18 Ikan Yang Baik Untuk Penderita Darah Tinggi Konsumsi Rutin

3529

Sebagai penderita darah tinggi, tentu penting dalam memilih makanan yang tepat supaya mampu mencegah kenaikan tensi. Bagi Anda yang hendak menstabilkan kadar tekanan darah dan menghindari penyebab tensi naik, maka inilah beberapa jenis ikan yang baik untuk penderita darah tinggi yang wajib diketahui dan mulai dikonsumsi di rumah.

  1. Ikan Salmon

Jenis ikan paling utama yang terekomendasi di sini adalah ikan salmon di mana jelas ada kandungan omega-3 tinggi di dalamnya. Bukan hanya menjadi makanan yang dapat meningkatkan daya ingat, salmon merupakan jenis ikan tepat dalam menurunkan kadar tekanan darah tinggi sekaligus kolesterol tinggi. Memakannya secara teratur juga akan membantu menurunkan risiko stroke serta serangan jantung.

  1. Ikan Tongkol

Jenis ikan kedua yang amat dianjurkan bagi penderita darah tinggi adalah ikan tongkol. Merupakan makanan yang mengandung omega-3 tinggi, sifat antiradang di dalam ikan ini cukup besar dan mampu menjadi penurun tekanan darah tinggi. Dengan demikian, kondisi kesehatan kardiovaskular pun turut dapat dijaga dengan baik melalui konsumsi rutin.

  1. Ikan Tuna

Di dalam ikan tuna ada kandungan antioksidan dan selenium yang mampu menambah daya tahan tubuh sehingga segala jenis penyakit pun dapat dicegah. Omega-3 pun termasuk tinggi sehingga akan membantu menurunkan serta menormalkan kembali tekanan darah yang naik.

  1. Ikan Sarden

Sarden pun merupakan jenis ikan yang tak boleh ketinggalan untuk Anda konsumsi ketika memiliki tekanan darah tinggi. Kalsium adalah mineral yang paling diperlukan oleh penderita hipertensi karena mampu menstabilkan kembali tekanan darah. Perlu diketahui bahwa ada kurang lebih 382 mg kalsium di dalam sarden  sehingga kebutuhan kalsium Anda akan terpenuhi dan tekanan darah bisa kembali normal.

  1. Ikan Herring

Ikan lainnya yang berkandungan omega-3 tinggi dan dipercaya mampu menstabilkan tekanan darah yang sudah telanjur tinggi serta mencegah gangguan kardiovaskular adalah ikan herring. Ingat bahwa omega-3 mampu berperan sebagai pengencer darah yang akan membantu proses pemompaan darah bagi jantung.

  1. Ikan Makarel

Asam lemak omega-3 tentu sudah tak perlu diragukan lagi kandungannya di dalam ikan makarel. Sama seperti jenis ikan laut lainnya yang sudah disebutkan, makarel pun dipercaya mampu mengatasi hipertensi dengan baik. Tak hanya itu, sumber omega-3 ini juga akan mengatasi serta mencegah serangan jantung hingga serangan stroke.

  1. Ikan Cod

Ikan cod pun termasuk salah satu jenis ikan yang aman dan justru malah disarankan untuk dikonsumsi oleh para penderita darah tinggi. Kebaikan ikan cod dalam menetralkan kembali kadar tekanan darah adalah berkat kandungan omega-3 yang tinggi, tentu saja asalkan dengan konsumsi yang benar.

  1. Ikan Lele

Ikan lele rupanya juga termasuk di dalam jenis ikan yang baik bila Anda penderita darah tinggi ingin mengonsumsinya. Ikan ini memang termasuk dalam jenis ikan air tawar, namun Anda bisa mengandalkannya untuk dikonsumsi secara rutin tanpa berlebihan demi kestabilan tekanan darah. Bahkan kandungan omega-3 di dalamnya juga tinggi sehingga mampu meningkatkan pula kinerja otak.

  1. Ikan Gabus

Untuk dapat mengatur kadar tekanan darah dan mencegah kenaikan tensi berlebih, Anda juga perlu mengonsumsi ikan gabus. Ikan ini adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin D tinggi beserta kalsium yang cukup besar sehingga akan menetralkan kembali tekanan darah yang sudah telanjur naik.

