Makan Sup Ayam Ternyata Bisa Membuat Hati Bahagia, Ini Manfaat Sup Ayam

152

Sop atau sup ayam menjadi makanan yang paling banyak digemari di seluruh dunia. Setiap negara memiliki ciri khas pada resep sup ayam. Tapi semua resep sup ayam melibatkan bahan-bahan herbal yang membuat rasa sup ayam lebih lezat. Biasanya sup ayam juga disukai ketika cuaca dingin atau saat sakit.

Sup ayam yang lezat bisa membuat perasaan lebih nyaman dan tenang. Karena itu semua orang yang sakit atau merasa tidak enak badan, pasti ingin makan sup ayam. Menurut ahli gizi dari Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, Sandy Allonen, sup ayam juga bisa memberi manfaat berikut ini:

  1. Menyembuhkan Flu

Flu akan membuat hidung tersumbat, batuk dan sakit tenggorokan. Flu akan membuat tubuh terasa demam dan tidak nyaman untuk beraktifitas. Saat kondisi sangat menurun, maka cobalah makan sup ayam. Campuran kuah dari kaldu ayam kampung mengandung banyak mineral seperti mangan dan kalium. Kandungan mineral ini sangat baik untuk memulihkan tubuh yang sedang terkena flu. Selain itu sup ayam kaya dengan bahan anti inflamasi yang sangat penting untuk mengendurkan otot tubuh dan mengurangi nyeri selama flu.

  1. Menghidrasi Tubuh

Sup ayam juga bisa membuat tubuh menerima cairan yang cukup. Kuah kaldu yang lezat dan hangat bisa membuat kebutuhan cairan tubuh saat sakit terpenuhi. Orang yang sedang sakit dan malas minum air putih maka lebih baik makan sup ayam. Dengan makan sup ayam bisa mencegah dehidrasi karena kurang cairan saat sakit.

  1. Membuat Hati Bahagia

Sup ayam yang terdiri dari kaldu dan berbagai jenis sayuran sehat bisa membuat hati lebih bahagia. Ini karena sup ayam mengandung asam amino jenis tryptophan yang akan meningkatkan produksi serotonin. Serotonin akan membuat tubuh merasa lebih sehat dan emosi stabil sehingga juga bisa menurunkan risiko stres dan depresi.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sup ayam ternyata juga mengandung protein yang sangat tinggi. Manfaatnya untuk tubuh bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat karena protein akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu bonusnya, sup ayam mengandung mineral dan vitamin yang bisa menjaga kesehatan usus.

  1. Sumber Antioksidan

Sup ayam adalah makanan lezat yang menyumbangkan sejumlah antioksidan. Ini karena sup ayam biasanya mendapatkan bahan tambahan seperti seledri, wortel dan bawang merah. Ketiga bahan ini mengandung vitamin C dan vitamin K yang sangat tinggi. Sumber antioksidan ini sangat penting untuk melawan virus dan memulihkan kondisi tubuh dengan cepat.

Itulah ternyata berbagai manfaat sup ayam yang bisa dimakan kapan saja. Anda tidak perlu menunggu sakit untuk makan sup ayam, karena manfaat sup ayam memang sangat baik untuk menjaga kesehatan.