Mangan : Pengertian – Sumber Makanan – Manfaat – Efek Kelebihan dan Kekurangan – Kebutuhan

4091

Mangan merupakan salah satu jenis mineral yang dibutuhkan tubuh untuk berbagai fungsi kesehatan, termasuk sistem syaraf. Ada banyak jenis makanan yang mengandung mineral mangan, namun kekurangan makanan alami sering menyebabkan tubuh kekurangan mangan. Jumlah mangan yang ditemukan dalam tubuh sebenarnya sangat kecil. Mangan menjadi bahan antioksidan kuat yang bisa mencegah kerusakan dari bahaya zat atau senyawa yang sudah masuk ke dalam tubuh.

Apa itu Mangan?

Mangan merupakan mineral yang ditemukan dalam tubuh, meskipun jumlahnya memang sangat kecil. Semua orang memiliki kandungan mangan setidaknya 20 mg dalam beberapa bagian tubuh termasuk pankreas, tulang, hati dan ginjal. Mangan bisa mengendalikan fungsi sistem syaraf yang berpusat pada otak dan membantu semua bagian tubuh melakukan fungsi dengan tepat.

Sumber Makanan Mengandung Mangan Tinggi

1. Cengkeh (127%)

  • Cengkeh menjadi salah satu rempah alami yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan atau bahan minuman herbal.
  • Cengkeh mengandung eugenol yang bisa bekerja untuk mencegah peradangan dan sumber antioksidan alam untuk tubuh.
  • Cengkeh adalah sumber terbaik untuk mendapatkan mangan sekaligus nutrisi lain seperti vitamin K, kalsium, magnesium, dan zat besi.

2. Oat (96%)

  • Oat mengandung serat larut yang cukup tinggi untuk membantu pencernaan dan menghilangkan kolesterol dari dalam tubuh.
  • Oat mengandung mangan yang cukup tinggi dan membantu menurunkan kolesterol tinggi sehingga sangat baik untuk jantung dan mengatasi resiko penyempitan pembuluh darah.
  • Oat juga bisa mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga sangat baik untuk mencegah diabetes dan mengendalikan kebutuhan insulin dalam tubuh.

3. Beras merah (88 %)

  • Beras merah sangat baik karena bisa membantu menurunkan berat badan. Selain mengandung mangan Anda bisa mendapatkan keuntungan lain seperti protein, serat, tiamin, magnesium, fosfor, niasin, zat besi, seng dan jenis nutrisi lain.
  • Beras merah membantu tubuh mendapatkan energi yang lebih baik karena mengandung serat dan air alami. Karena itu beras merah bisa menurunkan berat badan.
  • Konsumsi beras merah sebaiknya dilakukan bersamaan makanan sehat untuk penderita stroke untuk menurunkan jumlah kalori makanan untuk mendapatkan efek kesehatan yang lebih cepat.

4. Kacang garbanzo (85%)

  • Kacang garbanzo tidak hanya mengandung mangan, tapi juga nutrisi lain seperti karbohidrat, protein, serat, zat besi, kalium, magnesium dan tidak mengandung lemak.
  • Kacang garbanzo sangat menguntungkan untuk jantung, mengendalikan kolesterol dan bisa mengendalikan kesehatan pembuluh darah.
  • Kacang garbanzo sangat baik untuk memelihara kesehatan pencernaan karena mengandung serat dan bisa mengatasi kesulitan buang air. (baca juga: bahaya tidak lancar buang air besar ( no.3 penyakit mematikan))

5. Bayam (84%)

  • Bayam mengandung mangan dan zat antioksidan yang bisa mencegah serangan radikal bebas. Kandungan bahan antioksidan didapatkan dari vitamin C, vitamin E dan zat beta-karoten.
  • Kandungan vitamin A dalam bayam bisa membantu menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan lapisan makula dan mencegah kebutaan.
  • Bayam juga sangat penting untuk mengendalikan kesehatan jantung dan menurunkan resiko stroke. Bayam mengandung antioksidan yang bisa menjaga kesehatan sistem syaraf dan tentu dengan bantuan mangan. (baca juga: kesehatan sistem saraf otak – cara menjaga – jenis penyakit yang menyerangnya)

