15 Makanan Pencegah Sembelit Yang Penting Anda Ketahui

Hampir semua orang tentu sudah mengalami yang namanya sembelit, yakni gangguan pada sistem pencernaan. Di mana seseorang akan sangat sulit ketika hendak melakukan BAB. Sembelit ini bisa membuat situasi menjadi sangat tidak nyaman dan bisa menurunkan nafsu makan Anda. Sembelit ini tidak memandang tua, muda mampun anak-anak. Semua sangat berpotensi mengalami gangguan yang satu ini. Namun, dari ketiganya yang sering mengalami sembelit ketika di usia anak-anak. Penyebab gejala yang satu ini umumnya disebabkan oleh makanan yang kekurangan serat, banyak mengkonsumsi susu, dan kekurangan mineral,  selain itu kurangnya aktivitas juga menjadi penyebab anak mengalami sembelit. Untuk itu penting mengetahui pencegahannya, salah satunya melalui makanan. Ada beberapa makanan yang mampu mencegah sembelit di dalam tubuh Anda. Berikut dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa makanan yang dapat mencegah terjadinya sembelit di dalam tubuh Anda.

  1. Sayuran Hijau

Makanan pertama yang dapat mencegah terjadinya sembelit di dalam tubuh Anda adalah sayuran hijau. Makanan yang satu ini memiliki kandungan yang baik dalam menghindari dari gejala gangguan pencernaan, seperti sembelit.

  1. Buah Apel

Selanjutnya adalah buah apel, buah dengan rasa manis dan tekstur yang lembut ini menjadi makanan selanjutnya yang memiliki kemampuan mencegah terjadinya sembelit. Sebab buah ini memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi, sehingga akan membantu memperlancar dalam mencerna makanan yang masuk di dalam tubuh.

  1. Buah Mangga

Makanan selanjutnya yang memiliki khasiat dalam menjaga agar tidak sembelit adalah buah mangga. Buah yang memiliki kandungan vitamin C di dalamnya ini baik untuk dikonsumsi. Sebab di dalamnya juga memiliki kandungan mineral yang lumayan tinggi. Sehingga bisa membantu memperlancar sistem pencernaan.

  1. Buah Kiwi

Selain buah mangga, makanan selanjutnya yang memiliki khasiat yang sama adalah buah kiri. Buah ini juga memiliki kandungan yang mampu menjaga sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh Anda.

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau juga diyakini mampu membantu dalam melancarkan sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh Anda, sehingga gejala sembelit bisa teratasi. Kacang ini sangat baik dikonsumsi setiap hari.

  1. Kacang Merah

Selain kacang hijau, kacang merah juga memiliki khasiat yang sama yakni mampu mencegah terjadinya sembelit di dalam tubuh Anda. Kandungan kacang merah mampu membantu dalam memperlancar sistem pencernaan, sehingga Anda tidak akan kesulitan ketika melakukan BAB.

  1. Bayam

Bayam menjadi makanan selanjutnya yang baik dikonsumsi, sebab kandungan yang ada di dalamnya sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya dalam proses pencegahan sembelit. Sebab bayam sanbat mudah untuk diproduksi dalam sistem pencernaan.


  1. Brokoli

Brokoli menjadi makanan selanjutnya yang baik dikonsumsi untuk mencegah sembelit di dalam perut Anda. Sebab brokoli kaya akan protein, vitamin, juga mineral. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

  1. Oatmeal

Melihat dari penyebabnya sembelit yang diakibatkan dari kurangnya serat di dalam tubuh. Oat bisa menajdi solusi untuk mengatasi hal ini, sebab oat memiliki kandungan serat larut. Sehingga sangat mudah untuk diprosuksi, serta membuat BAB Anda berjalan dengan lancar.

  1. Buah Beri

Buah selanjutnya yang dapat membantu mencegah terjadinya sembelit di dalam tubuh adalh buah beri. Sebab buah ini mengandung serat yang baik. Sehingga akan mudah untuk dikelola dalam sistem pencernaan tubuh Anda.

  1. Ubi Jalar

Makanan yang banyak tumbuh di pedesaan ini menjadi makanan selanjutnya yang dapat mencegah terjadinya sembelit di dalam tubuh Anda. Sebab ubi jalar mengandung serat yang tinggi. Trntunya bisa membantu dalam melancarkan sistem pencernaan Anda. Selai itu ubi jalar juga memiliki kandngan vitamin A yang cukup tinggi.

  1. Sereal Berserat Tinggi

Makanan sereal yang berserat tinggi, juga diyakini mampu membantu sistem pencernaan Anda agar berjalan dengan baik. Sehingga akan terhindar dari gejala sembelit. Makanan ini sudah banyak dijual belikan di pasaran. Sehingga mudah saja dalam mencarinya.

  1. Buah-Buahan Kering

Buah-buahan kering diyakini menjadi makanan selanjutnya yang mampu dalam mencegah terjadinya sembelit di dalam tubuh Anda. Buah-buahan ini diantaranya; kurma, apricot, kismis dan lainnya. Meskipun kering namun kandungannya mampu membantu dalam menjaga sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh Anda.

  1. Popcorn

Popcron merupakan makanan olahan gandum yang rendah kalori, namun banyak memiliki serat di dalamnya. Makanan ini sangat baik dalam membantu mencegah terjadinya sembelit di dalam tubuh Anda.

  1. Kentang Panggang

Makanan selanjutnya yang tidak boleh Anda tinggalkan dalam hal mencegah terjadinya sembelit di dalam tubuh adalah kentang panggang. Tidak banyak orang mengetahui jika kentang panggang mampu menjadi makanan yang dapat mencegah terjadinya sembelit. Kentang panggang beserta kulitnya diyakini memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga bisa mencegah sembelit di dalam tubuh Anda.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Makanan Sehat