18 Cara Mengobati Biang Keringat Pada Bayi, Dewasa dan Anak

Bagi ibu ibu yang memiliki bayi tentu sudah tidak asing lagi dengan biang keringat. Biang keringat sering dialami oleh bayi, orang dewasa maupun balita. Banyak sekali hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami biang keringat ini. Dalam dunia kedokteran biang keringat disebut dengan penyakit kulit miliaria. Miliaria merupakan penyakit kulit yang kebanyakan disebabkan oleh tersumbatnya saluran keringat. Seharusnya keringat bisa dikeluarkan melalui saluran keringat namun pada ada orang yang mengalami penyumbatan di saluran keringatnya biang keringat bisa muncul. Saluran keringat merupakan saluran yang ada di bawah kulit manusia, dalam tubuh manusia terdapat banyak sekali pintu saluran keringat.

Saat saluran keringat tersumbat akibatnya keringat tersebut bisa merembes ke kulit sehingga akan muncul bntik-bintik merah di kulit. Bintik-bintik merah itulah yang disebut dengan biang keringat. Bayi yang mengalami biang keringat biasanya akan rewel sebab merasakan ketidaknyamanan di kulitnya. Oleh sebab itu bagi ibu yang memiliki bayi dengan biang keringat sebaiknya tahu bagaimana cara mengobati biang keringat yang tepat. Berikut ini adah cara mengobati biang keringat yang bisa dilakukan oleh ibu atau orang yang mengalami biang keringat :

  1. Menghindari Panas Berlebih

Biang keringat sering muncul saaat udara terasa begitu panas menyengat. Biang keringat ini biasanya akan muncul saat cuaca sedang panas dan akan menghilang saat cuaca dingin. Oleh sebab itu saat udara atau cuaca sedang panas ada baiknya ibu yang memiliki bayi atau orang yang terkena biang keringat menghindari panas yang berlebihan. Panas yang berlebihan akan menyebabkan anda akan semakin berkeringat. Akibatnya jika terus berkeringat akan membat bintil-bintik biang keringat semakin parah dan semakin terasa gatal.

Baca : Penyebab kelopak mata gatalMakanan yang dapat menyebabkan gatal

  1. Hindari Tempat Lembab

Tempat yang lembab juga akan membuat biang keringat semakin bertambah parah. Jika anda sedang mengalami biang keringat sebaiknya anda menghindari cuaca yang lembab. Cuaca yang lembab seperti udara pegunungan dan angin pantai sebaiknya anda hindari agar biang keringat tidak semakin gatal.

Baca : Penyebab telapak tangan berkeringatBerkeringat saat tidur

  1. Udara yang Sejuk

Cara mengatasi biang keringat yang bisa anda coba adalah dengan membuat ruangan sesejuk mungkin. Anda bisa membantunya menggunakan AC atau kipas angin. Atur udara di dalam ruangan sedemikian rupa agar ruangan terasa sejuk. Udara yang sejuk mampu membuat rasa gatal semakin berkurang dan bisa menghilangkan bintik biang keringat tersebut.

Baca : Bahaya tubuh tidak berkeringatKeringat di telapak tangan dan kaki

  1. Kulit Dingin

Agar bisa mengurangi gejala biang kerigat yang muncul sebaiknya anda menjaga kebersihan kulit anda. Tidak hanya itu saja, sebaiknya anda juga menjaga agar kulit tetap dingin. Kulit dingin dipercaya bisa menurunkan keringat. Menjaga kulit tetap dingin ini bisa anda lakukan dengan cara mandi atau berendam di air dingn. Hal tersebut akan membuat tubuh anda semakin terasa sejuk dan terhindar dari keringat yang berlebihan.

Baca : Penyebab tubuh tidak tahan dinginCara mengatasi alergi dinginCara mencegah alergi dingin

  1. Pakaian yang Longgar

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengobati biang keringat adalah dengan menggunakan pakaian yang longgar. Tentu anda sudah tahu apa hubungannya pakaian yang longgar dengan biang keringat?. Pakaian yang longgar akan membuat tubuh merasakan lebih rileks. Berbeda dengan pakaian ketat yang terlalu menekan tubuh. Pakaian ketat yag terlalu menekan tubuh akan membuat tubuh semakin berkeringat. Efeknya adalah biang keringat akan semakin menjadi gatal akibat keringat yang berlebihan. Oleh sebab itu bagi anda yang memiliki biang keringat sebaiknya menghindari membuat tubuh berkeringat berlebihan.