Baca juga: bahaya sayur bayam yang dihangatkan bagi tubuh – bahaya bayam bagi penderita asam urat tinggi

6. Nanas (77 %)

  • Nanas mengandung mangan dan juga vitamin C yang sangat baik untuk menjaga tubuh dari serangan kanker.
  • Nanas mengandung vitamin A dan vitamin E yang bisa menjaga kesehatan mata, menjaga lapisan makula dan mencegah kebutaan.
  • Nanas juga sangat penting untuk membantu proses pencernaan. Kandungan bromelain dalam nanas bisa mencegah luka pada usus dan menurunkan resiko mual atau muntah untuk ibu hamil.

7. Kayumanis (46%)

  • Kayumanis sangat baik untuk menurunkan resiko diabetes maupun mengendalikan kadar gula dalam darah. Kayumanis akan bekerja untuk menghambat lemak dalam tubuh, menghilangkan kolesterol dan mencegah kolesterol tinggi.
  • Kayumanis mengandung mangan yang sangat baik untuk sistem syaraf dan menjaga kesehatan otot.
  • Kayumanis bisa mengendalikan kebutuhan insulin dalam tubuh sehingga bisa mencegah diabetes dan mencegah kadar gula tinggi pada orang yang sudah menderita diabetes.

8. Lada hitam (45.7%)

  • Lada hitam mengandung mangan yang sangat baik untuk mengendalikan sistem syaraf. Bahkan kandungan piperin dalam lada hitam bisa menghambat enzim yang bekerja untuk memecah neurotransmiter. Lada akan menjadi obat penenang alami yang tidak memiliki efek samping.
  • Lada hitam bisa membantu mencegah penuaan otak, kerusakan fungsi syaraf dan bisa mengendalikan penyakit Alzheimer. (baca juga: bahaya Alzheimer bagi otak dan kesehatan)
  • Lada hitam sangat baik untuk membantu pemulihan penderita stroke yang mengalami gangguan fungsi otak dan gerakan motorik tubuh. Aktifitas area otak lebih baik ketika mendapatkan asupan dari lada hitam.

9. Sawi (29%)

  • Sawi hijau dan sawi putih sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah kanker pencernaan dan melindungi pertumbuhan kanker yang berlebihan.
  • Sawi juga bermanfaat untuk membantu mengatasi penyakit asma dan penyakit pernafasan. Selain mengandung mangan, sawi juga mengandung nutrisi magnesium dan selenium yang bisa membantu kerja sistem pernafasan atas.
  • Sawi juga akan menguntungkan tubuh karena mengandung mineral lengkap termasuk tembaga yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi.

10. Stroberi (28%)

  • Stroberi mengandung nutrisi lengkap, termasuk mangan dan sumber vitamin C yang sangat baik untuk memelihara kesehatan jaringan tubuh, memberikan bantuan protein untuk kulit dan menjaga kesehatan pembuluh darah.
  • Stroberi mengandung serat yang bisa membantu tubuh mengendalikan jumlah kolesterol, membantu menurunkan kadar gula darah serta menjaga sistem pencernaan yang sehat sehingga mencegah wasir.
  • Stroberi mengandung bahan antioksidan yang bisa melindungi sel tubuh dari serangan radikal bebas, menjaga tubuh dari resiko penyakit jantung dan kanker.

Makanan lain yang mengandung mangan:

  1. Kale (27%)
  2. Kunyit (17)
  3. Rumput laut (16%)
  4. Bawang putih (15%)
  5. Basil (12%)

Manfaat Mangan untuk Tubuh

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Mangan sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan menjaga tubuh Anda terkena penyakit kerapuhan tulang seperti osteoporosis. Mangan tidak bekerja sendiri dalam tubuh karena akan bersama dengan nutrisi lain seperti kalsium, tembaga dan seng untuk menjaga kepadatan tulang. Wanita sangat disarankan untuk mengkonsumsi sumber mangan agar tidak terkena osteoporosis setelah menopause. (baca juga: penyebab menopouse dini pada wanita – gejala menopause pada wanita) Baca juga: gejala osteoporosis dan pencegahannya – cara mencegah osteoporosis sejak dini – penyebab osteoporosis pada wanita dan lansia – cara mencegah tulang keropos secara alami.

