39 Cara Menjaga Kesehatan agar Tidak mudah Sakit

8261

Sehat merupakan keadaan seseorang tidak terkena penyakit sehingga bisa melakukan aktivitas dengan baik. Baik itu aktivitas belajar,bekerja,bersantai maupun berkumpul dengan teman atau sahabat dan keluarga. Keadaan tubuh yang sehat membantu kita tetap bisa memanfaatkan waktu secara produktif tanpa halangan. Namun ada saja situasi yang menyebabkan kita terkena penyakit baik itu dari lingkungan yang tidak sehat,diri sendiri yang tidak memperhatikan kesehatan dan tekanan secara psikologis karena banyaknya masalah yang dihadapi sehingga bisa juga mengganggu kesehatan mental.

Oleh karena itu, kesehatan merupakan aset berharga karena ketika sakit kita baru sadar betapa nikmatnya saat sehat. Sebelum terlambat, sebaiknya kita mengambil langkah pencegahan sebelum terjatuh sakit. Kesehatan bisa terwujud tergantung “sikap” dan “cara” kita dalam bertindak atau dengan kata lain antusias kita dalam menjaga kesehatan tubuh. Di bawah ini ada beberapa cara menjaga kesehatan tubuh:

Makanan dan Minuman

Kebutuhan nutrisi manusia menjadi hal yang paling penting dalam menjaga metabolisme tubuh yang sehat. Termasuk dengan kebutuhan air yang sangat diperlukan untuk mencegah dehidrasi membuang toksin serta mengatur suhu dalam tubuh, dari kelelahan maka sebaiknya kita rutin untuk banyak minum air putih. Dengan konsumsi makanan sehat dan banyak minum air putih, akan membantu tubuh terhindar dari penyakit.

Berikut ini jenis makanan minuman yang menyehatkan seperti :

1. Teh hijau

Teh ini banyak mengandung antioksidan, polifenol, flavanoid dan flouride. Adapun manfaat dari antioksidan ,polifeno dan flavanoid adalah melindungi sel-sel tubuh dari zat penyebab penyakit kanker yakni zat karzinoge. Flouride bermanfaat untuk melindungi dan cara menjaga kesehatan gigi dari kerusakan.

2. Jus Lemon

Minuman ini menyehatkan bagi tubuh karena jus lemon terdiri vitamin, terutama buah yang mengandung vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat. Buah inii akan membuat tubuh segar kembali setelah beraktivitas padat yang melelahkan.

3. Susu kedelai

Susu kedelai bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan mencegah penyakit kardiovaskular. Hal ini disebabkan karena susu kedelai terdiri dari makanan yang mengandung protein nabati dan kandungan serat larut yang menyehatkan bagi tubuh.

4. Air kelapa

Air kelapa yang menyegarkan juga sangat berguna bagi tubuh. Di saat kehausan air kelapa dapat diminum untuk mencegah tubuh dari dehidrasi. Adapun kandungan dari air kelapa yaitu terdiri dari kalium, kalsium, natrium, belerang, fosfor dan klorida. Air kelapa bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil dan pencegahan dari penyakit diare.

5. Jus tomat

Tomat selain banyak mengandung vitamin A, tomat juga merupakan makanan yang mengandung antioksidan lycopene. Kandungan antioksidan lycopene membantu tubuh untuk terhindar penyakit akut seperti kanker perut,kanker serviks,penyakit paru-paru,gangguan pada pankreas dan usus besar.

6. Minuman jahe

Jahe berguna dalam menetralisir racun (toksin) dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh dapat terjaga. Selain itu jahe yang diseduh dengan air hangat dapat membuat tubuh hangat dan mengurangi rasa lelah setelah beraktivitas seharian.

7. Minuman yang dicampur yogurt

Kandungan yogurt yaitu terdiri zat lactobacillus yang bermanfaat untuk membuat kekebalan tubuh meningkat dan mampu melawan penyakit kanker maupun infeksi.

8. Mengkonsumsi madu

Madu sangat bermanfaat bagi tubuh yakni dapat menjadi daya tahan tubuh meningkat dan menjaga tubuh dari serangan penyakit termasuk dalam mengatasi penyakit asma, alergi dan membantu dalam meningkatkan kesehatan kulit. Jadi madu ini bermanfaat sebagai antibodi dan antiseptik untuk kesehatan.

