9 Cara Mengobati Diabetes dengan Kayu Manis Paling Mujarab

Diabetes, dikenal dengan nama kencing manis di Indonesia merupakan kondisi tubuh di mana hormon insulin yang dihasilkan oleh hati tidak tersedia cukup untuk menyerap gula dalam makanan. Dapat juga hormon insulin mengalami gangguan fungsi sehingga tidak dapat melakukan fungsinya untuk menyerap gula murni dalam makanan. Akibatnya, gula diserap secara berlebihan oleh darah. Dan kalau diukur, kadar gula darah menjadi sangat tinggi melebihi batas normal.

Gejala diabetes ada berbagai macam, tergantung pada jenis diabetes yang diderita seseorang dan usia dan kondisi fisiologisnya. Misalnya, gejala diabetes pada orang yang telah lanjut usia akan berbeda dengan gejala diabetes pada orang yang muda, orang yang hamil, dan anak-anak. Sementara jenis diabetes ada dua yang kita kenal, yaitu perbedaan diabetes tipe 1 dan tipe 2.  Namun, secara umum gejala diabates dapat dikatakan sebagai berikut.

  • Kadar gula darah tinggi.
  • Sering buang air kecil.
  • Berat badan menurun.
  • Mudah lelah, letih, dan lesu.
  • Ketidakmampuan menutup luka dengan baik.

Pada beberapa kasus, diabetes dapat menimbulkan komplikasi yang mematikan. Oleh karena itu, dengan berbagai cara orang berusaha menyembuhkan penyakit ini, dengan kata lain cara menjaga kadar gula darah agar normal. Salah satunya adalah cara mengobati diabetes dengan kayu manis.

Kayu manis yang dalam bahasa ilmiahnya Cinnamomum verum adalah salah satu rempah Indonesia. Rempah ini mengeluarkan bau khas yang wangi dan banyak dicampurkan dalam makanan. Menurut penelitian Dr. Richard Anderson, konsumsi kayu manis dengan teratur setiap hari dengan jumlah yang sama akan menurunkan kadar gula dalam darah. Zat yang dikandung dalam kayu manis membuat metabolisme glukosa menjadi lebih baik, seperti kandungan:

  • cinnamaldehyde
  • minyat atsiri
  • uegenol
  • kalsium oksalat
  • sinamaldehide
  • tannin
  • damar
  • zat penyamak

Kombinasi zat-zat tersebut di atas dalam tubuh manusia dapat menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol LDL, mencegah atau mengatasi penyakit jantung, mengatasi masalah rematik, dan menyehatkan pembuluh darah. Dan berikut di bawah ini serangkaian cara untuk diintip yag kiranya membantu.

  1. Mengonsumsi Langsung

Tak perlu berpikir susah-susah hanya untuk mengobati diabetes dengan kayu manis. Konsumsi langsung bubuk kayu manis sebanyak 1 sendok teh per hari bisa dilakukan bagi yang tidak punya waktu mengolah kayu manis. Cara sederhana ini bisa dilakukan rutin agar kadar gula darah bisa kembali normal tanpa efek samping berbahaya.

  1. Sebagai Pengganti Gula pada Masakan

Kayu manis adalah pengganti gula yang sangat aman dan lebih dianjurkan ketimbang penderita diabetes harus memakai dan menikmati pemanis buatan yang rendah kalori. Untuk masakan-masakan yang memerlukan tambahan gula sebagai penyedap, kayu manis adalah pengganti yang tepat, baik itu untuk masakan berupa sayur, daging atau masakan dengan saus.


Bagi para penderita diabetes, mengganti gula biasa dengan kayu manis memberikan beberapa manfaat kesehatan, yakni mengurangi asupan gula yang biasa dikonsumsi serta tak ketinggalan kayu manis akan membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah dengan sangat baik. Karena kayu manis adalah rempah alami, tentu tak perlu khawatir akan efek samping berbahaya dari bahan ini.

  1. Teh Kayu Manis

Bila pada umumnya kita tahu dan mungkin sering membuat teh jahe, maka kali ini kita bisa membuat teh dari kayu manis. Para penderita diabetes tak perlu khawatir karena teh kayu manis ini bisa dinikmati secara aman.

Cara 1: Membuat minuman teh kayu manis caranya sangat mudah. Rebuslah beberapa batang kayu manis sesuai takaran yang diinginkan dalam dua gelas air putih. Angkat rebusan setelah menyisakan air skitar 1 gelas. Dinginkan sebentar dan langsunglah meminumnya selagi hangat.

Cara 2: Ada alternatif lainnya yang kiranya dapat dicoba apabila cara penggunaan pertama cukup sulit. Jika merasa kesulitan dengan merebus kayu manis, maka cukup sediakan segelas air putih matang lebih dulu. Rendamlah beberapa batang kayu manis sesuai takaran rutin selama 10 menit. Maka teh kayu manis dengan cara ini juga siap untuk dikonsumsi.