  1. Menurunkan Resiko Radang Sendi

Penyakit radang sendi atau arthiritis sering terjadi pada usia lanjut. Mangan sangat penting untuk mencegah radang sendi karena bisa bekerja untuk melindungi sendi dari kerusakan akibat peradangan. Orang yang memiliki kadar kalsium, besi, magnesium dan mangan yang tinggi dalam tubuh bisa terlindungi dari radang sendi. (baca juga: nyeri sendi lutut – penyebab, gejala, komplikasi dan pengobatannya)

  1. Mengurangi Efek Nyeri pada Saat Haid

Wanita yang sedang haid disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung mangan. Mangan bisa mengurangi rasa nyeri berlebihan dan meningkatkan suasana hati yang lebih baik.  Ketika tubuh Anda memiliki mineral seperti zat besi, kalsium, mangan, kromium dan tembaga yang tinggi maka efek haid atau menstruasi tidak akan terasa. Baca juga: penyebab darah beku saat haid pada wanita – cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan – cara menghilangkan nyeri saat haid secara cepat dan alami

  1. Menurunkan Resiko Diabetes

Tingkat mangan yang tinggi dalam tubuh akan melindungi tubuh Anda dari penyakit diabetes. Bahkan mangan bisa membantu menurunkan resiko diabetes dengan mengendalikan kolesterol dalam tubuh. Mangan akan bekerja dengan beberapa enzim dalam tubuh untuk mengkonversi asam amino menjadi gula. Kemudian sel dalam tubuh akan membutuhkan mangan untuk melakukan proses ini. Secara umum mangan akan mengendalikan kadar gula dalam darah. Simak informasi tentang penyakit diabetes:

  1. Mengurangi Serangan Kejang untuk Penderita Epilepsi

Penyakit epilepsi sering menyebabkan penderita kejang dan serangan ini bisa terjadi kapan saja. Konsumsi makanan yang mengandung mangan tinggi akan meningkatkan kadar mangan dalam tubuh. Ketika kadar mangan dalam tubuh tinggi maka, resiko serangan kejang akan menurun secara signifikan. (baca juga : kejang-kejang saat tidur – penyebab, gejala dan dan pertolongan pertama) Simak informasi lain tentang penyakit epilepsi:

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Mangan dalam tubuh bisa membantu proses prolidase, yaitu sebuah proses untuk membantu otot menghasilkan kolagen untuk kulit. Mangan bisa membantu menjadi sumber antioksidan untuk kulit, mengatasi kulit dari serangan radikal bebas, dan membantu kulit mencegah efek dari paparan sinar matahari secara langsung. (baca juga: akibat tubuh kekurangan kolagen) Simak informasi tentang kesehatan kulit:

  1. Membantu Proses Metabolisme Tubuh

Mangan sangat penting untuk membantu proses metabolisme. Beberapa bahan seperti asam amino, karbohidrat, kolesterol, vitamin E dan vitamin B akan diolah dengan bantuan mangan dalam tubuh Anda. Kemudian proses ini akan membantu menjaga kesehatan hati dan fungs DNA yang lebih baik. (baca juga: cara meningkatkan metabolisme tubuh dengan cepat)

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Tiroid

Mangan menjadi bahan penting untuk sistem ko-enzim dalam tubuh. Mangan akan membantu tiroksin yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid. Kemudian mangan akan membantu tubuh dalam mengendalikan berat badan, keinginan untuk makan, fungsi sistem organ dan proses metabolisme dalam tubuh. (baca juga: penyebab gondok tiroid – penyebab hipertiroid dan pengobatannya)

  1. Menjaga Sistem Kerja Otak dan Sistem Syaraf

Mangan diperlukan dalam tubuh untuk membantu fungsi otak dan menjaga sistem kerja sistem syaraf. Mangan akan menghilangkan sisa oksidasi yang bisa menjadi radikal bebas dan kemudian mendorong syaraf bekerja dengan cepat dan tepat. Mangan juga bisa merangsang sistem kerja syaraf dan meningkatkan fungsi kognitif yang sehat.

