7 Pola Makan Penderita Diabetes Saat Puasa Wajib Diikuti

524

Memilih Jenis makanan yang akan dikonsumsi penderita diabetes saat berpuasa  harus seimbang, Hati hati  dan tetap berstandar pada 4 sehat 5 sempurna, Misalnya terpenuhinya asupan karbohidrat, zat  protein (hewani dan nabati), vitamin, mineral, Lemak dan serat tetapi menghindari apapun bentuk gula atau pemanis buatan yang bukan dari golongan gula jagung.

Pola makan

Mengatur, menyusun dan memilih menu yang ideal dan sesuai dengan kondisi medis saat berbuka puasa  bagi penderita diabetes adalah hal yang tidak mudah. Karena sebagian besar makanan yang telah diolah adalah mengandung gula. Makanan yang paling aman adalah yang dibuat sendiri dirumah.

Pada dasarnya berpuasa dapat meningkatkan kesehatan tubuh jika pada waktu sahur tubuh mendapat cukup asupan gizi seimbang. Begitupula pada penderita diabetes kronis, sangat membanggakan jika bisa melakukan puasa dengan baik karena dengan berpuasa dapat menstabilkan kadar gulanya dalam darah relatif lebih mudah dan cepat .

Inilah pola makan penderita diabetes saat puasa yang disarankan untuk dilakukan  ketika sedang berpuasa :

1.Makanan berprotein

Penderita diabetes disarankan memperbanyak asupan makanan yang mengandung protein super  tinggi agar stamina tetap terjaga sepanjang hari tanpa harus merasakan perut terasa sangat lapar. Makaanna yang disarankan adalah ikan, Telur, daging sapi, Tempe tau tahu  atau bisa juga memanfaatkan khasiat Susu sapi murni   bagi kesehatan , Karena susu adalah sumber protein terbaik bagi penderita diabetes.

2. Minum jus

Buah buahan merupakan makanan alami yang baik untuk dijadikan salah satu pola  makan penderita diabetes  saat puasa. Buah yang dapat dijadikan jus sehat tanpa harus khawatir kadar gula akan meningkat adalah belimbing, Jus lemon, Jus jambu biji , Mentimun, dan lain lain.

3. Gula jagung

Penderita diabetes tidak dilarang untuk minum teh manis, Kopi atau susu yang mungkin akan ditambahkan gula kembali. Namun gula yang disarankan adalah gula jagung , Karena hanya dengan penggunaan gula jagung kadar gula tetap akan dalam kondisi terbaiknya. Penggunaan gula jagung dapat diaplikasikan saat sahur dan berbuka puasa. Pola makan penderita diabetes saat puasa dengan menggunakan gula jagung untuk apapun minuman kesukaannya adalah soliusi paling aman dimanapun dan kapanpun berada.

4. kayu manis

Cara mengobati diabetes dengan kayu manis paling mujarab adalah dalam bentuk minuman  dengan tambahan bahan herbal lain. Cara memanfaatkan khasiat kayumanis yang benar adalah  dengan cara masukan 2 batang kayumanis pada segelas air panas matang lalu tambahkan 2- 3 sendok gula jagung dan perasan air jeruk nipis sesuai selera. Minuman segar dan sehat ini dapat diminum 2 kali sehari secara teratur agar kadar gula selalu dalaam kondisi yang stabil, Dan juga baik bagi orang orang yang bukan penderita penyakit gula tetapi ingin mencegah munculnya gejala diabetes.

5. Hindari minuman kaleng

Minuman kaleng adalah minuman yang paling dilarang untuk penderita diabetes yang sedang atau tidak melakukan ibadah puasa. Bahaya minuman kaleng  bagi kesehatan jika dikonsumsi adalah meningkatkanya kadar gula dalam darah , Kondisi itu dipicu karena minuman berkarbonasi atau minuman bersoda memiliki  kadar gula yang sangat tinggi selain menggunakan bahan pengawet lain. Pola makan penderita diabetes saat puasa adalah menghindari apapun bentuk minuman berkarbonasi disela sela sahur atau saat berbuka puasa.

6. Hindari junkfood/siap saji

Pola makan penderita diabetes saat puasa adalah menerapkan kedisipolinan untuk tidak menyantap apapun makanan dalam bentuk makanan siap saji termasuk junkfood. Makanan jenis tersebut adalah makann yang tidak sehat karena tinggi lemak dan kolesterol tetapi rendah nutrisi lainnya misalnya protein dan serat. Maknan berbahaya yang paling banyak disukai para penderiita diabetes adalah jenis jeroan yang meliputi kulit daging ayam, Sayap ayam, Usus, Babat, Gajih, Jantung , Ati dan ampela.

7.Karbohidrat kompleks

Salah satu pola makan penderita diabetes saat puasa adalah membiasakan diri mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat khususnya karbohidrat kompleks seperti gandum, Oatmeal, Sereal  atau beras merah. Jenis jenis makanna tersebut dapat membantu menjaga kestabilan gula darah dan memberikan  sensasi rasa kenyang yang cukup lama dilambung sehuingga para penderita diabetes tidakj akan merasakan perut lapar di siang hari bahkan menjelang buka puasa.