9. Konsumsi bawang putih

Kandungan bawang putih yaitu berupa allicin yang berguna sebagai antibakteri maupun antivirus. Selain itu sangat ampuh dalam membunuh virus penyebab influenza. Bawang ini dapat dikonsumsi dengan mencampurkannya pada sup atau olahan masakan lain selain sebagai penyedap, ia juga bermanfaat bagi peningkatan kekebalan tubuh,meningkatkan produksi sel darah putih dalam melindungi tubuh dari kuman penyakit. (baca juga : efek samping bawang putih)

10. Membiasakan mengkonsumsi ikan

Ikan yang bisa dikonsumsi untuk ketahanan tubuh, kita dapat mengkonsumsi jenis ikan seperti salmon, tuna dan makerel yang manfaatnya sebagai pelindung bagi tubuh atau agar tubuh kebal dari serangan penyakit maupun infeksi karena kandungannya berupa omega 3 asam lemak. Selain itu, ikan berfungsi membuat tubuh tetap segar dan sehat.

11. Memakan makanan yang mengandung protein

Seperti kita yang tahu protein sangat berguna buat pertumbuhan juga karena merupakan zat pembangun serta melindungi tubuh dari kerusakan sel. Makanan yang berprotein baik protein nabati maupun hewani sebaiknya menjadi kebiasaan konsumsi sehari-hari dalam mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

12. Kacang-kacangan

Adapun makanan terdiri dari protein ada pada kacang-kacangan ,kedelai,kubis dan masih banyak yang lain. Makanan ini selain protein,terdapat kandugan asam amino sebagai zat peningkat daya tahan tubuh terutama untuk sel-sel. Adapun jenis kacang-kacangan yang berprotein tinggi seperti kacang tanah. Kandungan zat didalamnya yakni berupa vitamin A,omega dan zink. Selain itu kacang tanah mengandung antioksidan yang berperan melawan radikal bebas.

Manfaat lainnya yakni kacang tanah dapat dijadikan camilan yang bergizi dan ternyata ada peneliti yang menemukan bahwa kacang tanah memiliki kandungan protein yang tinggi daripada daging,soya dan telur yang juga mengandung protein. Oleh karena itu,kacang tanah juga dapat membantu tubuh agar tidak terkena penyakit terutama penyakit kronis.

Sayur dan Buah

Sayuran yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama kandungan serat yang membantu memelihara kesehatan pencernaan juga nutrisi lainnya yang membantu tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Ada beberapa sayuran tersebut yaitu:

1. Brokoli

Meski sayuran ini tidak membuat banyak orang tertarik tapi brokoli sangat bermanfaat terutama buat kesegaran tubuh. Kandungan nutrisi dalam brokoli berupa makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C dan glutathione yang fungsinya melindungi tubuh dari kerusakan sel. Selain itu, brokoli mengandung zat kimia alami yang menurut penelitian dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Bayam

Sayuran bayam termasuk sayuran yang memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi daya tahan tubuh dari penyakit termasuk diantaranya adalah kandungan serat,vitamin C, antioksidan. Selain itu bayam merupakan makanan yang mengandung asam folat yang tinggi yang fungsinya membantu tubuh dalam perbaikan baik sel yang rusak, kerusakan DNA, pembuluh darah. Selain memperbaiki kerusakan dalam tubuh terutama pada sel ternyata bayam membantu tubuh dalam produksi sel yang baru. Namun yang perlu diperhatikan sayuran bayam saat pengolahan yakni dimasak, tidak boleh terlalu matang karena akan mengurangi bahkan menghilangkan kandungan zat bergizi dalam bayam tersebut. Hal ini juga sebenarnya berlaku pada sayuran hijau yang lain.

3. Jamur

Jenis makanan ini dapat diolah menjadi sayuran yang menyehatkan terutama jamur tiram. Kandungan nutrisi jamur yakni berupa makanan yang mengandung vitamin D yang tinggi, berguna sebagai pengurang resiko penyakit akut seperti kanker prostat. Selain itu, jamur mengandung kalium yang dapat membuat jantung sehat dan menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam ketahanan tubuh,jamur juga berperan menambah kadar vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks maupun antioksidan yang fungsinya mencegah dan memperbaiki sel atau kerusakan sel yang bisa menimbulkan penyakit kanker dan penuaan.

Adapun jenis jamur tertentu termasuk jamur shitake,jamur reishi,jamur maitake ternyata mampu membantu tubuh melawan bakteri seperti bakteri penyebab flu dan anti tumor. Sebagai tambahan ada peneliti yang menemukan bahwa jamur berguna menghangatkan tubuh saat berada di hawa yang dingin.

