25 Makanan yang Dapat Menyebabkan Sakit Maag dan Lambung

8909

Bagi Anda yang memiliki lambung sehat, mengonsumsi makanan-makanan berikut ini dalam kadar berlebih dan frekuensi terlalu sering dapat memicu penyakit maag. Khusus untuk Anda penderita maag, makanan yang dapat menyebabkan sakit maag ini jelas perlu dihindari supaya penyakit tersebut tidak kambuh lagi. Sejumlah makanan dan minuman ini mampu membuat asam lambung meningkat yang akan membuat kondisi maag makin parah.

  1. Minuman Beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol bukan hanya akan memicu penyakit maag, tapi juga maag kronis yang menandakan bahwa Anda perlu menghentikan kebiasaan mengonsumsi minuman jenis ini. Minuman beralkohol sendiri tidaklah begitu baik untuk lambung karena dapat seketika menaikkan asam lambung. Minuman seperti wine dan bir juga berpengaruh dalam membuat saluran bagian bawah esofagus lemas dan akhirnya asam lambung pun naik dengan mudah.

Baca : Bahaya minum alkohol 70 persenPengaruh alkohol terhadap sistem sarafEfek bahaya alkohol

  1. Cokelat

Jika Anda sudah memiliki penyakit maag, sekalipun Anda adalah penggemar cokelat, makanan ini perlu dihindari. Bagi Anda yang tidak mempunyai penyakit maag pun harus tetap waspada agar tidak terlalu banyak mengonsumsi cokelat. Kandungan kakao yang tergolong sebagai stimulan akan membuat kadar asam lambung meningkat secara instan. Cokelat juga diketahui mengandung banyak lemak dan perlu diketahui juga bahwa lemak dapat memengaruhi asam lambung sehingga pandai-pandailah Anda untuk menghindari godaan nikmatnya cokelat dalam bentuk apapun.

Baca : Bahaya cokelat bagi kesehatan

  1. Kue Tar

Beberapa dari Anda mungkin akan mengonsumsi kue tar setahun sekali atau paling tidak dua atau tiga kali setahun ketika merayakan ulang tahun Anda atau orang terdekat. Namun, pasti banyak dari Anda yang juga mengonsumsi kue tar terlalu sering saking cintanya dengan jenis kue ini sehingga tidak sabar bila harus menunggu sampai ulang tahun tahun depan. Sayangnya, kabar buruknya adalah kue tar dapat menimbulkan sakit maag khususnya jika dimakan terlalu sering dan dalam porsi besar. Kue tar memang adalah salah satu makanan lezat yang pasti anak-anak dan orang dewasa suka karena adanya krim yang nikmat. Hanya saja, lemak di dalam kue tar-lah yang seharusnya diwaspadai. Sama seperti cokelat, lemak di dalam kue tar dapat memengaruhi kenaikan asam lambung.

Baca : Gejala sakit maag pada anakBahaya jeruk nipis bagi penderita maagGejala maag kronis

  1. Permen Karet

Permen karet biasanya tidak dimakan namun hanya dikunyah dan yang ditelan hanyalah sarinya. Sepintas permen karet tampak tidak mungkin menyebabkan asam lambung naik alias makanan yang dapat menyebabkan sakit maag, namun permen karet yang bebas gula biasanya juga mengalami pengolahan dengan menggunakan gula alkohol untuk membuatnya menjadi terasa manis. Gula alkohol inilah yang membuatnya sulit dicerna, seperti xylitol, mannitol, serta solbitol sehingga mau tidak mau akan memengaruhi kondisi lambung.

Selain itu, cara mengonsumsi permen karet adalah mengunyahnya terus sampai tidak ada rasanya dan mengunyah ini akan membuat Anda menelan lebih banyak udara sadar atau tidak. Hal ini akan membuat gas makin banyak di dalam tubuh dan Anda akan otomatis bakal sering bersendawa. Untuk mengurangi gas, Anda sebaiknya menghentikan kebiasaan makan permen karet demi menjaga kesehatan lambung.

Baca : Bahaya menelan permen karetBahaya permen karetBahaya anak menelan permen karet

  1. Minuman Bersoda

Soda atau minuman berkarbonasi tidak akan baik untuk kesehatan lambung karena justru inilah yang akan memicu sakit maag apabila terlalu sering mengonsumsinya. Walau memang tergantung dari tingkat daya tahan tubuh dan metabolisme seseorang, jumlah udara yang masuk ke dalam tubuh pun akan bertambah secara signifikan yang tidak dapat Anda hindari atau abaikan. Minuman bersoda pun tidak ada kalorinya sama sekali sehingga tidak ada energi juga yang bisa Anda dapatkan dari minuman seperti ini.

