6 Cara Menyajikan Makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk Lomba Paling Menarik

1245

Sejak tahun 1950-an pemerintah sudah mencanang program makanan sehat yang diberi nama 4 sehat 5 sempurna. Slogan makanan sehat 4 sehat 5 sempurna ini terdiri dari  4 sumber nutrisi yaitu makanan pokok, sayur-sayuran, lauk pauk, buah-buahan, dan kemudian disempurnakan dengan minuman susu. Pemerintah mencanangkan program ini ke beberapa daerah dengan tujuan agar masyarakat mengusahakan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi dengan pedoman 4 sehat 5 sempurna. Walaupun sejak tahun 1990-an pedoman ini sudah dihapuskan, namun sampai sekarang slogan 4 sehat 5 sempurna masih menjadi dasar penyajian makanan sehat di masyarakat. Bahkan di berbagai lomba memasak, cara menyajikan makanan 4 sehat 5 sempurna untuk lomba masih menjadi poin tersendiri.

Apa itu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Masyarakat masih percaya bahwa pedoman 4 sehat 5 sempurna adalah dasar yang pas untuk menyajikan makanan sehat untuk keluarga. Melalui 4 sehat, empat jenis makanan sumber nutrisi utama akan memenuhi kebutuhan gizi seseorang. Menu empat sehat ini meliputi makanan pokok, sayur-sayuran, lauk pauk, dan buah-buahan. Makanan pokok merupakan sumber karbohidrat. Di Indonesia sendiri makanan pokok lebih identik dengan nasi. Padahal ada banyak sumber karbohidrat yang bagus untuk tubuh seperti roti, jagung, sagu, gandum, ataupun singkong.

Sayur-sayuran adalah sumber makanan yang difokuskan untuk pemenuhan kebutuhan vitamin, mineral dan juga serat. Beberapa sayuran yang direkomendasikan adalah aneka sayuran hijau, wortel, tomat, dan kacang-kacangan. Aneka sayuran ini juga mengandung kalium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Tak lupa sumber protein juga harus ditambahkan dalam menu sehat. Nutrisi ini berasal dari aneka lauk pauk seperti daging ayam, daging sapi, ikan, tahu, tempe, dan telur.

Selain makanan inti, sangat disarankan pula untuk mengkonsumsi aneka jenis buah. Buah-buahan menjadi sumber vitamin dan mineral bagi tubuh. Zat penting lainnya dari buah-buahan adalah zat antioksidan yang bermanfaat menangkal serangan radikal bebas ke dalam tubuh. Salah satu bahaya serangan radikal bebas adalah meningkatnya risiko serangan jantung mendadak. Dengan mengkonsumsi buah, sistem kekebalan tubuh akan semakin kuat sehingga terhindar dari aneka macam penyakit. Serat dalam sayur dan buah juga akan menghindarkan kita dari gangguan pencernaan.

Selanjutnya sebagai penyempurna, dipilihlah susu sebagai sumber kalsium bagi tubuh. Susu yang direkomendasikan untuk dikonsumsi bukan hanya susu sapi yang merupakan sumber protein hewani, tetapi juga susu sebagai sumber protein nabati misalnya susu kedelai. Kandungan kalsium di dalam susu akan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kekuatan tulang serta memastikan kita dapat beraktivitas dengan baik. Pedoman 4 sehat 5 sempurna ini masih dipercaya sebagai cikal bakal untuk menciptakan generasi yang sehat.

Cara Menyajikan Makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk Lomba

Di dalam berbagai acara lomba memasak, memperhitungkan kandungan gizi sesuai 4 sehat 5 sempurna sangat penting. Kandungan gizi dari setiap makanan yang disajikan akan menjadi poin lebih tersendiri. Selain itu, cara menyajikan makanan 4 sehat 5 sempurna untuk lomba juga menjadi perhatian tersendiri. Semakin kreatif cara penyajiannya maka akan semakin tinggi nilainya. Makanan 4 sehat 5 sempurna yang disajikan dengan kreatif juga akan membuat penikmatnya tidak bosan dan semangat untuk makan, terlebih lagi bagi anak-anak yang susah makan.

Berikut adalah beberapa tips atau cara menyajikan makanan 4 sehat 5 sempurna untuk lomba maupun untuk keluarga di rumah.

