5 Bahaya Tidak Lancar Buang Air Besar ( No.3 Penyakit Mematikan)

7413

Buang air besar merupakan langkah akhir dari pencernaan, dimana organisme akan mengeluarkan material solid, semi solid ataupun cair sebagai material sisa yang dikeluarkan tubuh melalui anus. Manusia mengeluarkan feses dengan frekuensi yang bervariasi mulai dari beberapa kali sehari hingga beberapa kali seminggu. Gelombang dari kontraksi otot pada dinding colon akan memindahkan material sisa melalui jalur pencernaan menuju rectum. Makanan yang tidak dapat dicerna juga akan dikeluarkan dengan cara ini, proses ini dinamakan egesti. (baca juga: penyebab perut melilit dan mencret)

Masalah pada pencernaan akan berpengaruh secara langsung terhadap aktivitas buang air besar. Ketika aktivitas buang air besar anda terganggu dan menjadi tidak normal, dapat disimpulkan bahwa ada sesuatu yang salah terjadi pada system pencernaan anda dan harus segera ditangani. Lalu bagaimana ciri ciri aktivitas buang air besar yang sehat? (baca juga: akibat kelebihan serat)

Ciri ciri aktivitas buang air besar sehat

  • Bentuk dan tekstur feses

Feses yang sehat bertekstur sedang, tidak terlalu keras dan tidak terlalu cair sehingga bentuknya melonjong sempurna. Feses yang terlalu keras mengindikasikan tubuh yang kekurangan air atau penyerapan air tidak maksimal, sementara feses yang cair mengindikasikan asam lambung yang terlalu tinggi. (baca juga: cara mencegah diare)

  • Warna feses

Warna feses dapat bervariasi setiap kali anda buang air besar. Warna feses hitam menandakan bahwa ada pendarahan dalam system pencernaan anda, kehijauan berarti anda kekurangan zat besi, merah mengindikasikan adanya pendarahan pada pencernaan bagian akhir, dan putih mengindikasikan penyakit hepatitis. Warna feses yang normal umumnya adalah coklat hingga coklat kekuningan. (baca juga: cara mengobati diare)

  • Aroma feses

Aroma feses dapat merepresentasikan kesehatan pencernaan anda. Feses yang berbau menyengat atau busuk mengindikasikan adanya masalah pencernaan dalam tubuh anda. (baca juga: cara mengatasi sembelit)

Bahaya tidak lancar buang air besar

Tidak lancar buang air besar seringkali menjadi masalah yang cukup mengganggu, selain menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman pada bagian perut, tidak lancar buang air besar juga dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Berbagai penyebab yang mengakibatkan buang air besar tidak lancar adalah sebagai berikut:

  • Wisata

Merupakan penyebab paling umum, ketika sedang berwisata atau berada di tempat lain, seringkali anda tidak akan ingin untuk buang air besar hingga waktu yang cukup lama (mencapai 1 minggu) dengan alasan “tidak nyaman” atau “tidak biasa” untuk buang air besar di tempat baru. Padahal hal ini dapat menyebabkan akibat yang lebih buruk nantinya. (baca juga: makanan penyebab sembelit)

  • Stress

Stress merupakan penyebab dari berbagai macam penyakit yang bisa anda bayangkan tak terkecuali pencernaan. Buang air besar tidak lancar merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling sering dialami ketika seseorang mengalami stress. (baca juga: makanan untuk menghilangkan stres)

  • Kekurangan air

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kekurangan air akan membuat feses anda menjadi keras dan menghambat sekresinya melalui anus. (baca juga: 24 cara mengatasi diare secara cepat)

Bahaya buang air besar tidak lancar

Jika anda mengalami gangguan dalam aktivitas buang air besar, segera tangani karena dapat menjadi masalah yang lebih besar nantinya. Apa saja yang dapat diakibatkan oleh buang air besar yang tidak lancar?

  1. Wasir

Merupakan salah satu akibat paling umum yang diakibatkan oleh hambatan buang air besar. Ketika aktivitas buang air besar anda terhambat, otot otot pencernaan anda akan terus berkontraksi dan berusaha untuk mengeluarkan feses sehingga akan menyebabkan pembuluh darah anda menjadi bengkak dan menyebabkan gejala wasir. (baca juga: penyebab wasir)

  1. Radang usus

Ketika feses terhambat untuk keluar melalui anus, usus akan terus berkontraksi untuk mengeluarkan feses. Seiring waktu, feses yang semakin kering akan melukai usus dan dalam tahap ekstrim, usus dapat robek dan terinfeksi. (baca juga: makanan yang sulit dicerna usus)

  1. Kanker usus

Kotoran yang terlalu lama berada dalam pencernaan akan menyebabkan radang usus dan kemudian infeksi. Infeksi tersebut terus berkontak dengan feses sehingga akan menyebabkan adanya virus kanker pada usus anda.

  1. Perut kembung

Feses yang menumpuk di dalam system pencernaan anda akan menghasilkan gas yang menyebabkan perut anda menjadi kembung dan terasa sangat tidak nyaman. (baca juga: cara mencegah masuk angin dan perut kembung)

  1. Penyakit lain

Buang air besar tidak lancar juga dapat menyebabkan berbagai penyakit lain meskipun kecil kemungkinannya, seperti gagal ginjal, gangguan jantung dan hormone dan lain lain.

Cara melancarkan buang air besar

  1. Cukupi kebutuhan air

Kekurangan air akan menyebabkan feses menjadi kering dan sulit untuk dikeluarkan. Mengkonsumsi air tidak hanya dapat melancarkan buang air besar namun juga dapat mencegah berbagai penyakit lainnya.

  1. Batasi konsumsi kafein

Kafein terbukti dapat mengurangi kelembapan pada system pencernaan dan menyebabkan feses menjadi kering dan sulit dikeluarkan. (baca juga: 20 efek bahaya kafein bagi tubuh)

  1. Sayuran dan buah buahan tinggi buah

Serat sangat berguna untuk menjaga kesehatan feses. Serat akan menjaga kelembapan feses sehingga tidak kering dan menjadi mudah disekresi melalui anus.

  1. Konsumsi probiotik

Makanan dan minuman yang mengandung probiotik seperti yoghurt dan produk minuman tertentu (yakult, vita charm, dll) dapat menjaga kesehatan pencernaan dan melancarkan BAB.