23 Efek Samping Mie Instan Bagi Kesehatan Yang Mematikan

15360

Mie instan adalah makanan siap saji yang memiliki beraneka macam rasa. Selain enak, cara penyajiannyapun terbilang sangat cepat. Namun dibalik keenakan rasa makanan tersebut tersembunyi berbagai dampak negative yang dapat mengancam kesehatan kita.

Adapun efek samping mie instan bagi kesehatan yang mematikan tersebut diantaranya adalah :

  1. Menurut beberapa sumber, dalam mie instan terkandung zat lilin yang berbahaya. Jika kita mengkonsumsi makanan tersebut secara terus menerus, maka zat lilin tersebut akan semakin menumpuk dalam tubuh. Dan pastinya hal itu akan meningkatkan resiko penyakit yang berbahaya seperti kanker.
  2. Dalam pembuatan mie instan juga diketahui menggunakan zat pewarna buatan (tartrazine). Zat ini juga berbahaya bagi tubuh, efek samping negatif dari zat ini adalah meningkatkan resiko terjangkitnya asma.
  3. Selain itu dalam mie instan juga terdapat kandungan natrium dan kadar garam yang cukup tinggi. Hal ini bisa berakibat tidak baik bagi penderita hipertensi, jantung, dan ginjal
  4. Kandungan gizi pada mie instan tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi penting yang sangat diperlukan tubuh kita, misalnya vitamin, mineral, serta protein.
  5. Mie instan lebih banyak mengandung karbohidrat serta lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Hal ini akan memicu terjadinya obesitas
  6. Kandungan sodium dalam mie instan bisa menyebabkan terjadinya hipertensi, kerusakan ginjal dan juga stroke.
  7. Dalam mie instant terutama pada bumbunya mengandung MSG ( monosodium glutomat) yang cukup tinggi. Bagi mereka yang alergi terhadap zat ini bisa mengalami sesak nafas, sakit kepala, mual, hingga muntah.
  8. Terlalu sering mengkonsumsi mie instant juga berbahaya bagi sistem pencernakan tubuh kita. Kandungan zat didalamnya mengakibatkan susah buang air besar.
  9. Kandungan propylene glycol yang merupakan zat beku yang membuat mie tidak mengering. Jika zat ini terus menerus diserap tubuh maka akan menimbulkan masalah bagi organ hati, liver, serta ginjal.
  10. Kumpulan zat kimia serta zat pewarna pada mie instan merupakan racun yang siap membunuh kita pelan-pelan, yaitu dengan melemahkan sistem metabolisme tubuh secara bertahap.
  11. Ibu hamil yang sering mengkonsumsi mie instan dapat berdampak negative bagi perkembangan janin. Tak jarang hal ini mengakibatkan keguguran.
  12. Pada anak-anak, terutama bagi balita, mengkonsumsi mie instan dapat menyebabkan terhambatnya nutrisi bagi tubuh mereka, sehingga menghambat pertumbuhan mereka, dan menyebabkan anak menjadi kurang gizi dan daya pikir mereka kurang.
  13. Kandungan zat styrofoam pada pembungkus mie instan juga sangat berbahaya bagi tubuh. Zat ini bisa memicu menigkatkan resiko kanker.
  14. Kumpulan zat-zat kimia dalam mie instan juga dapat berdampak bagi kerusakan jaringan otak. Sinyal jaringan penerimaan otak akan menurun.
  15. Mengkonsumsi mie instan yang dicampur dengan nasi akan menyebabkan penyakit kencing manis. Karena nasi dan mie instan sama-sama mengandung zat karbohidrat yang tinggi. Sehingga jika kita mengkonsumsi keduanya secara bersamaan, maka kadar insulin dalam pankreas akan melonjak naik. Hal itu bisa merusak pankreas.
  16. Kebiasaan mengkonsumsi mie instan dapat menurunkan nafsu makan, terutama bagi anak-anak. Hal itu tentu saja mengakibatkan kurangnya nutrisi bagi mereka.
  17. Terlalu sering mengkonsumsi mie instan juga menyebabkan gangguan pada usus kita. Akibatnya kita bisa terjangkit usus buntu.
  18. Mie instan merupakan makanan yang sulit dicerna tubuh kita karena ia tak dapat hancur selama beberapa jam. Hal ini tentu akan membuat saluran pencernakan kita bekerja extra keras untuk mencernanya.
  19. Mie instan juga dapat menyebabkan penyakit maag.
  20. Kandungan MSG pada mie instant juga dapat meningkatkan resiko terjangkitnya asma.
  21. Dampak lainnya adalah terjangkitnya penyakit fybromyalgia, dimana penyakit ini ditandai dengan timbulnya rasa nyeri di berbagai titik tuuh kita.
  22. Terlalu sering mengkonsumsi mie juga mengakibatkan dinding usus menjadi tipis. Akibatnya sering terjadi kasus kebocoran pada usus.
  23. Melemahkan sistem kekebalan tubuh (immune).

Bahaya mie instan sudah terlalu banyak, jadi jangan terlalu konsumsi mie instan yah agar lambung dan usus tetap baik.

Tips Mengurangi Efek Nagatif Mie Instan

Adapun berikut ini beberapa tips dalam memasak dan menyajikan mie instant agar mengurangi tingkat resiko berbahaya bagi tubuh kita :

  1. Sebelum mulai memasak mie, perhatikanlah tanggal kadaluwarsa mie instan yang biasa tertera pada bungkusnya. Jangan sampai tubuh kita menyerap makanan yang sudah tak layak untuk dikonsumsi.
  2. Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji tersebut. Karena mie memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sedang nilai gizinya kurang.
  3. Patuhi cara memasak mie instan yang biasanya tertera pada bungkusnya. Rebus mie hingga matang (tanpa bumbu), setelah itu buanglah air rebusan tadi dan ganti dengan air yang baru. Hal tersebut bertujuan agar zat lilin yang terkandung dalam mie tidak ikut kita konsumsi.
  4. Karena bumbu mie instan banyak mengandung MSG serta bahan pengawet lain yang tak menyehatkan, sebaiknya penggunaan bumbu dikurangi.
  5. Tambahkan sayuran berserat tinggi saat memasak mie. Hal itu bertujuan untuk menyeimbangkan gizi yang nantinya akan diserap tubuh.
  6. Sebaiknya jangan mengkonsumsi mie instan bersamaan dengan nasi.

Meskipun dibuat lebih sehat, sebaiknya kita mengurangi atau menghindari mengkonsumsi mie instan. Terutama sekali sebaiknya kita tidak membiasakan anak-anak untuk mengkonsumsinya.