  1. Pilih ragam warna dalam satu sajian makanan

Untuk menarik minat makan, satu hal yang perlu diperhatikan adalah tampilan makanan ketika disajikan. Ketika Anda akan menyajikan makanan 4 sehat 5 sempurna cobalah untuk memilih sumber makanan yang beraneka warna dari setiap jenisnya. Misalkan untuk sayuran, cobalah memilih beberapa sayuran yang berwarna kontras dengan sumber karbohidrat dan juga lauk pauk.

Selain itu, cobalah untuk memilih warna sayuran dengan warna yang cerah. Warna ini akan membuat tampilan menu Anda menjadi lebih segar dan menarik. Contoh termudah adalah dalam hal menyajikan sayuran. Agar sayuran tetap terlihat segar namun matang, hindari memasak dengan cara merebus. Akan lebih baik jika Anda mengukus sayuran tersebut. Selain lebih terlihat segar, kandungan vitamin dan mineral tidak akan banyak terbuang jika memasak dengan cara mengukus.

  1. Cermat dalam menyajikan olahan lauk pauk

Olahan lauk pauk biasanya berasal dari daging-dagingan. Teknik memasak daging harus dipilih dengan tepat agar daging matang sempurna namun tidak terlalu matang. Hal ini tentu saja untuk menjaga kandungan vitamin dan rasa daging itu sendiri. Warna pucat pada daging bisa diakali dengan menambah taburan seperti daun peterseli untuk menambah warna menarik pada lauk pauk. Cobalah untuk mencari ragam makanan 4 sehat 5 sempurna contoh dan manfaatnya.

  1. Cermat dalam memperhatikan tekstur makanan

Tekstur makanan berkaitan dengan tingkat kematangan setiap makanan yang disajikan. Cara menyajikan makanan 4 sehat 5 sempurna untuk lomba selanjutnya adalah perhatikan jangan sampai makanan yang disajikan terlalu berminyak, terlalu keras, terlalu lembek, terlalu kering atau bahkan menjadi tidak menarik untuk dimakan. Beberapa makanan tentunya perlu perlakuan khusus. Misalnya untuk makanan yang digoreng, perhatikan jangan sampai makanan tersebut digoreng terlalu cokelat atau bahkan terlalu kering. Setelah matang, jangan langsung menyimpan makanan dalam wadah tertutup. Perlakuan ini akan membuat makanan menjadi lembek dan tidak menarik dilihat. 

  1. Pilih piring saji yang sesuai

Selain memilih dan mencermati warna makanan yang disajikan, pemilihan piring saji juga harus diperhatikan. Untuk menampilkan sayuran yang beraneka warna, hindari menggunakan piring saji yang berwarna. Piring saji berwarna putih akan lebih membuat makanan itu lebih menonjol.

  1. Menata dan menghias hidangan

Poin penting lainnya dalam menyajikan makanan 4 sehat 5 sempurna adalah dalam hal menata dan menghias hidangan. Cobalah untuk tidak menghidangkan makanan karbohidrat, protein, dan sayuran dalam wadah yang terpisah. Menyusunnya dalam satu wadah bisa membuat tampilan lebih menarik.

  1. Perhatikan porsi makanan

Porsi makanan adalah satu hal yang penting namun terkadang terlupakan dalam hal cara menyajikan makanan 4 sehat 5 sempurna untuk lomba. Setiap hidangan hendaknya mempunyai keseimbangan isi antara karbohidrat, protein, sayuran, dan buah-buahan. Beberapa ahli merinci porsi terbaik dalam hal penyajian makanan berat adalah ¼ bagian nasi, ¼ bagian sayuran, ¼ bagian protein, dan ¼ bagian buah-buahan. Sedangkan untuk susu, dianjurkan untuk minum 2 gelas susu setiap harinya. Minum susu pun tidak boleh terlalu berlebihan, termasuk juga susu kedelai. Ada beberapa efek samping susu kedelai jika dikonsumsi secara berlebihan. Porsi ini dipercaya dapat menjaga tubuh tetap sehat.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan 4 sehat 5 sempurna dan cara penyajian makanan 4 sehat 5 sempurna untuk lomba. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.