Suka Konsumsi Kelapa Kering? Ini 9 Manfaatnya Bagi Kesehatan

191

Banyak orang mungkin lebih memilih menikmati air kelapa yang sekaligus dapat menjadi penambah cairan elektrolit pencegah dehidrasi pada tubuh. Namun sebenarnya kelapa kering juga bisa dinikmati; kelapa kering adalah bagian daging buah kelapa setelah air di dalamnya dipisahkan. Meski tak ada airnya pun, kelapa kering bermanfaat untuk kesehatan lho kalau dimakan harian.

  1. Menambah Daya Tahan Tubuh

Ada kandungan mineral selenium di dalam buah kelapa apalagi kelapa kering yang bila dikonsumsi mampu menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh yang efektif. Tak hanya itu, selenoprotein diproduksi oleh selenium dan inilah yang akan menambah imunitas tubuh sehingga penyakit tak gampang menyerang.

  1. Menurunkan Resiko Kanker

Kelapa kering menawarkan berbagai macam nutrisi yang tubuh perlukan dalam membunuh sel-sel kanker yang mencoba berkembang. Mengonsumsi kelapa kering secara rutin juga diyakini betul mampu menurunkan resiko beberapa jenis kanker, khususnya kanker prostat dan kanker usus besar lho.

  1. Meningkatkan dan Memperbaiki Fungsi Otak

Untuk kesehatan fungsi otak, bukan hanya makanan yang mengandung omega-3 saja yang bisa dikonsumsi rutin. Nyatanya, buah kelapa kering pun dapat dijadikan menu diet harian untuk menghindari gangguan kesehatan pada otak. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa kelapa kering mampu membuat fungsi otak meningkat dan bahkan dapat pula diandalkan sebagai cara memperbaiki fungsinya.

  1. Menyehatkan Jantung

Untuk kekuatan jantung dan menghindarkan diri dari resiko jenis-jenis penyakit jantung, khususnya pada pria. Kelapa kering mampu memenuhi kebutuhan serat pada tubuh pria sekitar 38 gram sehingga mengonsumsinya rutin menjadi salah satu cara mencegah segala masalah kesehatan yang berhubungan dengan jantung.

  1. Menyehatkan Gigi dan Tulang

Salah satu makanan penguat tulang dan gigi bukan hanya berasal dari susu dan produk olahannya. Kelapa kering atau kelapa parut juga sangat baik dalam mendukung kesehatan gigi dan tulang kok sebab akan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap mineral mangan dan kalsium secara lebih maksimal.

  1. Menurunkan Resiko Infertilitas Pria

Para pria yang khawatir mengenai masalah ketidaksuburan, kelapa kering dapat menjadi makanan yang diasup sehari-hari. Menurut hasil penelitian, kelapa kering yang dikonsumsi rutin akan mendukung produksi selenium oleh tubuh sehingga masalah kesuburan pada pria dapat dicegah dengan baik dan alami.

  1. Menurunkan Resiko Anemia

Bagi tubuh yang kekurangan darah dan rentan menderita anemia, salah satu makanan yang mengandung zat besi adalah kelapa kering lho. Jadi mengonsumsinya sehari-hari dapat menambah asupan zat besi pada tubuh. Mengonsumsinya pun tak perlu selalu harus langsung, boleh menambahkan kelapa kering dan mencampurkannya pada sejumlah makanan yang biasa disantap.

  1. Menurunkan Resiko Arthritis

Selain menyehatkan tulang dan gigi, mengonsumsi kelapa kering pun mampu mencegah masalah sendi dan otot seperti arthritis. Kandungan mineral yang bermacam-macam pada kelapa kering inilah yang akan membuat jaringan sendi senantiasa terlindungi dengan baik dan kekuatannya pun tetap terjaga.

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Masalah pencernaan pun dapat diatasi melalui konsumsi kelapa kering secara rutin. Bagi yang sulit BAB atau BAB kurang teratur, masalah sembelit semacam ini pun bisa dicegah karena kelapa kering sendiri juga merupakan sumber serat alami yang bisa diperoleh tubuh. Gangguan pencernaan pada lambung seperti asam lambung pun bisa juga teratasi dengan efektif.

Demikianlah deretan sejumlah manfaat dari mengonsumsi kelapa kering atau kelapa parut bagi kesehatan. Selain mineral seperti zinc, magnesium, mangan, kalsium, selenium dan tembaga, kelapa kering juga kaya vitamin yang juga tidak akan mudah bikin gemuk.