Intip 5 Manfaat Quinoa Untuk Diabetes Sebagai Asupan Tepat Pengganti Nasi !

592

Manfaat Quinoa Untuk DiabetesQuinoa kini makin populer saja sebagai pengganti nasi putih, nasi merah, dan juga oatmeal. Jadi bisa dikatakan bahwa quinoa merupakan salah satu makanan sehat yang bisa Anda perhitungkan dan bahkan masukkan ke dalam menu diet sehari-hari. Jenis biji-bijian ini dikenal gluten free/bebas gluten serta bernutrisi tinggi, seperti:

Keuntungan dari quinoa adalah bahwa sumber makanan ini dapat diolah sebagai menu sarapan, begitu juga untuk makan siang dan malam. Setelah quinoa Anda cuci hingga lapisan pahitnya berhasil hilang, barulah Anda bisa memasak quinoa; dan karena bisa cepat matang, Anda pasti lebih senang mengolahnya ketimbang nasi.

Untuk para penderita diabetes yang harus menghindari nasi karena membatasi asupan gula, mungkin akan bertanya-tanya apakah quinoa lebih aman atau justru lebih berbahaya dari nasi. Kabar baiknya, konsumsi seimbang akan quinoa rupanya sangat bermanfaat bagi para pengidap diabetes. Berikut merupakan daftar manfaat quinoa untuk diabetes yang Anda bisa peroleh.

  1. Menjaga Kestabilan Berat Badan

Penderita diabetes rata-rata memang sebelumnya memiliki masalah dengan obesitas atau mempunyai berat badan yang berlebih. Oleh sebab itu, bagi Anda yang menderita penyakit gula karena obesitaslah yang menjadi pemicu, jaga berat tubuh dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung serat tinggi, seperti quinoa.

Banyak penderita diabetes pun bertanya apakah penyakit gula bisa disembuhkan, diet rendah kalori menjadi salah satu solusi ampuh yang bisa dicoba. Untuk mendukung diet jenis ini, maka konsumsi quinoa adalah kuncinya. Mengonsumsi setiap hari secara seimbang tak hanya akan mencegah gangguan pencernaan, tapi juga membantu asupan kalori rendah dan serat tinggi agar tak terjadi lonjakan gula darah.

  1. Mengendalikan Kadar Glukosa Darah

Sama halnya dengan beras atau nasi merah, quinoa adalah sumber makanan yang kadar indeks glikemiknya rendah sehingga mengonsumsi quinoa bagi penderita kadar gula darah tinggi akan sangat berguna. Untuk kesehatan saluran pencernaan, quinoa yang berserat tinggi akan sangat baik.

Sebagai alternatif nasi putih, quinoa adalah pilihan terbaik karena juga mampu memberikan efek kenyang tahan lama sehingga dengan demikian kadar glukosa dalam darah tak gampang naik. Jadi bagi Anda yang tadinya sulit untuk mengendalikan kadar gula darah, mulailah mencoba konsumsi quinoa mulai dari sekarang.

  1. Mudah Mengolah

Sangat mudah dalam mengolah quinoa bagi para penderita diabetes, seperti halnya gandum ataupun beras. Anda pun bisa menggunakan alat penanak nasi (rice cooker). Bahkan Anda pun dapat mengolah atau memasaknya dalam panci. Cukup tambahkan air 2 gelas banyaknya sampai mendidih, masaklah hingga tekstur lembut dan sudah benar-benar empuk; pada umumnya, harus tunggu 15-20 menit untuk masak.

  1. Dapat Dijadikan Makanan Pokok

Tak hanya menggantikan nasi sementara, Anda bisa jadikan quinoa sebagai makanan pokok untuk seterusnya. Anda bisa mengonsumsi quinoa dengan lauk-pauk lainnya yang jelas aman untuk penderita penyakit gula. Tak kalah mengenyangkan dan tak kalah enak dari nasi, namun jauh lebih sehat dan baik untuk kondisi penderita diabetes.

  1. Melawan Radikal Bebas

Untuk membantu menangkal segala efek radikal bebas pada penderita diabetes, quinoa dengan kandungan mineral mangan yang tinggi bisa Anda konsumsi rutin. Meski tak makan nasi, tubuh Anda dijamin tetap berenergi karena kandungan fosfor serta zat besi yang diberikan oleh quinoa.

Jadi, bagaimana setelah melihat manfaat quinoa untuk diabetes tersebut? Daripada mengonsumsi nasi putih yang jelas-jelas dapat berbahaya dan bisa melonjakkan kadar gula darah, quinoa dapat menjadi pilihan aman bagi Anda. Selain mencegah obesitas, Anda bisa menurunkan risiko diabetes atau setidaknya mengendalikan kadar glukosa darah.