Home Featured Para Pekerja Kantoran, Waspadai 3 Jenis Gangguan Kesehatan Paling Rentan Terjadi Ini!

Para Pekerja Kantoran, Waspadai 3 Jenis Gangguan Kesehatan Paling Rentan Terjadi Ini!

by Erlita

Ada risiko kesehatan untuk segala macam profesi atau jenis pekerjaan dan tak terkecuali para pekerja kantoran yang mungkin kelihatannya normal-normal saja. Sebagai karyawan kantor yang tampaknya memiliki kesibukan yang wajar, ternyata ada beberapa jenis masalah kesehatan yang mudah mengintai lho, apa sajakah itu?

  1. Gangguan Kesehatan pada Mata

Kelihatannya saja para pekerja kantoran berada di dalam ruangan dingin ber-AC serta bisa duduk dengan nyaman tanpa harus bercapek-capek ria secara fisik. Namun, justru gangguan pada mata adalah kondisi kesehatan yang bisa jadi langganan bagi para pekerja kantoran.

Berada di depan komputer seharian atau justru menggunakan gadget lain terus-menerus ditambah dengan tingkat cahaya ruangan yang kurang baik bisa menimbulkan gangguan penglihatan. Contoh beberapa kondisi mata yang terganggu karena aktivitas di kantor secara berkepanjangan antara lain adalah sebagai berikut:

Penggunaan pelapis monitor pada komputer atau laptop dapat dijadikan solusi agar cahaya dari komputer paparannya tak langsung ke mata dan menyebabkan kerusakan. Jika memang sudah menjadi pengguna kacamata, pastikan untuk mencari cara menjaga kesehatan mata agar kondisinya tak memburuk. Lampu ruangan yang redup sebaiknya juga diganti dengan yang lebih terang agar pekerjaan bisa dilakukan secara lebih nyaman.

  1. Gangguan Pendengaran

Walau kelihatannya santai ketika menjadi pekerja kantoran, selalu ada saja suara hiruk-pikuk kesibukan para karyawan lain yang mau tak mau pasti kedengaran. Suara ketikan komputer, para karyawan yang mengobrol atau berdiskusi, serta suara-suara lain yang berasal dari berbagai macam peralatan elektronik bisa cukup mengganggu.

Beberapa orang lebih senang menggunakan headset untuk mendengarkan musik atau lagu favorit sambil bekerja supaya bisa lebih konsentrasi. Namun, biasanya volume akan disetel sangat besar supaya suara dari luar tak kedengaran oleh kita. Inilah yang bisa menambah tinggi risiko kerusakan telinga seperti gendang telinga pecah, apalagi jika tak memberi telinga waktu istirahat dari suara musik di headset.

  1. Gangguan Sendi, Otot dan Tulang

Masalah selanjutnya yang perlu juga diwaspadai oleh para pekerja kantoran adalah kebiasaan duduk terlalu lama yang bisa menimbulkan gangguan pada sendi, otot dan rangka. Bahkan posisi duduk yang seperti itu terus-menerus dapat juga meningkatkan risiko perubahan postur tubuh atau penyebab tubuh bungkuk.

Nyeri di bagian leher dan punggung adalah contoh masalah yang kerap timbul karena bekerja di depan monitor selama berjam-jam dalam posisi tubuh membungkuk ke depan pastinya memberi tekanan pada leher dan sepanjang leher ke tulang belakang. Tak hanya leher, otot bahu dan punggung juga bisa terganggu karena posisi lengan saat mengetik.

Saat duduk, jangan lupa perbaiki postur tubuh dengan duduk tegak agar punggung jadi jauh lebih baik dan dapat merilekskan bahu. Beri waktu sekitar 5 menit tiap jam untuk melakukan peregangan. Tak lupa juga selalu olahraga rutin dan jangan sampai kurang olahraga supaya ketegangan otot yang memicu penyakit serius pada tulang, otot dan sendi dapat dicegah.

Rutinitas yang monoton dan dengan gerakan serta postur tubuh yang itu-itu saja setiap hari adalah faktor-faktor yang membuat tubuh kita rentan terhadap berbagai jenis gangguan kesehatan serius di atas. Jadi jangan senang dulu jadi seorang pekerja kantoran, karena kalau tak pintar-pintar jaga tubuh, bisa-bisa pendengaran, penglihatan dan bahkan sendi, otot serta tulang kita bisa gampang rusak.

You may also like