Cara 3: Kayu manis dalam bentuk bubuk juga saat ini sudah banyak dijual. Tinggal mencampurkan bubuk kayu manis sesuai takaran,sudah dapat dihasilkan teh kayu manis yang siap diminum. Cara ini bahkan lebih praktis ketimbang dua cara sebelumnya karena yang sudah dalam bentuk bubuk bakal lebih sederhana penggunaannya.

Cara 4: Apabila tak masalah untuk sedikit lebih repot, teh kayu manis dari bubuk kayu manis dapat dibuat sendiri. Bubuk kayu manis dapat juga dibuat sendiri dengan cara mengeringkannya kemudian dilanjutkan dengan proses menghaluskan. Untuk proses penghalusan, kita bisa menggunakan blender supaya lebih cepat atau juga ditumbuk manual.

Cara 5: Selain cara-cara yang sudah disebutkan sebelumnya di atas, ada juga yang sangat praktis. Cara selanjutnya adalah membuat teh biasa tanpa gula dan memasukkan beberapa batang kayu manis sesuai takaran ke dalamnya. Tunggu dulu beberapa waktu sebelum akhirnya teh dapat dinikmati dan diminum secara teratur. Cara seperti ini pun terbilang efektif dalam mengontrol kadar gula darah sehingga sangat terekomendasi untuk para penderita diabetes, asalkan juga tak terlalu berlebihan dalam mengonsumsi teh; ingat akan bahaya minum teh setiap hari untuk kesehatan tubuh.

  1. Menggunakan Minyak Esensial Kayu Manis

Kayu manis tak hanya datang dalam bentuk bubuk yang bisa dibuat menjadi teh, tapi juga tersedia dan mudah didapat dalam bentuk minyak esensial. Minyak esensial kayu manis pun dapat membantu para penderita diabetes bila ingin mengatasi dan mengontrol kadar gula darah tinggi agar kembali normal dan stabil.

Cara penggunaan minyak esensial kayu manis ini adalah dengan memanfaatkannya sebagai pengharum ruangan atau diffuser. Dengan menaruhnya di ruangan, kita akan lebih gampang menghirupnya dan inilah yang berguna bagi kesehatan penderita diabetes. Manfaat besarnya adalah bahwa minyak ini akan mengurangi keinginan penderita untuk mengonsumsi gula atau mengurangi kebiasaan makan berlebihan.

  1. Sebagai Campuran Minuman Sehari-hari

Kayu manis tak hanya bisa dicampurkan ke minuman teh, karena pada dasarnya kita juga dapat menikmati smoothie, kopi hingga milkshake yang dicampur atau ditambah dengan bubuk kayu manis. Kayu manis sangatlah bisa dikombinasikan dengan berbagai macam minuman. Namun bila sudah menggunakan kayu manis, jangan tambahkan gula lagi ke minuman tersebut.

  1. Sebagai Campuran Kue

Setelah masakan dan minuman, kayu manis juga akan bekerja dengan sangat hebat untuk mengendalikan kadar gula darah apabila kita mencampurkannya pada adonan kue yang hendak kita buat. Kue kering, pai dan roti buatan sendiri dapat kita tambahkan dengan kayu manis dengan cara mencampurkannya lebih dulu pada tepung yang belum dicampur dengan bahan lain.

  1. Sebagai Campuran Puding

Setelah masakan, minuman dan juga kue, makanan penutup atau dessert pun ada baiknya ditambah dengan kayu manis. Puding yang dibuat dengan campuran kayu manis akan menghasilkan rasa dan sensasi yang berbeda di mana jelas efeknya akan jauh lebih bermanfaat dan menyehatkan bagi para pengidap diabetes. Sekali-sekali membuatnya dengan tambahan campuran kayu manis akan menjadikan makanan selingan jauh lebih menyenangkan dan kita pun akan dapat merasakan khasiatnya.


  1. Sebagai Obat Herbal

Sekarang ini di toko-toko herbal sudah banyak ditemui obat herbal kayu manis dengan berbagai merk. Ini juga cara paling praktis yang bisa dilakukan untuk mengobati diabetes dan dianggap sebagai salah satu obat tradisional diabetes.

  1. Mengonsumsi Suplemen Kayu Manis

Selain adanya obat herbal dengan bahan utama kayu manis, ada pula suplemen-suplemen kayu manis yang dapat kita dapatkan. Hanya saja untuk pilihan cara ini, jangan lupa untuk konsultasikan lebih dulu dengan dokter walau memang suplemen kayu manis dengan dosis ringan tak akan berbahaya bagi tubuh. Mengapa harus melakukan konsultasi? Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya hal-hal yang tak diharapkan dari interaksi antara suplemen dengan obat-obat diabetes yang tengah dikonsumsi.

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan dan pengolahan kayu manis sebagai obat diabetes. Sekali lagi harus diingat cara mengobati diabetes dengan kayu manis tidak menghasilkan apapun jika tidak disertai dengan diet ketat terhadap konsumsi karbohidrat, banyak olahraga, dan selalu menjaga berat badan.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Diabetes