Baca : Bahaya biang keringat pada bayiBahaya berenang tanpa pemanasan

  1. Obat Antihistamin

Langkah selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi biang keringat yang membandel adalah anda bisa mengkonsumsi obat antihistamin. Obat antihistamin itu bisa anda gunakan sebagai mengatasi biang keringat menggunakan cara oral. Fungsi obat ini adalah sebagai pengurang gatal-gatal yang terjadi di kulit akibat penyumbatan saluran keringat itu. Yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsi obat ini sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter kulit. Obat oral ini bisa menjadi salah satu cara yang bisa anda gunakan ketika obat luar udah tidak bisa mengatasi biang keringat yang anda derita.

Baca : Bahaya makan durian setelah minum obatKegunaan obat aerius desloratadine

  1. Krim Hidrokortison

Obat luar yang bisa anda gnakan untuk mengtasi biang eringat adalah krim hidrokortison. Krim ini sangat efektif untuk meredakan gatal-gatal akibat biang keringat yang anda alami. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskannya di kulit yang ada biang keringat. Naamun krim ini tidak bisa dioelskan ke bagian wajah. Alasannya kulit wajah lebih tipis dibandingkan dengan bagian kulit lainnya sehingga pengaplikasiannya tidak bisa di wajah.

  1. Losion Calamine

Langkah selanjutnya untuk mengatasi biang keringat adalah dengan menggunakan losion calamine. Losion ini bisa anda temukan di toko obat atau di apotek. Orang yang bisa menggunakan losion ini adalah orang yang mengalami biang keringat dan sudah mengalami iritasi.

Baca : Bahaya makan cokelat setelah makan mie

  1. Madu

Ada cara alami yang bisa nda gunakan untuk mengatasi biang keringat yang membandel. Bagi anda yang tidak suka dengan cara kimia anda bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan biang keringat yang menempel di kulit anda. Selama ini memang madu dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Madu dipercaya sebagai pelembab alami dan juga humektan. Berikut ini adalah cara mengobati biang keringat menggunakan madu :

  1. Minyak Jojoba

Cara alami lainnya untuk menghilangkan biang keringat yang membandel adalah anda bisa menggunakan minyak jojoba. Minyak jojoba ini bisa anda dapatkan di toko obat atau apotek terdekat. Minyak jojoba yang melembabkan dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi biang keringat pada kulit. Minyak jojoba ini akan lebih efektif untuk menghilangkan biang keringat jika dicampurkan dengan madu. Cara menghilangkan biang keringat menggunakan minyak jojoba adalah sebagai berikut ini :

  • Campurkanlah dua sendok makan madu asli ke dalam mangkok.
  • Campurkanlah dengan satu sendok makan minyak jojoba.
  • Oleskanlah di badan atau kulit yang ada biang keringatnya.
  • Setelah itu anda bisa mendiamkannya selama 15 menit sampai dengan 20 menit lamanya.
  • Bilas sampai bersih dan tidak ada minyak yang menempel di badan.
  • Anda bisa menggunaka cara ini sebnyak empat kali dalam seminggu agar bintik biang keringat segera menghilang.
  1. Hindari Sinar Matahari

Cara untuk mengatasi biang keringat lainnya adalah dengan melindungi kulit dari sinar matahari. Paparan sinar matahari langsung ke kulit yang ada biang keringatnya bisa membuat gatal-gatal pada kuti tersebut. Orang yang mengalami biang keringat miliria sekunder sebaiknya menghindari cahaya langsung dari cahaya matahari. Ketika berada di luar ruangan sebaiknya melindung diri dan kulit dari sinar matahari secara langsung. Caranya bisa dengan menggunakan topi, jacket atau mengoleskan losion tabir surya ketika keluar rumah.