Baca juga: kesehatan sistem saraf otak – cara menjaga – jenis penyakit yang menyerangnya – cara meningkatkan kinerja otak manusia dengan cepat – akibat kelebihan cairan otak – faktor resiko dan penyebab – akibat kekurangan cairan otak bagi tubuh

  1. Membantu Proses Sistem Pencernaan

Mangan akan bekerja untuk meningkatkan sistem pencernaan, membantu fungsi saluran pencernaan bisa bekerja dengan baik dan meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Mangan juga penting untuk mendorong fungsi usus sehingga tubuh mendapatkan energi dari sumber makanan yang masuk ke dalam tubuh. (baca juga: gangguan pencernaan pada tubuh manusia dan cara pencegahannya)

Efek Kekurangan Mangan

  1. Kekurangan mangan bisa menyebabkan kemandulan untuk wanita. Kondisi ini berhubungan dengan fungsi mangan yang mengendalikan kerja enzim dalam tubuh dan mengendalikan sistem syaraf pusat.
  2. Kekurangan mangan juga bisa meningkatkan resiko malformasi tulang. Kondisi ini sering terjadi pada anak-anak yang kekurangan mangan dan nutrisi lain. Mangan bekerja dengan beberapa sumber mineral lain untuk membantu sistem kepadatan tulang, kekurangan mangan bisa menyebabkan tulang lebih rapuh.
  3. Tubuh yang kekurangan mangan akan menjadi lebih lemah serta mudah terserang penyakit. Sistem antisoksidan dalam tubuh tidak akan bekerja maksimal sehingga menyebabkan tubuh tidak tahan terhadap penyakit. (baca juga: cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit – cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan sehat)
  4. Orang yang kekurangan mangan akan memiliki resiko tinggi terkena kejang, meskipun tidak menderita epilepsi. Kondisi ini disebabkan karena sistem syaraf pusat tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.
  5. Kekurangan mangan bisa menyebabkan orang terkena malnutrisi karena tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik. Mangan mengatur kerja enzim untuk menyerap semua nutrisi termasuk vitamin dan mineral.
  6. Orang yang kekurangan mangan biasanya memiliki sistem metabolisme yang buruk, jika terjadi pada anak-anak maka bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan fungsi kognitif.

Gejala Kekurangan Mangan

  1. Orang yang kekurangan mangan akan merasa tubuhnya lebih lemah dan mudah lelah.
  2. Orang yang kekurangan mangan akan menderita gangguan kecemasan yang menyebabkan mudah gugup, tidak tenang, mudah marah, murung dan bisa menyebabkan depresi.
  3. Pingsan atau tiba-tiba kehilangan kesadaran bahkan tanpa gejala sekalipun.(baca juga: penyebab pingsan mendadak : gejala dan cara mencegahnya)
  4. Sendi atau tulang akan terasa lebih nyeri karena tulang kekurangan nutrisi pokok.
  5. Sendi tulang, ligamen atau bagian tendon sering terasa sakit dan tidak nyaman.
  6. Kadar gula menjadi sangat tinggi dan bahkan beberapa gejala penyakit diabetes.
  7. Wanita yang haid akan mengalami pendarahan yang berat.
  8. Gangguan kehamilan parah untuk wanita yang sedang hamil.
  9. Ketika terluka maka luka akan sulit disembuhkan dan sering menyebabkan pendarahan. (baca juga: penyebab luka tidak cepat kering dan cara pengobatannya)
  10. Kulit akan terlihat lebih kering, tidak bercahaya, mudah pecah, dan warna kulit kusam.
  11. Jumlah kolesterol dalam tubuh akan lebih tinggi.
  12. Terkena penyakit tekanan darah tinggi, tanpa pernah mengalami riwayat penyakit tersebut.
  13. Gangguan fungsi otot seperti kontraksi otot yang sangat kuat.
  14. Gangguan fungsi ingatan atau memori yang sangat buruk. (baca juga: penyebab mudah lupa ingatan – cara meningkatkan daya ingat otak manusia)
  15. Gangguan fungsi penglihatan atau rabun (baca juga: jenis – jenis penyakit mata : gejala, penyebab, dan gambarnya)
  16. Tiba-tiba terasa menggigil yang parah. (baca juga: tubuh menggigil tanpa demam – penyebab, cara mengatasi dan mencegah)
  17. Detak jantung menjadi lebih cepat.
  18. Kram yang parah pada otot atau bagian tubuh tertentu.
  19. Gangguan fungsi pankreas yang menyebabkan gangguan enzim dalam tubuh.
  20. Perubahan warna rambut yang alami menjadi lebih cerah atau terlihat rusak. (baca juga: penyebab rambut beruban di usia muda dan tua)
  21. Pada bayi maka berat badan akan berkurang drastis , sering kejang dan bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