Ingat selalu bahwa bahan minuman dari soda akan dapat membuat penyakit maag muncul karena adanya kandungan asam yang akan membuat asam lambung naik. Efek karbonasinya pun tidak akan baik untuk kesehatan karena akan mebuat perut kembung serta tidak nyaman. Dari efek karbonasi tersebut maka ada kemungkinan akan membuat gas tertimbun di dalam perut.

Baca : Bahaya minuman bersoda

  1. Cabai

Untuk beberapa orang pecinta pedas, makan tanpa cabai akan pasti akan terasa tidak lengkap. Namun sayangnya cabai pun dapat memicu yang namanya sakit maag karena rasa pedasnya akan membuat ekstresi asam lambung terangsang. Pernah bukan Anda kebanyakan makan pedas dan efeknya pun menjadi mulas di perut? Ternyata tak hanya rasa mulas yang ditawarkan oleh cabai, tapi juga penyakit maag dan bagi yang sudah memiliki sakit maag sangat dianjurkan untuk menghindari cabai.

Baca : Bahaya makanan pedas

  1. Bawang Merah

Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang memang kelihatannya baik-baik saja dan tidak ada efek berbahaya bagi lambung apalagi menimbulkan sakit maag. Hanya saja perlu diketahui bahwa bawang ini mengandung gula alami yang disebut dengan fruktosa. Ketika mengonsumsi bawang merah terlalu banyak, seperti halnya sorbitol dan rafinosa, kandungan fruktosanya akan memicu munculnya gas yang cukup banyak di perut saat bakteri di dalam usus Anda memecahnya.

  1. Teh

Baik itu minuman atau makanan yang mengandung teh, sebaiknya tidaklah dikonsumsi berlebih bagi yang tidak memiliki sakit maag. Sedangkan yang memiliki sakit maag, teh perlu sangat dihindari dan bahkan tidak dikonsumsi. Selain kopi, teh juga mengandung kafein yang akan dapat membuat penyakit maag muncul. Kebanyakan orang mengira bahwa teh jauh lebih aman dari kopi.

Teh pun memang menjadi minuman favorit masyarakat Indonesia karena teh, baik itu manis atau tawar, senantiasa mendampingi apapun jenis makanan yang dinikmati. Teh juga dapat menjadi teman bersantai di sore hari bersama dengan gorengan atau cemilan lainnya. Namun, ingat bahwa tingkat kafein di dalam teh pun akan mampu membuat asam lambung naik dan memicu sakit maag kronis jika konsumsi teh terlalu sering dalam jangka waktu lama.

Baca : Makanan dan minuman yang mengandung kafeinBahaya kafein

  1. Kubis

Sayuran selalu dikatakan baik untuk kesehatan, namun tidak semua sayuran baik untuk kondisi tertentu. Ambil contoh kubis di mana kubis termasuk makanan yang mengandung gas tinggi dan jenis sayuran ini seringkali Anda jumpai dan bahkan mungkin kerap Anda konsumsi, namun sebenarnya kubis ini dapat meningkatkan risiko sakit maag. Tidak semua sayuran tidak aman untuk lambung, hanya saja kubis menjadi salah satu yang perlu dihindari oleh para penderita penyakit maag agar tidak mudah kambuh.

Bagi yang gemar mengonsumsi masakan dengan kubis, sebaiknya pun tidaklah terlalu sering apalagi dalam porsi besar karena ada gas berlebih yang mampu diproduksi oleh kubis ini. Selain itu juga Anda perlu tahu bahwa kubis merupakan jenis sayuran dengan kandungan gula kompleks atau rafinosa yang tidak akan baik untuk lambung. Ada baiknya untuk sekarang berpikir dua kali sebelum menyantap makanan dengan bahan kubis.

  1. Brokoli

Menjadi salah satu jenis sayuran yang sering direkomendasikan untuk dikonsumsi untuk anak-anak dan dewasa, ternyata brokoli pun juga sama dengan kubis. Sayuran ini menjadi salah satu pemicu datangnya sakit maag atau bahkan dapat memperparah penyakit maag yang sudah ada. Alasan yang sama dengan kubis, brokoli memiliki kemampuan menghasilkan gas berlebih di dalam lambung dan kandungan gula kompleksnya juga cukup perlu diwaspadai.

Meski disebut-sebut sebagai sayuran yang bermanfaat dan menyehatkan, rupanya brokoli pun memiliki sisi yang tak terduga. Sayuran ini jika dikonsumsi secara banyak dan sering akan membuat asam lambung naik sehingga sebaiknya hindari makan terlalu banyak dan sering atau putuskan untuk menghindari sayuran ini sama sekali. Masih ada jenis sayuran lain yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan lambung Anda, jadi tidak perlu berpatok pada brokoli saja ketika hendak menikmati masakan dengan sayuran.

Baca : Cara mencegah asam lambung –  Makanan penyebab asam lambung

  1. Hamburger

Sebagai salah satu makanan yang dicintai oleh banyak orang, hamburger memang merupakan junk food yang nikmat namun dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Tidak hanya sekadar makanan pemicu kanker, hamburger juga dapat memicu penyakit maag apabila dimakan terlalu sering. Hamburger telah diketahui kandungan lemaknya yang sangat tinggi sehingga dipastikan akan membuat asam lambung menjadi naik.

Bagi para penderita sakit maag memang wajib menghindari hamburger dan dianjurkan untuk memilih cemilan sehat seperti buah yang aman untuk lambung. Ketika lemak tak jenuh dari hamburger terlalu lama tertimbun di dalam pencernaan dan kemudian tak selang berapa lama Anda mengonsumsinya lagi maka asam lambung yang berlebih akan terpicu dan hal inilah yang akan membuat sakit maag menyerang.

Baca : Bahaya junk food

  1. Keju

Makanan yang dikenal sebagai produk susu ini dikenal mengandung kandungan laktosa dan laktosa sendiri adalah gula yang biasa ditemukan di dalam susu serta es krim. Bagi beberapa orang yang tidak memroduksi enzim laktase secara cukup maka akan mengalami kesulitan saat akan mencerna laktosa. Kondisi seperti ini lebih dikenal dengan sebutan intoleransi laktosa dan salah satu contoh gejala intoleransi laktosa adalah peningkatan gas yang ada di dalam lambung.

Apabila Anda mungkin berpikir bahwa Anda adalah seseorang yang memiliki kondisi intoleransi laktosa cobalah untuk tidak mengonsumsi keju, namun produk susu lainnya yang lebih aman. Makanan dengan laktosa dapat membuat asam lambung terpengaruh pula, maka dianjurkan untuk mencari jenis makanan dari susu lainnya yang lebih baik untuk lambung.

  1. Anggur

Buah tidak selamanya baik untuk tubuh dan tidak semua anggur memberikan efek positif bagi tubuh, dan anggur adalah makanan yang bisa menjadi penyebab penyakit maag. Buah ini memiliki daging yang kenyal dan juga mempunyai getah sehingga akan membuat lambung sulit mencernanya.

Ingat bahwa makanan yang sulit dicerna usus dapat menyebabkan sakit lambung, dan memberikan gejala perut melilit. Ketika perut sudah terasa melilit akibat mengonsumsi anggur, perut pun akan terasa perih juga; untuk dapat menjadi normal lagi akan cukup lama.

Baca : Bahaya tidak lancar buang air besar

  1. Tape

Makanan yang bisa membuat penyakit maag timbul serta dapat berkemungkinan membuat penyakit maag makin parah adalah tape di mana kandungan gasnya cukup tinggi. Sama seperti soda dan minuman beralkohol, gas di dalam tape dapat menaikkan asam lambung sehingga sangat perlu dihindari meski Anda begitu menyukai makanan ini. Kurangi frekuensi mengonsumsi makanan ini atau jika bisa langsung hindari konsumsi tape sama sekali untuk membuat lambung tetap sehat.

Baca : Pantangan asam lambung

  1. Santan

Masyarakat Indonesia sangat suka dengan makanan berbau santan, namun bagi penderita maag, santan seharusnya sudah tidak lagi masuk di dalam daftar menu Anda. Santan apalagi yang kental akan mampu membuat asam lambung naik dengan mudah karena kandungan lemaknya yang tinggi. Makanan berlemak seharusnya dihindari oleh para penderita maag, sedangkan yang telah memiliki gejala sakit maag, perlu mengurangi konsumsi santan secara lebih ketat karena lemak di dalam santanlah yang akan membuat penyakit maag makin parah.

Baca : Lemak transMakanan yang mengandung lemak jenuh  – Jenis – jenis lemak

  1. Duku

Para penderita sakit maag wajib memerhatikan apa yang dikonsumsi karena makanan yang sulit dicerna akan memberikan kesulitan bagi lambung. Duku adalah buah yang sebenarnya manis dan segar, tapi Anda pasti tahu betul bahwa buah ini bakal sangat sulit dikunyah hingga halus dan termasuk di dalam buah yang sukar dicerna. Di dalam duku juga terdapat getah yang akan membuat lambung nantinya akan melilit. Itulah alasan mengapa duku sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak atau bahkan kalau bisa dihindari supaya tidak memengaruhi kondisi maag.

  1. Jeruk

Buah satu ini memang memberikan segudang nutrisi bagi pengonsumsinya karena terdapat vitamin C juga yang akan mencegah dari penyakit panas dalam. Kandungan vitamin C juga dikenal sangat baik untuk kesehatan kulit. Namun sayangnya jeruk bukanlah makanan yang tepat untuk kesehatan lambung. Mengonsumsinya terlalu sering dan banyak, apalagi Anda telah mengalami gejala sakit maag, kondisi ini dapat makin diperparah.

Segala makanan maupun minuman yang rasanya asam dapat menimbulkan asam lambung naik dengan cepat. Entah Anda memakan buahnya secara langsung, membuatnya sebagai jus atau mungkin mengonsumsi makanan dengan bahan jeruk, mengonsumsi terlalu banyak dapat mengganggu kesehatan lambung. Khusus penderita sakit maag, konsumsilah buah yang aman untuk lambung.

Baca :  Buah yang mengandung vitamin CMakanan yang mengandung vitamin CPenyakit akibat kekurangan vitamin C

  1. Nanas

Buah ini terkadang bisa terasa asam, namun ketika mendapatkan yang manis, maka akan terasa sangat segar di mulut. Teksturnya yang empuk juga membuat banyak orang, terutama para wanita, menyukai buah ini. Kabar buruknya adalah nanas dapat membuat penderita sakit maag menjadi lebih parah dan bisa-bisa juga menjadi pemicu penyakit maag bagi yang tidak menderita sakit maag.

Disebut menjadi salah satu buah yang kurang aman dikonsumsi, nanas memang akan membuat perut tidak nyaman setelah mengonsumsinya. Kandungan alkohol alami di dalam nanas tidak akan baik untuk yang sudah mengalami gejala sakit maag. Walau terasa manis sekalipun, cobalah untuk menghindari buah ini dan beralih ke buah lainnya yang lebih aman untuk kesehatan lambung.

  1. Tomat

Sama seperti jeruk, tomat adalah buah yang memberikan rasa asam dan ketika Anda yang sudah menderita maag atau setidaknya mengalami gejala maag, rasa asam tersebut dapat memengaruhi peningkatan asam lambung. Tomat biasanya memang tidak dimakan begitu saja, namun disajikan dalam bentuk lalapan atau bisa juga diolah menjadi saus.

Apapun bentuknya, entah itu buahnya langsung, dibuat saus tomat atau bahkan jus tomat, Anda sebaiknya menghindari mengonsumsinya agar tidak membuat kondisi lambung makin parah. Tomat termasuk salah satu jenis buah dan sayuran yang sangat mudah untuk dihindari karena bukanlah makanan wajib dan lebih seringnya digunakan sebagai pelengkap sajian.

Baca : Kandungan gizi tomat

  1. Mie

Makanan ini termasuk makanan yang paling sering Anda jumpai dan nikmati tentunya, namun rupanya mie juga menyimpan bahaya bagi kesehatan lambung. Makanan ini pun dapat menyebabkan maag serta memicu kondisi sakit maag menjadi makin parah apalagi jika mengonsumsinya dalam jumlah besar. Segala jenis mie, termasuk bihun pun sebaiknya dihindari, khususnya bagi para penderita sakit maag. Makanan yang mengandung karbohidrat tidaklah baik untuk lambung, terutama yang sudah memiliki sakit maag.

Baca : Bahaya makan nasi dengan mie instanBahaya makan mie dengan nasiEfek samping mie instan

  1. Kedondong

Beberapa orang sangat menggemari makanan yang rasanya asam, tapi perlu juga memerhatikan apakah lambung dalam keadaan baik atau tahan dengan keasaman tersebut. Kedondong adalah salah satu jenis buah yang disebut tidak aman untuk kesehatan lambung. Untuk Anda yang sudah mempunyai penyakit maag atau sudah mengalami gejala maag, dianjurkan supaya menjauhi buah kedondong seberapa besar pun Anda menyukainya.

