15 Penyebab Wasir Berdarah yang Patut Diwaspadai

Pernahkah Anda merasakan sakit yang menyerang bagian tubuh Anda? Penyakit yang tidak serius atau tergolong penyakit yang tidak berbahaya namun mempunyai rasa sakit yang mengganggu? Barangkali sebagian dari Anda pernah mengalami penyakit semacam ini. Penyakit ini adalah wasir atau ambeien. Penyakit wasir atau yang dikenal dengan nama ambeien ini adalah suatu penyakit yang menyerang pada bagian anus. Penyakit ini berhubungan dengan tekanan pada pembuluh darah. Wasir atau ambeien atau hemoroid merupakan penyakit yang berupa pembengkakan pembuluh darah yang membesar. Pembuluh darah yang membengkak ini berada di area pantat, baik di areabrektum maupun di dalam anus.

Gejala Wasir

Wasir atau ambeien ini kebanyakan merupakan penyakit yang tergolong ke dalam penyakit ringan, bahkan tidak menimbulkan gejala sama sekali. Namun terkadang penyakit ini juga dapat menimbulkan gejala- gejala tertentu seperti:

  • Terjadinya pendarahan saat setelah buang air besar. Dan warna darah yang keluar adalah berwarna merah terang.
  • Terkadang darah yang keluar ini bersamaan dengan keluarnya feses.
  • Saat melalui pemeriksaan atau roungent, ditemukan benjolan lunak kecil yang berada di permukaan anus. Adanya benjolan ini dapat menyebabkan rasa nyeri ketika duduk.
  • Adanya benjolan yang tergantung di bagian luar anus. Benjolan yang semacam ini biasanya harus didorong masuk ke dalam anus lagi setelah buang air besar.
  • Timbulnya gatal- gatal pada daerah sekitar anus, dan juga nyeri di permukaan anus atau pada tulang ekor.

Itulah beberapa indikator atau ciri- ciri atau gejala terjadinya penyakit wasir atau ambeien ini. Bila Anda mengalami beberapa ciri- ciri diatas, mungkin saja Anda terkena penyakit wasir. Maka dari itu apabilah kiranya Anda mendapari gejala- gejala di atas segeralah periksakan diri Anda ke dokter untuk memperoleh kepastian.

Penyakit wasir ini muncul karena berbagai sebab. Wasir ini tidaklah muncul dengan sendirinya, bila kita telusuri bersama, maka wasir ini muncul karena mungkin kebiasaan yang tidak kita sadari ataupun karena sebab- sebab tertentu. Meskipun penyebab wasir ini masih samar- samar atau kurang jelas,  namun diperkirakan penyakit ini kebanyakan dihubungkan dengan meningkatnya aliran serta tekanan darah. Tekanan seperti inilah yang menyebabkan pembuluh darah yang ada di aus menjadi membengkak dan mengalami peradangan. Secara umum penyakit wasir atau ambeien ini disebabkan oleh hal- hal sebagai berikut:

  1. Terlalu Banyak Duduk

Bekerja di depan komputer atau bekerja dengan mengandalkan tangan dan membutuhkan posis yang tenang seperti posisi duduk merupakan salah satu pemicu timbulnya penyakit wasir atau ambeien ini. Bayangkan saja jika bekerja seharian dengan jam kerja 7 hingga 8 jam sehari dan pada waktu jam kerja seperti itu kita hanya sesekali berdiri atau berjalan- jalan, dan sisanya adalah duduk, tentu saja duduk yang selama berjam- jam ini akan membuat badan terasa pegal dan juga pantat akan menjadi panas. Kita semua pasti pernah mengalami hal seperti itu. Atau jika kita sedang dalam perjalanan baik itu menaiki mobil, kendaraan umum atau motor yang waktu tempuhnya selama berjam- jam bahkan hingga berhari- hari, maka dalam hal ini bagian tubuh yang paling tersiksa adalah punggung dan juga pantat. Hal- hal semacam inilah yang terkadang membuat pantat terasa perih dan kemudian akan terasa sakit. Hal ini merupakan salah satu pemicu munculnya wasir atau ambeien ini.

Baca : Bahaya terlalu lama duduk di depan komputerBahaya kelamaan dudukBahaya duduk terlalu lama

  1. Terlalu Banyak Berdiri

Terlalu banyak duduk dapat menimbulkan penyakit wasir atau ambeien. Namun bagaimana jika seseorang terlalu lama berdiri? Ternyata terlalu lama berdiri juga tidak kalah membahayakan, yakni dapat juga menyebabkan penyakit wasir atau ambeien. Jadi, aktivitas yang berlebihanm dan terlalu banyak itu mempunyai sifat yang tidak baik, maka solusinya adalah lakukan segala aktivitas dengan serba secukupnya saja dan jangan terlalu berlebihan.

  1. Diare yang Bertahun- tahun atau Menahun

Penyakit diare menahun ini jarang sekali dialami oleh seseorang, namun adakalanya seseorang mengalami hal ini. Penyakit diare menahun ini bisa jadi merupakan penyakit yang memicu timbulnya wasir atau ambeien.

Jika seseorang merasa mempunyai penyakit seperti ini segera periksakan diri ke dokter, atau periksakan diri secara berkala ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda. Karena penyakit diare ini tidak hanya berhubungan dengan wasir saja namun juga pencernaan, yang mungkin saja ada masalah dengan pencernaan Anda yang sebaiknya harus diselesaikan.

Baca : Cara mencegah diareMakanan untuk penderita diareBahaya diare

  1. Ibu hamil dengan Perubahan Hormon

Penyakit wasir ini dapat menimpa saiapa saja, tidak memandang usia maupun kondisi. Salah satunya adalah ibu hamil. Seorang ibu yang sedang hamil bisa saja terkena resiko penyakit wasir atau ambeien ini. Hal ini karena pada ibu yang sedang hamil terdapat perubahan hormon. Saat ibu sedang hamil, tekanan pada rongga perut dan juga kulit akan meningkat dan juga meregang yang terjadi karena adanya janin yang ada di dalam kandungan. Hal ini diperparah karena adanya konstipasi atau sembelit yang berakibat timbulnya wasir. Kondisi serupa seperti ini juga bisa dialami oleh perempuan atau wanita yang setelah melahirkan atau setelah melakukan persalinan. Hal ini karena pada saat proses persalinan terjadi kondisi yang mengejan. Hal- hal seperti ini memicu timbulnya penyakit wasir atau ambeien.

  1. Genetik

Tahukah Anda bahwa di dunia ini ada beberapa penyakit yang timbul akibat dari faktor keturunan, entah orang tua ataupun anggota keluarga ada yang mengidap penyakit yang sama. Salah satu penyakit yang dapat terjadi karena faktor keturunan adalah wasir atau diabetes ini. Faktor keturunan memang selalu bisa dijadikan alasan karena terjadinya penyakit tertentu. Hal ini karena janin atau bayi mempunyai aliran darah dan juga hormon yang ditirunkan dari orang tuanya, sehingga kemungkinan apapun terkadang bisa terjadi.

Baca : Kelainan genetika

  1. Hubungan Seksual yang Tidak Biasa

Hubungan seksual yang biasa terjadi adalah antara suami istri yang dilakukan sewajarnya saja, yakni melalui alat kelamin masing- masing (pria dan wanita), yakni melalui penis yang bertemu dengan vagina. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa orang di dunia ini yang suka melakukan hubungan seksual secara tidak lazim. Dikatakan tidak lazim karena tidak melalui alat kelamin. Beberapa orang suka melakukan hubungan seksual melalui anus. Bayangkan saja hubungan seksual yang seharusnya dilakukan pada alat kelamin, ini justru dilakukan pada anus yang bukan tempatnya. Hal ini tentu saja sangat beresiko memunculkan adanya penyakit wasir atau ambeien. Tidak hanya itu saja resiko terkena penyakit kulit dan kelamin pun akan semakin tinggi.

Baca : Kutil kelaminKandidiasis

  1. Mengejan

Mengejan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan munculnya penyakit wasir atau ambeien. Dengan mengejan berarti otot- otot kita akan bekerja berkali- kali lipat lebih keras. Beberapa panyekita yang membuat seseorang atau penderitanya mengejan antara lain: pembesaran pada prostat jinak maupun kanker prostat, penyempitan pada saluran kemih, dan juga seringkali melahirkan bayi dalam jarak waktu yang cukup dekat. Terlalu sering mengejan ini tidak baik dan dapat menimbulkan penyakit wasir atau ambeien.

  1. Sembelit

Jenis penyakit apapun itu apabila durasi atau waktu kembuhnya dalam waktu yang lama akan menjadi berbahaya dan tidak baik, bahkan bisa memicu terjadinya penyakit lain. Apalagi jika penyakit itu berlangsung salama bebulan- bulan bahkan bertahun- tahun. Hal ini tentu saja sangat tidak baik bagi kesehatan dan resiko munculnya penyakit baru akan mudah sekali menyerang. Salah satu penyakit yang bisa ditimbulkan karena adanya penyakit yang menahun adalah penyakit wasir atau ambeien ini.