Baca : Bahaya sinar matahari langsungBahaya sinar matahari di siang hari

  1. Minyak Jarak

Selain minyak jojoba, anda bisa mengobati biang keringat menggunakan minyak jarak. Minyak jarak ini merupakan minyak yang didapatkan dari biji jarak. Minyak jarak termasuk salah satu jenis minyak esensial yang berguna bagi kesehatan kulit. Tidak hanya biang keringat saja, namun minyak jarak ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan kulit. Minyak jarak ini bisa digunakan untuk mengatasi minyak keringat berlebih. Minyak yang berlebihan ini bisa menyebabkan penyumbatan di pori-pori kulit. Jika pori-pori kulit ini tersumbat maka biang keringat ini bisa muncul.

  1. Es Batu

Untuk mengatasi biang keringat lainnya adalah anda bisa menggunakan bantuan es batu. Selama ini es batu dipercaya bisa digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda atau mata hitam. Cara menghilangkan biang keringat menggunakan es batu adalah dengan mengompreskan es batu di bagian kulit yang ada biang keringatnya. Rasa dingin pada es batu bisa menimbulkan rasa dingin di kulit sehingga rasa gatal akan semakin berkurang. Selain dikompres anda bisa langsung menggosokkan bongkahan es batu ke bagian kulit yang terkena biang keringat. Ulangi langkah ini sebanyak tiga kali sampai empat kali dalam sehari.

Baca : Bahaya makan es batu setiap hariBahaya obat batuk kimia

  1. Lidah Buaya

Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya. Lidah buaya selama ini memiliki khasiat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Lidah buaya bermanfaat untuk menebalkan rambut dan mengobati berbagai macam penyakit kulit. Oleh sebab itu tidak salah jika lidah buaya bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti biang keringat. Biang keringat ditandai dengan rasa gatal di kulit bisa diredakan gejalanya menggunakan lidah buaya yang dingin. Cara mengobati biang keringat ini pun sangat mudah sekali yaitu sebagai beikut ini :

  • Ambil satu buah lidah buaya berukuran sedang.
  • Cuci bersih lidah buaya kemudian belah menjadi dua bagian.
  • Setelah menjadi dua bagian, oleskan daging lidah buaya yang putih ke bagian kulit yang mengandung bercak merah.
  • Biarkan hingga mengering sendiri. Setelah kering bilas menggunakan air dingin jangan air hangat. Air hangat justru akan menambah sensasi gatal di kulit tersebut.
  • Lakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari agar biang keringat segera hilang dan gejalanya semain berkurang. ( Baca : Khasiat lidah buaya untuk kulit )
  1. Scrub Gandum

Oatmeal atau gandum tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Oatmeal merupakan makanan yang kaya akan serat sehingga bagus untuk diet dan bagus untuk orang yang berpuasa. Tidak hanya itu saja, oatmeal pun dipercaya memiliki khasiat untuk kecantikan dan kesehatan. Salah satu manfaat gandum untuk kesehatan adalah oatmeal tersebut bisa digunakan untuk mengobati biang keringat. Cara mengobati biang keringat menggunakan oatmeal ini pun cukup mudah yaitu sebagai berikut ini :

  • Campurkan sebanyak 1 sendok makan gula pasir dengan setengah sendok makan madu.
  • Setelah itu aduk dan campurkan dengan 3 sdm oatmeal atau gandum.
  • Aduk kembali agar semua adonan tercampur secara merata.
  • Setelah adonan berbentuk pasta, oleskanlah adonan itu ke bagian tubuh yaang terdapat biang keringatnya.
  • Diamkanlah selama 10 menit kemudian anda bisa membilasnya menggunakan air dingin.
  • Ulangi cara tersebut sebanayak tiga kali dalam sehari.
  1. Niacin

Langkah selanjutnya untuk mengobati biang keringat adalah anda bisa menggunakan Niacin. Memang selama ini banyak orang yang belum mengenal Niacin. Namun Niacin dipercaya  isa digunakan sebagai obat untuk mengobati biang keringat. Niacin sendiri merupakan vitamin B3 yng bermanfaat untuk diet atau bisa digunakan dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Untuk bisa mendapatkan Niacin ini anda bisa mendapatkannya di toko obat atau apotek. Penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan menunjukkan bukti bahwa bisa digunakan sebagai penyembuh biang keringat. Namun sebelum mengkonsumsi Niacin itu sebaiknya anda mengkonsultasikannya kepada dokter. Hal itu dikarenakan kadar Niacin yang berlebihan di dalam tubuh justru bisa menyebabkan penyakit sirosis hati.