4. Semangka

Semangka yang kita kenal memiliki kandungan banyak air juga mengandung nutrisi lain berupa antioksidan (karotenoid), glutathione dan vitamin C. Zat Glutathione dan makanan yang mengandung vitamin C berfungsi membangun sistem kekebalan tubuh dari penyakit. Vitamin C dan antioksidan tadi pada semangka bermanfaat juga dalam membantu tubuh agar terlindungi dari radikal bebas.

5. Buah berry

Jenis buah berry termasuk buah blueberry dan stroberi. Keduanya banyak mengandung vitamin C dan bioflavonoid yang membantu tubuh terlindungi dari kerusakan sel.

Gaya Hidup Sehat

1. Berolahraga yang teratur

Mungkin inilah aktivitas yang sering disarankan agar tetap tapi untuk melakukannya kadang kita malas dan enggan melakukannya karena tidak adanya waktu luang atau lingkungan yang tidak memungkinkan. Adapun aktivitas olahraga yang dilakukan termasuk lari maraton, jalan pagi, jogging, main badminton, sepakbola, basket dan tenis. Adapun manfaatnya yaitu hormon dalam tubuh berfungsi dengan baik sehingga meningkatkan daya tahan tubuh, mengatur metabolisme, mengeluarkan racun melalui keringat dan memperlancar sirkulasi darah. Selain itu, berolahraga membantu kinerja jantung, pernafasan dan otak menjadi lebih baik.

2. Istirahat dengan cukup dan teratur

Tidur diperlukan agar tubuh tidak kehabisan energi serta daya tahan tubuh bisa ditingkatkan seperti penyakit flu karena saat tidur hormon kortisol dikeluarkan. Selain itu, tidur bermanfaat untuk meremajakan tubuh dan pikiran, memulihkan kondisi tubuh yang lelah menjadi segar dan berenergi saat bangun. Durasi tidur yang optimal yaitu 7-8 jam untuk orang dewasa, sedangkan bagi bayi atau anak kecil durasi tidurnya lebih lama. Kurang tidur banyak menyebabkan kurang darah dan tidak dapat dapat beraktivitas dengan baik serta rentan sakit. Adapun secara mental kurang tidur bisa membuat seorang cepat emosi dan tertekan.

3. Rajin bangun pagi dan mandi sekitar jam 4 pagi

Udara segar di pagi hari sangat menyegarkan juga udara belum tercemar oleh berbagai polusi baik asap kendaraan maupun asap pabrik dan rumah tangga. Sebelumnya sempatkan diri untuk mandi pagi. Menurut salah seorang pakar kesehatan, mandi di pagi hari dapat merangsang syaraf untuk bekerja dengan baik, menghilangkan ketegangan dan terasa energi kembali seperti semula. (baca juga : cara menghindari asap rokok)

4. Tidak suka melakukan kebiasaan tidur pagi dan tidur sore

Tidur pagi secara psikologi membuat diri malas,tidak bergairah dan secara fisik kepala menjadi sakit dan terlihat seperti orang yang mengidap penyakit.

5. Mengontrol dan menghindari stres yang berlebihan

Stres dapat membuat kita menjadi tertekan dan juga menyebabkan sistem kekebalan tubuh terganggu karena banyaknya beban pikiran yang ditanggung. Selain itu stres yang tidak terkontrol menyebabkan menaikkan gula darah dalam tubuh,kepala pusing dan membuat tekanan darah naik serta memicu jantung untuk berdenyut kencang. Cara mengontrol stres adalah tidak sungkan meminta bantuan pada teman untuk membantu atas beban yang kita hadapi, berpikir positif bahwa setiap masalah ada solusi,setiap kesulitan ada kemudahan serta selalu memotivasi diri. Secara fisik rutin olahraga ringan agar tubuh lebih rileks dan tidak tegang.

6. Menjaga kebersihan diri sendiri

Termasuk mandi secara teratur, mencuci tangan setelah beraktivitas dengan produk antiseptik seperti dettol dan sebagainya. Mandi yang teratur menjaga tubuh dari kuman penyebab penyakit termasuk penyakit kulit.