Penyebab Tubuh Kekurangan Mangan

  1. Orang yang sengaja melakukan diet ketat sehingga menghilangkan asupan mangan dari berbagai jenis makanan tertentu.
  2. Orang yang menjalani pola makan yang buruk sehingga menyebabkan tubuh kekurangan mangan.
  3. Orang yang terbiasa makan tidak teratur dengan jenis makanan yang selalu monoton seperti makanan cepat saji, kekurangan sayuran dan buah.
  4. Orang yang menderita kelainan fungsi usus sehingga usus tidak bisa menyerap sari makanan dengan baik, termasuk mineral mangan dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.
  5. Orang yang mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu seperti antasida dan obat KB oral (pil KB).
  6. Orang yang mengalami gangguan metabolisme sehingga sering menghasilkan keringat berlebihan.
  7. Orang yang mengalami gangguan penyerapan mineral tertentu dalam tubuh seperti zat besi, magnesium dan tembaga.
  8. Orang yang mengalami gangguan fungsi hati dan gangguan fungsi empedu sehingga tubuh membutuhkan mangan yang berlebihan.

Efek Kelebihan Mangan

  1. Terlalu banyak mangan dalam tubuh bisa menyebabkan gangguan penyerapan zat besi. Kondisi ini bisa menyebabkan penderita mengalami anemia, kekurangan sel darah merah dan tubuh menjadi tidak produktif.
  2. Kelebihan mangan bisa menyebabkan gangguan fungsi tembaga yang kemudian bisa menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi.
  3. Terlalu banyak mangan juga bisa menyebabkan gangguan fungsi estrogen. Kondisi ini bisa membuat gangguan kesuburan untuk wanita.
  4. Jika kadar mangan dalam otak terlalu tinggi maka bisa mempengaruhi fungsi otak dan mengganggu fungsi syaraf pusat.
  5. Terlalu banyak mangan bisa menyebabkan gangguan fungsi ginjal, penyerapan kalsium dan penyerapan zat besi.

Gejala Kelebihan Mangan

  1. Sakit kepala yang sangat berat.
  2. Mual dan muntah berlebihan.
  3. Kesemutan yang parah pada kaki dan tangan.
  4. Tidak nafsu makan.
  5. Otot tubuh akan terasa sangat kaku.
  6. Kaki menjadi sering kram. (baca juga: penyebab kram kaki – gejala penyakit, cara mengobati dan mencegah)
  7. Gangguan emosi yang sangat parah.
  8. Bila sudah parah bisa menyebabkan halusinasi. (baca juga: penyebab halusinasi dan pencegahannya)
  9. Gangguan fungsi metabolisme tubuh.
  10. Tubuh kekurangan zat besi atau anemia.
  11. Tubuh terasa memiliki kebutuhan tembaga dan vitamin C yang lebih tinggi.

Siapa yang Bisa Terkena Keracunan / Kelebihan Mangan?

