Sinar Matahari Pagi Bisa Beri 6 Manfaat Kesehatan Ini Lho

334

Jika bahaya sinar matahari di siang hari malah justru bisa memicu berbagai masalah kesehatan tubuh serta kulit, berbeda dengan sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi diyakini bermanfaat bagi kesehatan, apalagi bagi yang mengalami defisiensi vitamin D. Lalu, sebenarnya seberapa baik terkena paparan sinar matahari pagi untuk kesehatan?

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika ingin mencari cara menurunkan berat badan yang alami, sinar matahari pagi bisa tolong kita untuk berdiet sehat. Setiap pagi, ambil saja waktu sekitar 20 menit untuk terpapar sinar matahari pagi karena telah terbukti bahwa cara ini bisa menurunkan indeks massa tubuh secara alami dan efektif.

  1. Memperkuat Tulang

Nutrisi utama yang sebenarnya tubuh kita bisa peroleh dari paparan sinar matahari pagi secara rutin adalah vitamin D. Seperti kita tahu, vitamin D sendiri adalah nutrisi selain kalsium yang dibutuhkan oleh tulang agar bisa kuat dan selalu sehat. Maka berjemur di pagi hari sangat bermanfaat bagi yang kekurangan asupan vitamin D.

Tak usah terlalu lama di bawah sinar matahari, cukup 15 menit di pagi hari berada di bawah sinar matahari dan lakukan ini seminggu 3-4 kali sudah sangat cukup. Vitamin D secara alami tubuh bisa dapatkan sehingga otomatis tulang jadi bertambah sehat dan mampu mencegah osteoporosis.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Membiarkan tubuh kita terpapar sinar matahari pagi secara rutin dapat membantu agar ritme alami tubuh kita terjaga dengan baik. Mengambil waktu beberapa menit di bawah sinar matahari mampu mengatasi insomnia dan sanggup meningkatkan kualitas tidur hingga 80 persen. Susah tidur tak akan lagi jadi masalah bagi Anda nantinya.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh yang terjadi secara alami, berjemur di bawah sinar matahari pagi adalah salah satu langkah tepat untuk dilakukan rutin. Bukan hanya karena tubuh memperoleh vitamin D secara maksimal, melainkan sinar matahari pagi akan membuat tubuh lebih segar dan bugar tanpa kita sadari.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Bagi yang merasa bahwa tingkat konsentrasinya menurun, maka cobalah juga berjemur di bawah sinar matahari secara rutin. Efek nutrisi dari sinar matahari mampu secara alami meningkatkan fokus kita pada pekerjaan atau kegiatan apapun yang kita lakukan melalui dorongan pelepasan hormon kebahagiaan atau serotonin dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Beberapa orang mungkin memiliki mood yang kerap berubah-ubah apalagi sering gampang down. Supaya suasana hati jadi jauh lebih baik dan stabil, paparan sinar matahari sangat menolong agar hormon serotonin dapat terlepas ke seluruh tubuh sehingga mood yang menurun dapat naik kembali. Semua ini berkat adanya efek terapeutik dari sinar matahari pagi yang tubuh kita dapatkan.

Meski begitu, batasi dengan tepat berapa lama kita harus berada di bawah sinar matahari karena meski baik bagi kulit, sinar matahari berlebihan juga mampu merusaknya. Jika ingin melindungi kulit dari efek bahaya sinar ultraviolet, maka pemakaian SPF yang cukup adalah hal yang dapat menolong.