7. Menjaga kebersihan lingkungan

Sampah selalu menjadi masalah utama yang menyebabkan kita mudah terserang penyakit. Solusinya dengan selalu menyediakan tempat sampah dan ketika menemukan sampah bisa selalu membuangnya di tempatnya. Rutin membersihkan kamar mandi, selokan yang memicu sarang nyamuk dan menguras bak mandi minimal seminggu sekali agar tidak membuat sarang nyamuk dan jentik-jentik.

8. Mengatur pola makan

Maksudnya mengatur pola makan di sini adalah makan secara teratur dan seimbang dari segi gizi. Agar kita tidak terkena penyakit nutrisi seperti gizi buruk maupun malnutrisi yaitu kelebihan gizi serta obesitas karena pola makan yang tidak baik. Tidak teraturnya makan menyebabkan penyakit maag dengan meningkatnya asam lambung. Maka lebih baik makan sedikit tapi teratur daripada makan banyak namun tidak teratur apalagi makanan yang dikonsumsi kurang gizi.

9. Tidak jajan sembarangan

Yang diperlukan saat membeli makanan adalah lingkungan makanan itu dijual yakni kebersihannya. Cara pengolahannya menggunakan bahan pengawet dan pewarna yang terbuat dari zat kimia secara berlebihan karena mengkonsumsi makanan berbahan pengawet kimiawi dapat mengganggu pencernaan dan daya tahan tubuh.

10. Menghindari bermukim di daerah kotor

Misalnya bermukim di daerah kumuh seperti tempat domisili dekat air sungai yang kotor dan dekat tempat pembuangan sampah menyebabkan kita terserang gejala diare, muntaber, sakit perut karena tidak sehatnya lingkungan yang ditempati.

11. Mengolah makanan dengan bersih dan hati-hati

Yakni memasak sayuran hijau terlalu matang dan sebaliknya memasak, bahaya daging harus matang agar kita tidak kehilangan gizi saat mengonsumsinya.

12. Tidak berada di dekat orang-orang yang bisa menularkan penyakit

Penyakit yang biasanya menular adalah seperti flu dan batuk. Oleh karena itu kita tidak seharusnya banyak berinteraksi langsung dengan menderita penyakit menular.

13. Mempersiapkan diri dan mental saat berada di daerah bencana seperti kebakaran dan banjir

Seperti menghindarkan diri dengan memakai masker agar kita tidak mengalami gangguan pada sistem pernafasan atau sesak nafas, gejala asma dan saat banjir tidak minum air sembarangan. Tidak menggunakan air untuk mengolah makanan agar kita tidak terhindar dari diare yang bermula dari sakit perut.

14. Kinerja aktivitas yang dijadwalkan dengan baik

Bekerja secukupnya dan tidak memporsir diri. Tidak banyak begadang tapi juga tidak terlalu banyak tidur karena menurut penelitian memicu penyakit kronis seperti penyakit jantung. Tubuh juga memerlukan keseimbangan antara bekerja dan istirahat. Saat keduanya tidak seimbang kita mudah sakit.

15. Memperhatikan kemasan jadi atau makanan siap jadi

Waspada dengan bahan palsu atau sudah kadaluwarsa. Karena hal tersebut dapat merusak tubuh yakni mengalami keracunan.

Kebiasaan Baik Lainnya

  1. Tidak banyak mengkonsumsi minuman bersoda apalagi, bahaya alkohol atau semua jenis minuman yang berbahan zat yang berbahaya bagi tubuh yakni dapat merusak sistem pencernaan terutama lambung dan usus
  2. Tidak memakai sabun bersama atau handuk bersama dengan orang yang penyakitnya
  3. Tidak banyak beraktivitas saat cuaca ekstrim baik saat cuaca panas maupun, cuaca yang dingin karena kedua kondisi tersebut memicu sakit kepala, influenza dan batuk serta sistem kekebalan tubuh terganggu
  4. Apabila memiliki binatang peliharaan yang terkena penyakit karena bisa saja tertular seperti penyakit rabies, flu burung dan flu babi
  5. Pengolahan sampah yang bijak,memisahkan sampah antara sampah organik dan non organik agar sampah organik bisa dimanfaatkan dan yang non organik dapat didaur ulang sehingga menjadikan lingkungan sehat,tidak tercemar dan tubuh tidak mudah terkena penyakit
  6. Mengganti pakaian secara rutin minimal setelah beraktivitas harian karena hal ini bisa menyebabkan penyakit kulit dan gatal-gatal
  7. Mengurangi atau tidak melakukan pembuangan limbah yang bisa menjangkau sumber air bersih