  1. Orang yang mengkonsumsi minuman dari sumber mata air, namun air tersebut terkontaminasi dengan mangan dari alam.
  2. Orang yang bekerja di industri baja dan mendapatkan kontaminasi mangan secara langsung dari lingkungan pekerjaan.
  3. Orang yang mengalami gangguan fungsi hati, sehingga sistem enzim dan pengolahan mangan dalam tubuh tidak bekerja dengan baik.
  4. Orang yang sering mengkonsumsi alkohol atau minuman keras. (baca juga: efek bahaya alkohol bagi kesehatan dan kehidupan sosial – pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusia)
  5. Orang yang sudah pernah terkena penyakit serangan jantung.
  6. Orang yang menjalani dialisis atau proses cuci darah, bagi penderita gagal ginjal. (baca juga: efek samping cuci darah ginjal bagi kesehatan)

Jumlah Kebutuhan Mangan untuk Tubuh

  1. Bayi usia 0 – 6 bulan : 0,003 mg
  2. Bayi usia 7 bulan – 1 tahun : 0,6 mg
  3. Anak usia 1 – 3 tahun : 1,2 mg
  4. Anak usia 4 – 8 tahun : 1,5 mg
  5. Remaja laki-laki usia 9 – 13 tahun : 1,9 mg
  6. Remaja laki-laki usia 14 – 18 tahun : 2,2 mg
  7. Peremuan usia 9 – 18 tahun : 1,6 mg.
  8. Orang dewasa laki – laki usia >19 tahun : 2,3 mg
  9. Orang dewasa perempuan >19 tahun : 1,8 mg
  10. Ibu hamil : 2 mg
  11. Ibu menyusui : 2,6 mg

Resiko Suplemen Mangan

Beberapa orang yang tidak memiliki mangan yang cukup dalam tubuh bisa mendapatkan suplemen. Namun suplemen mangan bisa menyebabkan efek samping dan menimbulkan interaksi dengan obat-obatan tertentu, sehingga penggunaan suplemen mangan harus dibawah pengawasan dokter yang merawat. Orang yang menggunakan suplemen mangan tidak boleh lebih dari 10 mg / hari. Jika berlebihan mengkonsumsi suplemen mangan maka bisa menyebabkan kerusakan fungsi otak dan syaraf pusat.

Larangan untuk Penggunaan Suplemen Mangan

Orang yang mengkonsumsi suplemen mangan harus  berhati-hati, terutama jika diminum bersamaan dengan jenis obat tertentu. Berikut ini jenis obat yang tidak boleh dikonsumsi bersama dengan suplemen mangan.

  1. Semua jenis obat reperpin : yaitu semua obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, karena bisa membuat kadar mangan dalam tubuh semakin menurun.
  2. Semua obat haloperidol atau golongan obat antipsikotik : obat ini bisa menyebabkan efek halusinasi yang berlebihan, efek samping kelebihan mangan dan menyebabkan gangguan kecemasan yang parah.
  3. Semua golongan antasida : antasida mengandung magnesium yang bisa menyebabkan tubuh mengalami gangguan penyerapan mangan. Jika dikonsumsi bersamaan maka jarak waktu minum obat dan suplemen mangan setidaknya 1 jam.
  4. Semua golongan obat antibiotik : obat ini bisa menyebabkan gangguan penyerapan mangan dalam tubuh. Jika dikonsumsi bersamaan maka jarak minum setidaknya 1 hingga 2 jam. (baca juga: efek samping antibiotik, obat berbahaya jangka panjang)
  5. Semua obat pencahar : obat ini bisa menyebabkan gangguan penyerapan mangan. Jika dikonsumsi bersamaan maka jarak minum setidaknya 1 hingga 2 jam. (baca juga: bahaya obat pencahar bagi tubuh)

Mangan memang dibutuhkan dalam jumlah yang kecil. Namun kelebihan atau kekurangan mangan bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang. Mencukup kebutuhan mangan secara alami sangat disarankan dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Simak informasi lain tentang mineral: