7 Bahaya Tubuh Tidak Berkeringat

6573

Tubuh perlu keseimbangan agar tetap sehat. Salah satu tanda tubuh sehat yaitu mengeluarkan keringat ketika melakukan aktivitas yang menguras tenaga ataupun ketika melakukan olahraga. Kebanyakan orang dalam setiap hari tidak selalu mengeluarkan keringat kecuali orang yang setiap hari melakukan aktivitas berat atau setiap hari melakukan olahraga. Mengeluarkan keringat setiap hari akan lebih sehat dibandingkan dengan orang yang jarang mengeluarkan keringat. Keringat yang keluar merupakan cara yang dilakukan oleh tubuh untuk menyeimbangkan serta menormalkan kembali suhu tubuh sehingga semakin sering seseorang berkeringat maka suhu tubuhnya akan semakin seimbang dan normal kembali.

Keringat menjadi komponen yang penting bagi tubuh untuk dikeluarkan. Jika keringat dalam tubuh tidak keluar maka justru akan berakibat buruk bagi kesehatan. Akan tetapi, ada sebagian orang yang mempunyai kelainan sehingga menjadikan tubuh tidak dapat mengeluarkan keringat walau sedikit. Orang yang tidak dapat mengeluarkan keringat menjadi tanda atau gejala adanya penyakit di dalam tubuh seperti gejala anhidrosis. Gejala anhidrosis merupakan kondisi dimana seseorang tidak mengeluarkan keringat sama sekali walaupun telah melakukan aktivitas berat ataupun kondisi cuaca yang sangat panas. Cara mengetahui seseorang tidak berkeringat secara normal atau tanda adanya gejala anhidrosis, antara lain:

Jika seseorang termasuk orang yang jarang atau susah mengeluarkan keringat maka kenali gejala yang terjadi, jika salah satu gejala seperti gejala anhidrosis maka segera periksa ke dokter karena hal tersebut berbahaya bagi kesehatan.

artikel terkait keringat:

Beberapa bahaya dari tubuh yang tidak mengeluarkan keringat yaitu sebagai berikut:

1. Menumpuk Racun Dalam Tubuh

Di dalam tubuh terdapat zat racun. Zat racun tersebut dapat bersumber dari berbagai hal seperti makanan yang dikonsumsi atau racun yang ikut masuk ke dalam tubuh melalui berbagai obat yang dikonsumsi atau melalui polusi udara, dan sebagainya. Racun tersebut jika tidak dikeluarkan maka akan memicu timbulnya berbagai bahaya bagi kesehatan tubuh. Racun dapat keluar dari tubuh manusia melalui berbagai macam cara salah satunya melalui keringat. Keringat keluar melalui pori-pori kulit karena melakukan berbagai aktivitas ataupun merasakan cuaca yang panas sehingga tubuh akan menstabilkan suhu tubuh dan mengeluarkan keringat. Jika keringat dalam tubuh jarang keluar maka racun dalam tubuh akan menumpuk sehingga akan memicu berbagai masalah kesehatan.

2. Suhu tubuh Tidak Stabil

Suhu tubuh manusia akan terus mengalami naik turun seiring dengan berbagai macam aktivitas yang dilakukan. Jika seseorang berkeringat maka ini merupakan reaksi tubuh untuk menyeimbangkan kembali suhu tubuh di dalam dirinya. Jika setelah melakukan aktivitas ataupun tidak melakukan aktivitas tubuh tidak mengeluarkan keringat dan hal ini berlangsung lama maka akan membahayakan tubuh karena suhu di dalam tubuh tidak dapat diseimbangkan menjadi normal kembali yang biasanya pada orang normal akan dilakukan oleh kerja keringat yang keluar.

baca juga: suhu tubuh normal manusia

3. Kulit Kusam dan Kering

Saat seseorang mengeluarkan keringat akan menjadikan tubuh menjadi segar dan bugar kembali. Racun di dalam tubuh akan ikut keluar bersama keringat yang bercucuran di luar tubuh. Racun tubuh keluar sehingga kulit akan lebih sehat serta tidak kering, serta terhindar dari jerawat atau komedo. Jerawat atau komedo dapat timbul pada wajah karena seseorang dalam tubuhnya banyak lemak yang tidak dibakar oleh aktivitas fisik seperti olahraga sehingga menimbulkan jerawat atau komedo yang akan mengurangi kepercayaan diri.

baca juga: makanan sehat untuk kulit

4. Sistem Imunitas Tubuh Menurun

Sistem imuitas di dalam tubuh manusia sangat penting peranannya karena jika sistem imunitas kuat maka seseorang tidak akan mudah terserang penyakit sehingga tetap sehat dan bugar. Jika seseorang jarang berkeringat maka akan memperkecil produksi sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih sendiri berfungsi untuk menangkal berbagai virus dan bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh. Dengan sering berkeringat, maka dalam tubuh seseorang prosuksi sel darah putihnya akan meningkat sehingga sistem imunitas meningkat. Jika jarang berkeringat maka sel darah putih tidak banyak diproduksi dan sistem imunitas tubuh menjadi lemah.

5. Memicu Berat Badan Berlebih (Obesitas)

Berat badan berlebih atau sering disebut dengan obesitas merupakan kondisi dimana seseorang memiliki berat badan yang tidak proporsional dengan kondisi tubuhnya. Banyak orang yang tidak ingin memiliki berat badan yang lebih atau obesitas bahkan hampir setiap orang tidak mau mengalami obesitas. Selain akan mengurangi penampilan serta kepercayaan diri, penderita obesitas ternyata juga lebih mudah terserang penyakit dibandingkan dengan orang yang mempunyai berat badan normal.

Keringat yang jarang keluar dari tubuh dapat memicu terjadinya obesitas. Hal ini disebabkan banyak lemak di dalam tubuh yang tertimbun. Seharusnya dengan berolahraga atau melakukan kegiatan yang dapat membantu mengeluarkan keringat dapat membakar lemak dan kalori berlebih dalam tubuh sehingga tidak akan terjadi penimbunan lemak sebagai salah satu penyebab obesitas.

baca juga: bahaya obesitas terhadap kesehatan hingga kankercara mencegah obesitas

6. Meningkatkan Stres

Kegiatan atau aktivitas sehari-hari yang sangat padat dan kompleks akan dapat memicu tingkat stres pada seseorang semakin tinggi. Ketika tingkat stres semakin tinggi maka melakukan olahraga dapat menjadi alternatif yang baik agar keringat dalam tubuh dapat keluar. Keringat keluar maka dapat menenangkan pikiran serta menyegarkan kembali pikiran yang jenuh, padat, dan penuh dari berbagai masalah. Keringat yang keluar akan merilekskan tubuh serta membuat pikiran menjadi lebih tenang.

baca juga: penyebab strescara menghilangkan stresmakanan untuk menghilangkan strescara mengatasi stres super ampuhcara menghindari stres

7. Kondisi Jantung Tidak Sehat

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital. Dalam jantung terdapat aktivitas sirkulasi darah yang keluar dan masuk. Dengan melakukan olahraga maka akan menjadikan jantung lebih sehat karena keringat dalam tubuh akan keluar melalui aktivitas olahraga yang dilakukan sehingga akan memperlancar sirkulasi darah dalam jantung. Jika sirkulasi jantung berjalan dengan lancar maka akan menjadikan organ jantung semakin sehat.

artikel terkait:

Demikian beberapa bahaya kesehatan yang dapat terjadi ketika keringat dalam tubuh tidak keluar. Lakukan olahraga atau aktivitas fisik dengan baik agar tubuh menjadi seimbang, sehat, dan bugar serta pikiran akan menjadi tenang dan terhindar dari stres.