Penyakit tahunan yang dapat mengakibatkan timbulnya  penyakit wasir adalah sembelit atau konstipasi atau disebut juga obsitpasi. Sembelit atau konstipasi atau obsitpasi ini gejalanya berupa feses yang mengeras. Lalu feses yang keras ini otomatis menyebabkan penderitanya selalu mengejan apabila ia sedang buang air besar. Kondisi yang demikian ini apabila dibiarkan terus menerus maka akan memicu timbulnya wasir ataupun ambeien.

Baca : Makanan penyebab sembelit

  1. Penekanan pada Aliran Darah Vena

Penekanan kembali pada aliran darah yang ada di pembuluh vena juga menyebabkan salah satu pemicu timbulnya penyakit wasir atau ambeien ini.

  1. Kegemukan atau Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan ini sunggu benar- benar kondisi yang tidak sehat. Berbagai penyakit bisa bersarang di tubuh hanya karena satu faktor ini, yakni obesitas atau kelebihan berat badan. Tidak hanya diabetes, tekanan darah tinggi, jantung, kolesterol, asam urat saja, namun penderita obesitas ini juga sangat beresiko terkena berbagai penyakit lainnya. Dan salah satu penyakit yang berpotensi menyerang pederitas obesitas adalah wasir atau ambeien.

Baca : Bahaya obesitasPenyebab obesitas

  1. Kurangnya Cairan di Dalam Tubuh

Kondisi tubuh kekurangan cairan disebut juga dengan dehidrasi. Dehidrasi ini terjadi saat kita kurang mengonsumsi cairan sehingga kadar cairan yang ada di dalam tubuh menjadi kurang. Kondisi tubuh di saat dehidrasi atau kekurangan cairan ini dapat menyebabkan timbulnya penyakit wasir atau ambeien. Hal ini karena kekurangan cairan akan menyebabkan tubuh kurang berair sehingga lama- kelamaan akan menimbulkan sembelit pada saat buang air besar. Dan pada saat yang demikian karena terlalu banyak mengejan saat buang air besar, maka akan timbul masalah wasir atau ambeien.

Baca : Bahaya dehidrasi

  1. Kurangnya Asupan Makanan yang Berserat

Serat merupakan salah satu jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Serat ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama pada bagian pencernaan. Apabila kita mengalami masalah pencernaan, misalnya pencernaan kurang lancar, itu tandanya kita kurang mengonsumsi serat. Serat ini sangat bagus digunakan karena dapat memperlancar sistem pencernaan. Oleh sebab itu, konsumsi serat yang cukup akan membantu kita untuk menjauhkan diri dari datangnya penyakit wasir atau ambeien. Hal ini karena pencernaan yang lancar akan menjauhkan kita dari gangguan sembelit yang secara nyata dapat menjadi salah satu hal yang menimbulkan wasir atau ambeien.

Baca : Akibat kelebihan seratMakanan yang mengandung serat tinggiAkibat kurang serat

  1. Mengangkat Beban Berat

Apabila kita sedang melakukan aktivitas angkat jinjing, usahakan untuk mengangkat beban yang sewajarnya saja, jangan terlalu berat. Mengangkat beban yang sangat berat dapat membuat kita beresiko terkena penyakit wasir dan juga ambeien,

  1. Kurang Olahraga

Olahraga memang merupakan aktivitas yang penting dan bermanfaaat bagi tubuh kita. Kurang olahraga dapat membuat tubuh kita terserang berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang timbul karena kurangnya aktivitas olahraga adalah wasir atau ambeien ini, wasir atau ambeien dapat timbul karena seseorang kurang olahraga.

Baca : Akibat kurang olahraga

  1. Kesalahan dalam Berolahraga

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwasannya olahraga merupakan aktivitas yang baik dan juga bermanfaat. Namun perlu diingat juga bahwa olahraga ini harus dilakukan dengan tepat dan benar. Kesalahan dalam melakukan olahraga ini justru dapat memicu timbulnya penyakit. Salah satu penyakit yang dapat timbul karena melakukan kesalahan dalam olahraga. Dalam melakukan olahraga perlu diketahui waktu yang tepat dan juga teknik- teknik yang benar, jangan terlalu lama juga karena itu akan menimbulkan bahaya.

Itulah beberapa hal- hal yang menjadi penyebab penyakit wasir atau ambeien. Setelah kita mengetahui penyebabnya, semoga kita dapat menghindarinya dan sebisa mungkin menjaga kesehatan kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.