi udara yang baik memungkinkan seseorang terserang biang keringat secara bertahap. Ruangan yang panas memicu kelenjar keringat untuk memproduksi lebih banyak lagi keringat sehingga dapat menyumbat pori dan saluran kelenjar yang berdampak munculnya biang keringat.

15. Jarang mandi
Seseorang yang jarang mandi atau malas mandi menyebabkan tubuh telah memiliki banyak kuman dan bakteri yang melekat di permukaan kulit. Ketik cuaca panas atau sedang terlibat dengan aktivitas yang membutuhkan banyak gerakan tubuh maka keringat yang sedang keluar akan mengalami sumbatan akibat bakteri atau kuman itu sendiri yang menghalanginya, Akibatnya biang keringat termasuk pada punggung tidak bisa dihindari.

Cara mengatasi

Solusi terbaik menjaga kulit agar tetap sehat dan terhindar dari biang keringat :

1. Pemilihan pakaian
Untuk menghindari serangan biang keringat pada punggung sebaiknya gunakan pakaian yang berbahan dasar katun. Katun adalah salah satu bahan pakaian terbaik dan paling mampu menyerap keringat dengan baik dan menyebabkan suhu tubuh tetap stabil

2. Mandi
Mandi dapat mencegah seseorang terserang biang keringat. Selain dapat membersihkan tubuh dari keringat dan kotoran. Ternyata mandi dapat melancarkan aliran darah dan menstabilkan fungsi kelenjar keringat.

3. Pakaian tidak ketat
Pakaian yang terlalu ketat dapat menekan pembuluh darah dan mengurangi kinerja kelenjar keringat untuk tetap stabil dalam mengendalikan keringat. Ketika sedang beraktivitas berat maka keringat yang keluar tidak akan mampu keluar dengan baik sehingga butiran keringat tersebut mengendap dan membentuk benjolan kecil berisi cairan atau biang keringat.

4. Menggunakan tepung tapioka
Ketika sedang terserang biang keringat ringan pada anak atau orang dewasa sebaiknya oleskan leher dan punggung dengan adonan tepung tapioka yang telah ditambahkan dengan air. Tepung tapioka atau kanji mampu menyerap keringat dengan baik. Dapat menghaluskan kulit secara alami dan mampu mendinginkan pori pori kulit sehingga biang keringat dapat dicegah.

5. Mengoleskan daun krokot
Daun krokot memiliki kemampuan menyerap keringat dan menyembuhkan iritasi serta gatal gatal pada kulit akibat keringat berlebih. Blender beberapa daun krokot yang sebelumnya telah dicuci,Kemudian oleskan pada punggung yang sedang terserang biang keringat.

6. Mengkonsumsi suplemen biotin
Suplemen biotin merupakan nutrisi pengganti makanan yang memiliki kemampuan mengendalikan jumlah keringat di dalam tubuh dan mampu menstabilkan kinerja dari kelenjar keringat. Kelenjar keringat yang stabil senantiasa akan menyebabkan kondisi kulit dalam keadaan normal.

7. Oleskan krim Hidrokortison
Krim hidrkortison merupakan krim yang mampu bertindak sebagai antibiotik dan mampu menyembuhkan gatal gatal serta iritasi akibat serangan biang keringat.

8. Minum obat jenis Antihistamin
Obat jenis antihistamin mampu mengendalikan fungsi kelenjar keringat agar tidak terlalu aktif memproduksi keringat. Penyebab biang keringat di punggung dapat dicegah dengan cepat dengan pemakaian antihistamin secara teratur.

9. Penggunaan calamine cair
Bedak calamine cair dapat mengobati biang keringat yang baru muncul serta mampu menstabilkan kelenjar keringat dari suhu tubuh yang terlalu tinggi akibat cuaca yang terik atau kemarau sehingga biang keringat tidak meluas dan semakin banyak. Penyebab biang keringat di punggung dapat disembuhkan relatif aman dengan penggunaan bedak calamine cair yang memiliki sensasi mendinginkan.

10. Ruangan cukup ventilasi udara
Ruangan atau rumah yang memiliki ventilasi yang cukup memungkinkan udara lama akan tergantikan dengan udra yang baru melalui sinar matahari atau suhu udara. Kondisi tersebut dapat mencegah serangan biang keringat pada tubuh termasuk pada punggung.Penyebab biang keringat dipunggung pada anak anak atau bayi lebih sering karena udara dalam ruangn terlalu sumpek dengan kondisi udara yang pengap. Kondisi ini memicu suasana ruangan menjadi panas dan memicu keringat muncul.

You may also like