20 Makanan Penambah Tenaga Saat Sakit Yang Mudah Ditemukan

954

Tubuh lesu dan letih ketika sakit itu sudah menjadi hal yang wajar sehingga Anda perlu memberikan asupan nutrisi untuk menunjang pemulihan. Ada beberapa makanan penambah tenaga saat sakit yang harus anda konsumsi. Ketika tubuh sedang mengalami sakit, secara otomatis energi habis terserap. Apalagi ketika tidak enak badan nafsu makan berkurang. Namun bukan berarti anda tidak maka sama sekali, seperti yang sudah di sebutkan bahwa minimal anda harus mengkonsumsi beberapa makanan tertentu penambah energi.

1. Almond

Buat yang suka ngemil, sakit bisa di siasati dengan makan camilan kesukaan. Almond adalah sejenis kacang yang mempunyai rasa gurih banyak di minati. Kandungan nutrisi dalam almond sangat baik bagi tubuh. Almond mempunyai asupan yang di butuhkan bagi tubuh dan sangat penting sekali meliputi magnesium, dan vitamin B. Kedua nutrisi tersebut mampu di ubah menjadi energi. Sehingga dengan makan kacang almond saat sakit, tubuh lebih bertenaga.

Menurut Rachel Berman, RD, CDN, yang merupakan seorang penulis buku berjudul Boosting Your Metabolism for Dummies mengungkapkan bahwa level magnesium yang rendah mampu membuat tubuh mudah lelah, terutama saat berolahraga. Hal itu bisa terjadi karena magnesium mempunyai peran sangat penting dalam metabolisme tubuh. Misalnya adalah dalam mengontrol gula darah dan mengatur tekanan darah. Sementara itu kekurangan dari vitamin B komplek dapat menimbulkan rasa lemah, minimnya konsentrasi, hingga mudah marah. Konsumsilah almond sekitar 1 ons atau kurang lebih 23 butir.

2. Salmon

Makanan yang bisa menambah energi sewaktu sakit berikutnya adalah ikan salmon. Salah satu jenis ikan laut ini mempunyai kandungan lemak dan omega 3 yang sangat baik sekali bagi tubuh. Salah satu keuntungan dari lemak dan omega 3 ini adalah meningkatkan daya ingat, memori dan mengurangi depresi atau stress. Tapi satu hal yang pasti ikan salmon yang di konsumsi kala sakit mampu meningkatkan stamina tubuh.

3. Buah Pisang

Buah pisang mungkin banyak yang tidak menyukai atau bahkan membenci. Pertimbangkan lagi semua itu, pasalnya buah yang satu ini mampu menjadi penambah stamina tubuh ketika dalam keadaan sakit. Terutama pagi hari, ketika perut dalam keadaan kosong pisang mampu menjadi pengganti sarapan dan di tambah dengan segelas susu rendah lemak atau yogurt. Pisang adalah buah gabungan antara serat dan protein yang mampu mencegah kelaparan. Sehingga tenaga kembali tergali dan stamina pulih kembali.

4. Oatmeal

Gandum atau oatmeal adalah makanan yang bisa menggantikan posisi nasi. Makanan yang satu ini memang di rekomendasikan sebagai menu sarapan. Gandum mampu menyeimbangkan gula darah serta memulihkan fokus anda. Selain itu, untuk makanan ini juga termasuk ke dalam salah satu makanan yang baik untuk penderita asam lambung mengingat sifatnya yang tidak terlalu keras juga.

5. Bayam dan Biji Wijen

Zat besi dapat membuat seseorang lebih bertenaga. Sebuah survey membuktikan bahwa wanita dengan usia 20-49 tahun 10% lebih rentan mengalami defisiensi zat besi. Semua ini membuat mereka kekurangan ketahanan fisik serta mental, dan rasa lemah. Zat besi yang bisa ditemukan paling tinggi pada sayuran hijau seperti bayam dan biji wijen.

6. Makanan Beku

Makanan beku banyak mengandung sumber nutrisi yang kaya. Menurut ahli nutrisi bernama Cynthia Sass, RD, untuk pembekuan ini bisa mempertahankan nutrisi, jadi buah beku tanpa ditambah bahan-bahan lain akan sama, atau bahkan memiliki kandungan nutrisi lebih banyak di dalamnya jika dibandingkan buah segar yang berada di toko atau tempat buah, namun jika baru saja dipetik maka nutrisi yang terkandung lebih banyak dibanding buah beku. Dengan kata lain, nutrisi yang terkandung dalam buah akan berkurang terus-menerus semenjak dilakukan pemetikan.

7. Yogurt

Makanan olahan susu seperti yogurt kaya akan protein. Kandungan ini mampu membuat tubuh anda lebih cepat kenyang. Makanan yang satu ini baik untuk pengganjal perut seperti sarapan, makan siang, atau camilan. Sebagai penambah nutrisinya, anda bisa mencampurkan berry atau potongan kacang. Namun pastikan juga bahwa anda memilih jenis yogurt yang rendah lemak. Perlu Anda ketahui bahwa Yogurt ini ternyata juga menjadi salah satu makanan untuk menghilangkan stres yang paling mudah didapatkan.

8. Makanan Kaleng dan Kemasan

Makanan kaleng adalah makanan instan siap saji yang biasanya tersedia di supermarket. Ada banyak makanan yang di kalengan seperti jamur, ikan, daging, buah sampai dengan sayur. Makanan kaleng tersebut banyak mengandung zat yang dibutuhkan tubuh seperti lemak trans, natrium, dan komposisi buatan lainnya yang mampu membuat energi meningkat.

9. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan maupun biji-bijian adalah sumber makanan terbaik yang mampu menyingkirkan rasa lelah serta memberantas rasa lapar. Mengkonsumsi kacang atau biji-bijian sebagai camilan adalah cara bijak memberikan nutrisi tubuh dan meningkatkan energi tubuh. Kacang atau biji-bijian tersebut diantaranya yakni:

  • Mete
  • Hazelnut
  • Kenari
  • Biji bunga matahari
  • Biji labu

10. Coklat Hitam

Coklat adalah salah satu jenis makanan paling di gemari anak kecil sampai dengan dewasa. Coklat sering di olah menjadi camilan, permen, es krim dan lainnya. Bagaimanapun olahan coklat, salah satu jenis hasil buah cacao ini mampu menghilangkan stress. Khususnya adalah coklat hitam yang akan meningkatkan energi tubuh di kala sakit. Coklat hitam mengandung anti-oksidan rendah lemak.

11. Madu

Madu mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh dan kesehatan. Tidak heran jika madu sering di gunakan sebagai kecantikan atau kesehatan. Satu sendok madu setara dengan minuman energi, namun tetap saja madu yang terbaik. Konsumsi madu ketika sakit mampu membangkitkan tenaga. Manfaat dari madu ini sendiri terbilang banyak, mulai dari madu untuk penderita insomnia, madu bagi penderita maag, hingga madu untuk penderita endometriosis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

12. Buah Anggur

Buah manis dengan tampilan menawan hitam, hijau bahkan merah ini merupakan salah satu buah yang banyak di gemari orang di dunia. Karena anggur dianggap sebagai simbol kemewahan dan merupakan makanan para raja pada zaman sejarah kuno. Kasiat anggur yang di konsumsi ketika pagi hari membangun semangat dan meningkatkan stamina.

13. Susu

Sudah pasti susu mampu meningkatkan stamina kala sakit. Kandungan protein di dalamnya berperan penting bagi tubuh ketika sedang tidak enak badan atau letih. Terutama susu yang masih murni dari perahan sapi yang dimasak di atas api sedang setengah matang (tidak sampai pecah). Kenapa harus yang murni? Ada berbagai khasiat susu sapi murni bagi kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui juga.

14. Jus Alpukat

Kandungan vitamin dalam buah alpukat mampu membangkitkan nafsu makan serta memberikan asupan dalam perut. Alpukat seringkali dikonsumsi dalam bentuk jus yang mampu meningkatkan tenaga tubuh.

15. Salad Buah

Salad buah adalah makanan pencampuran beberapa jenis buah yang di potong dan di campurkan dengan keju, susu serta mayonaise. Kombinasi ini mampu memberikan vitamin beragam bagi tubuh sehingga energi kembali pulih ketika sakit.

Itulah daftar 20 makanan penambah tenaga saat sakit yang bisa Anda dapat temukan secara mudah dan konsumsi supaya bisa melakukan berbagai macam aktivitas sekaligus membuat tubuh lebih fit lagi seperti biasanya.