Makanan yang rasanya asam, seperti kedondong ini kerap dianggap sebagai makanan yang asyik dikonsumsi karena memberikan efek segar setelahnya bagi tubuh. Namun, rasanya yang asam dapat membuat asam lambung terangsang naik dan inilah yang memicu datangnya penyakit lambung. Jadi sangatlah disarankan bagi para penderita sakit maag untuk mengonsumsi buah-buahan lain yang dapat mengatasi gangguan lambung dan yang tidak mudah membuat asam lambung naik supaya Anda tetap nyaman.

  1. Pisang Ambon

Pisang memang disebut-sebut baik untuk maag, namun lihat-lihat juga jenis pisangnya karena jika Anda memilih pisang ambon yang berukuran besar ini, justru akan membuat kondisi lambung menjadi tidak baik. Lambung akan dibuat tidak nyaman karena buah ini dapat menghasilkan gas yang juga akan memberikan pengaruh bagi asam lambung untuk naik. Pilihlah pisang yang aman dikonsumsi dan berdampak baik untuk kondisi penyakit maag Anda.

Pisang mas adalah pisang berukuran kecil yang terbilang aman untuk maag sehingga bagi Anda yang sudah menderita maag, boleh mengonsumsi pisang mas ketimbang pisang ambon. Atau jika khawatir bahwa jenis pisang lain akan sama bahayanya, maka pilihlah cemilan buah lainnya yang bagus dan dijamin aman untuk lambung.

Baca : Bahaya pisang karbitKhasiat buah pisangEfek terlalu banyak makan pisang

  1. Nangka

Buah rupanya tidak selalu bagus untuk kesehatan, termasuk buah nangka. Tidak hanya jeruk dan tomat yang memiliki peran besar dalam membuat kondisi maag menjadi serius. Penyakit maag dapat menjangkit siapa saja dan untuk mencegah agar penyakit ini tidak menjadi akut, buah nangka yang mengandung banyak gas ini tidak akan baik untuk lambung dikarenakan asam lambung menjadi cepat naik.

Bila Anda perhatikan, nangka bukanlah dari golongan buah rasa asam karena rasa nangka manis dan lezat, jadi mengapa nangka disebut-sebut penyebab penyakit maag? Buah yang tidak terasa asam belum tentu menjadi makanan yang dapat menyebabkan sakit maag karena nangka sendiri memiliki kandungan gas yang buruk bagi lambung.

  1. Semangka

Satu lagi buah yang segar ketika dinikmati saat musim kemarau dan saat cuaca sedang panas-panasnya, yaitu semangka. Rasa asam pada buah memang dapat memicu sakit maag, namun semangka sama sekali tidak memiliki rasa asam dan justru sangat manis dan memberi kesegaran bagi tubuh. Semangka terasa manis namun di dalamnya terdapat zat asam yang bisa membahayakan lambung di mana asam lambung akan naik. Itulah alasan mengapa orang yang punya sakit maag sebaiknya memilih buah lain selain dari semangka agar lambung tidak terkena zat asamnya.

  1. Durian

Buah lainnya yang disebut-sebut sebagai penyebab sakit maag adalah durian. Durian sendiri termasuk di dalam deretan buah yang sering dimasukkan ke pantangan penderita kolesterol, jantung, hipertensi dan penyakit serius lainnya. Durian adalah buah yang cukup berbahaya dan salah satunya adalah meningkatkan risiko sakit maag serta risiko memperparah sakit maag walau bukan buah yang rasanya asam.

Sama seperti nangka dan semangka, durian pun banyak sekali penikmatnya namun sayangnya kadar gas di dalamnya begitu banyak sehingga mampu membuat lambung menjadi tidak nyaman. Asam lambung dapat dipengaruhi oleh gas yang terkandung di dalam durian. Hati-hati bagi para penderita maag, karena durian walau sudah diolah menjadi panganan atau minuman lainnya, ini akan tetap berisiko bagi Anda.

Baca : Bahaya makan durian

Itulah beberapa makanan berbahaya yang tidak boleh dikonsumsi bagi penderita maag. Mengkonsumsi makanan tersebut akan membuat lambung akan semakin naik dan menimbulkan rasa sakit. Oleh sebab itu sebaiknya anda membatasi atau justru menjauhi semua makanan tersebut.