  1. Ikan Gurame

Gangguan hipertensi ternyata bisa juga diatasi dengan mengonsumsi ikan gurame, tentu dengan pengolahan dan cara memasak yang tepat, yakni tidak digoreng. Ikan gurame akan membersihkan pembuluh darah dari plak-plak jahat akibat penumpukan asam dan garam sehingga aliran darah lebih lancar dan segala jenis penyakit kronis pun terhindarkan.

  1. Ikan Mas

Ikan air tawar lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah ikan mas yang hanya mengandung lemak 2 gram saja. Mengonsumsi ikan mas bukanlah masalah besar dan sesuatu yang harus dikhawatirkan sebab kesehatan Anda akan tetap aman selama konsumsi ikan ini dalam porsi wajar.

  1. Ikan Nila

Untuk tekanan darah tinggi, ada jenis ikan satu lagi yang diketahui termasuk makanan berkolesterol rendah sehingga aman dikonsumsi penderita darah tinggi. Ikan ini baik karena penderita hipertensi tak perlu mengkhawatirkan kandungan protein hewani atau kolesterol tinggi. Asalkan konsumsi tidak berlebihan dan sebatas wajar, Anda akan memperoleh manfaat ikan ini bagi kesehatan tubuh.

  1. Ikan Wader

Ikan air tawar satu ini termasuk salah satu jenis ikan ayang paling aman untuk dikonsumsi orang-orang berbagai usia ataupun yang sedang menderita suatu kondisi medis tertentu. Kandungan kolesterol di dalam ikan ini pun tergolong sangat sedikit sehingga otomatis baik bagi yang menderita hipertensi.

  1. Ikan Mujair

Ikan mujair pun merupakan ikan air tawar aman untuk dikonsumsi penderita darah tinggi. Kandungan-kandungan baik di dalam ikan mujairlah yang sanggup membantu dalam melancarkan aliran darah menuju jantung sehingga dapat menjadi pencegah jenis-jenis penyakit jantung serta kenaikan tensi.

  1. Ikan Sepat

Asam lemak omega-3 diketahui juga terkandung cukup tinggi di dalam ikan sepat ini sehingga tak diragukan lagi, tentu tekanan darah yang melonjak dapat diturunkan dan dinormalkan kembali. Anda juga dapat mengonsumsi ikan sepat sebagai langkah pencegahan kenaikan kembali tekanan darah.

  1. Ikan Kakap Putih

Jenis ikan kakap, terutama ikan kakap putih diketahui aman untuk para penderita darah tinggi karena kandungan lemaknya pun hanya sekitar 0,7 gram. Ada berbagai kandungan lain yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh Anda, seperti kalsium, vitamin B1, vitamin A, zat besi, fosfor, protein dan energi.

  1. Ikan Tawes

Jenis ikan air tawar ini juga baik dan aman dikonsumsi oleh para penderita hipertensi sama seperti ikan lele. Ini karena kandungan omega-3 di dalamnya bisa menjaga kadar tekanan darah tetap normal dan stabil sambil juga menjaga kesehatan jantung. Bahkan kandungan lemak tak jenuh pun termasuk tinggi sehingga terbilang aman.

  1. Ikan Betok

Jenis ikan satu lagi yang bisa Anda konsumsi ketika menderita hipertensi adalah ikan betok yang berkandungan tinggi akan fosfor, protein, zat besi hingga asam lemak omega-3. Selain mencegah dan mengatasi hipertensi, ikan ini pun mampu mencegah anemia, meningkatkan kecerdasan otak anak, menurunkan risiko pikun, serta mencegah osteoporosis.

Jadi, itulah sederet ikan yang baik untuk penderita darah tinggi mulai dari ikan air laut hingga ikan air tawar. Mulai sekarang, Anda bisa mencoba mengonsumsi ikan-ikan tersebut (tentu tidak dengan menggorengnya) cukup per minggunya 2-6 ons porsi saja. Itulah pedoman makan ikan yang aman dari EPA dan FDA supaya tak berlebihan dan berefek samping berbahaya bagi kesehatan.