  1. Biotin

Cara mengobati biang keringat dengan cara oral adalah dengan mengkonsumsi supplemen biotin. Selain Niacin anda bisa menggunakan biotin untuk mengatasi biang keringat yang anda alami. Biotin merupakan co enzim dari vitamin B kompleks. Supplemen ini pun biasanya dignakan sebagai supplemen dalam pembantu diet. Untuk bisa mengatasi biang keringat anda bisa mengkonsumsi biotin ini sebanyak 25 mg sampai dengan 35 mcg dalam seharinya.

  1. Bantuan Dokter Kulit

Bagi anda yang sudah mencoba berbagai macam cara di atas namun usaha anda tidak ada yang berhasil, anda bisa berkonsultasi ke dokter kulit meminta saran bagaimana caranya mengatasi biang keringat secara efektif.  Dokter akan memeriksa kondisi fisik anda dengan mengamati gejala yang anda alami, setelah itu dokter akan menyimpulkan seberapa rah biang keringat yang anda alami. Barulah dokter akan memberikan obat yang tepat.

Baca : Bahaya penggunaan obat tanpa resep dokterDokter jantung terbaik di Indonesia

Jenis Biang Keringat

Masyarakat luas mugkin hanya mengira bahwa biang keringat hanya ada satu macam saja. Namun siapa sangka jika biang keingat ini terdiri dari berbagai macam jenis. Berikut ini adalah jenuis biang keringata yang harus kita semua ketahui :

  • Miliaria kristalina. Jenis biang keringat yang satu ini merupakan biang keringat yang paling ringan. Dikakan paling ringan sebab gejala biang keringat ini hanya ada di saluran keringat dan lapisan kulit paling atas sendiri. Gejala dari biang keringat ini adalah munculnya cairan yang warnanya putih jernih namun bintil itu mudah pecah. Biang keringat ini sering menyerang bayi dibandingkan dengan orang dewasa. ( Baca : Cara mencegah dermatitisCara menghilangkan kutu airCara mencegah eksim secara alami )
  • Miliaria rubra. Jenis biang keringat yang kedua adaah miiaria rubra. Biang keringat ini bisa muncul pada lapisan kulit yang pling dalam. Biang keringat ini akan muncul ketika cuaca atau udara sangat panas. Kerigat yang berlebihan bisa menyebabkan biang kerigat dengan jenis ini akan muncul. Tanda anda terkena biang keringat ini adalha anda akan merasakan sensasi gatal yang begitu luarbiasa disertai dengan ketidaknymanan di kulitt yang terken biang keringat. Gatal itu juga disertai dengan rasa panas yang tidak mau kunjung hilang. Saat terkena biang keringat ini, orang akan disertai dengan peradangan. ( Baca : Ciri ciri kurapKandidiasis )
  • Miliaria pustulosa. Biang keringat jenis ini merupakan jenis bian keringat sejenis dengan miliaria rubra. Yang berbeda adalah biang keringat ini lebih parah dibandingkan dengan miliaria rubra. Peradangan yang terjadi di biang keringat miliaria rubra membuat biang keringat dengan jenis ini mengalami bintil merah dengan isi nanah didalamnya. Jika tidak segera diatasi, biang keringat itu akan memunculkan infeksi kulit yang lebih serius.
  • Miliaria profunda. Biang keringat yang paling jarang terjadi, namun jika terjadi bisa berdampak tidak bagus pada dermis atau lapisan kulit yang lebih dalam dibandingkan dengan jenis biang keringat yang lainnya. Jangan menyepelekan biang keringat yang stau ini sebab sifatnya yang kronis dan mudah kambuh. Biang keringat satu ini lebih banyak terjadi pada orang dewasa.

Itulah cara mengobati biang keringat yang bisa anda lakukan di rumah. Jika biang keringat tidak kunjung mmbaik segera konsultasikan ke dokter. Jangan menunda-nunda berobat agar biang keringat tidak semakin parah.