Ascomin – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

460

Ascomin ialah satu dari beberapa jenis obat yang biasa digunakan untuk menyembuhkan salah satu penyakit yang disebabkan oleh hewan parasit cacing di dalam tubuh manusia. Umumnya, penyakit tersebut dikenal dengan penyakit cacingan. Penyakit ini menyerang hampir 75% masyarakat Indonesia minimal dirasakan sekali dalam seumur hidupnya. Tak hanya menjangkit penderita dari lingkungan yang kotor dan kumuh saja, penyakit cacingan ini juga bisa menyerang siapa saja dan dimana saja mereka tinggal dan berkembang termasuk di lingkungan yang bersih sekalipun.

Ascomin memiliki bentuk yang cair sehingga mudah dikonsumsi dan langsung larut bersama dengan nutrisi lain yang ada di dalam tubuh. Obat yang diproduksi oleh Minorock ini masuk ke dalam golongan obat yang harus menggunakan resep dokter untuk dapat mengonsumsinya.

Kandungan Ascomin

Ascomin memiliki satu bahan aktif yang berperan maksimal untuk melawan cacing parasit dalam tubuh yaitu Piperazine. Piperazine sendiri obat yang masuk ke dalam golongan obat anthelmintics yaitu obat yang digunakan untuk menyembuhkan infeksi dan ganguan yang disebabkan oleh cacing. Piperazine bekerja secara maksimal dengan melumpuhkan cacing yang ada di dalam tubuh dan membuang cacing tersebut bersamaan dengan tinja.

Fungsi Ascomin

Ascomin difungsikan untuk menyembuhkan penyakit cacingan yang disebabkan oleh dua jenis cacing yaitu cacing gelang umum atau ascariasis dan cacing kremi atau oxyuriasis yang keduanya meruapakan cacing parasit dan sangat merugikan tubuh manusia.

Dosis Penggunaan Ascomin

Dalam menggunakan Ascomin, terdapat beberapa jenis dosis yang harus digunakan sesuai dengan aturan yang ada. Dosis penggunaan Ascomin diantaranya:

  • Untuk penderita anak usia 1-2 tahun
    • Diberikan 1 kali sehari dengan mengonsumsi 1 sendok teh Ascomin dan harus diminum setelah makan
  • Untuk penderita anak usia 3-5 tahun
    • Diberikan 1 kali sehari dengan mengonsumsi 2 sendok teh Ascomin dan harus diminum setelah makan
  • Untuk penderita anak usia diatas 6 tahun hingga dewasa
    • Diberikan 1 kali sehari dengan mengonsumsi 1 sendok makan Ascomin dan harus diminum setelah makan

Efek Samping Ascomin

Hingga saat ini belum ada yang menyebutkan bahwa Ascomin apabila dikonsumsi akan menimbulkan efek samping tertentu dan menimbulkan risiko serius.

Kontaindikasi Ascomin

Terdapat beberapa kondisi yang harus diperhatikan saat akan berencana mengonsumsi Ascomin atau bahkan saat sedang mengonsumsi Ascomin, Berikut beberapa kondisi yang mampu menimbulkan kontraindikasi pada pengguna Ascomin:

  • Penggunaan Ascomin pada pengguna yang sedang menderita penyakit ginjal harus dibawah pengawasan yang ketat karena mampu menimbulkan resiko lain atau meningkatkan tingkat keparahan penyakit ginjal tersebut.
  • Pengguna yang memiliki riwayat alergi atau hipersensitivitas terhadap Ascomin tidak disarankan untuk mengonsumsi Ascomin. Sebagai opsi, konsultasikan dengan dokter dan minta resep atau pilihan obat lainnya yang tergolong aman.
  • Pengguna dengan gangguan hati seperti sirosis hati diharapkan untuk menggunakan Ascomin dengan hati-hati dan sesuai dengan dosis dan jadwal penggunaan yang sesuai.
  • Ascomin dapat diberikan kepada pengguna yang pernah mengalami epilepsi atau memiliki riwayatnya namun perlu diberikan pengawasan yang ketat karena mampu memberikan efek samping berupa kejang.

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan

Dalam mengonsumsi Ascomin, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan denganbik dan bijak agar pengguna selalu dalam kondisi aman. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan:

  • Jauhkan Ascomin dari jangkauan anak, balita dan hewan peliharaan
  • Simpan Ascomin di suhu ruangan yang sesuai sekitar 5 hingga 30 derajat celsius
  • Jauhkan Ascomin dari paparan sinar matahari secara langsung
  • Simpan Ascomin di tempat yang kering, sejuk dan tidak lembab. 
  • Tidak diperkenankan untuk menggandakan dosis penggunaan Ascomin  tanpa sepengetahuan atau ijin dari dokter atau tenaga ahli medis lainnya.
  • Tidak diperkenankan untuk membuang Ascomin di saluran pembuangan seperti drainase karena dinilai mampu merusak lingkungan, kecuali diinstruksikan seperti itu
  • Tidak diperkenanakan untuk mengonsumsi Ascomin dalam dosis ganda apabila pengguna melewatkan waktu atau jadwal konsumsi sebelumnya.
  • Tidak diperkenankan mengonsumsi minuman alkohol selama menggunakan Ascomin

Ascomin Untuk Wanita Hamil

Hingga saat ini belum ada penelitian atau sumber yang mengatakan bahwa wanita yang sedang hamil atau menyusui tidak diperkenankan untuk mengonsumsi Ascomin dengan alasan mampu mengganggu kesehatan dan tumbuh kembang janin atau balita. Namun, untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan, perlu adanya konstrol dan konsultasi dengan dokter atau tenaga ahli medis lainnya agar wanita yang sedang hamil atau menyusui bisa menggunakan Ascomin dengan baik dan dosis yang tepat.