7 Makanan Ini Dapat Membahayakan Kesehatan Ususmu

90

Saat ini banyak sekali jenis makanan yang terus bermunculan, mengikuti perkembangan zaman dan dikreasikan dalam berbagai variasi menu yang menggugah selera. Namun, sebelum memutuskan untuk memakannya, ada baiknya untuk memperhatikan komposisi dan nilai gizi di dalam makanan tersebut, termasuk cara pengolahannya. Karena, jika hanya asal makan menuruti selera bisa saja makanan tersebut justru berbahaya bagi kesehatan ususmu. Lalu apa saja makanan tersebut?

1. Makanan Kaleng

Ada banyak zat kimia yang ditambahkan pada setiap makanan kemasan kaleng agar dapat bertahan lama dan memiliki rasa yang lezat. Namun, dibalik kelezatkan dan praktisnya, makanan kaleng dapat membuat usus mengalami gangguan kesehatan seperti peradangan, polip hingga kanker usus jika sering dikonsumsi.

2. Gorengan

Minyak yang digunakan untuk menggoreng dan dipakai berulang kali sangat tinggi kolesterol dan lemak jahat yang sulit dicerna oleh usus. Jika Anda sering mengkonsumsi gorengan, maka usus akan mudah mengalami radang, juga kotor akibat lemak-lemak menempel di usus sehingga bisa menyebabkan fungsi usus terganggu.

3. Daging Suntik

Di zaman sekarang memang sulit mendapatkan daging yang murni dari hasil ternak yang diurus sendiri. Kebanyakan daging yang dijual terutama daging ayam sekarang ini dihasilkan dari suntik hormon sehingga dalam hitungan bulan saja sudah tumbuh besar dan siap dipotong. Sebaiknya hindari makan daging dan usahakan untuk mengkonsumsi ikan segar.

4. Makanan yang Dibakar

Makanan yang diolah dengan proses pemanggangan atau dibakar cenderung mengandung karbon yang bersifat karsinogen. Jika sering mengkonsumsinya, dapat menyebabkan usus keracunan dan sulit mencerna makanan. Ini dapat menyebabkan usus rentan terkena kanker karena zat karsinogen tersebut.

5. Makanan Instan

Segala bentuk makanan yang dapat disajikan secara instan atau dalam bentuk kemasan mengandung banyak pengawet, penguat rasa dan pewarna yang sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Zat kimia tersebut dapat mengiritasi usus sehingga terjadi peradangan dan gangguan metabolisme.

6. Jeroan

Suka makanan bagian dalam atau jeroan? Makanan tersebut ternyata tidak aman dikonsumsi karena banyak sekali kandungan zat racun di dalamnya yang dapat membahayakan kesehatan usus. Apalagi jeroan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan tekanan darah dan mengganggu fungsi jantung sehingga lebih baik menghindari makanan tersebut sebelum terkena dampaknya.

7. Makanan yang Terlalu Pedas

Makanan yang pedas memang dapat meningkatkan selera makan seseorang, namun jangan sampai mengkonsumsi yang terlalu pedas karena itu dapat membuat radang usus semakin parah. Rasa pedas akan melukai dinding usus sehingga proses metabolisme maupun penyerapan nutrisi dari makanan jadi terganggu.

Bisa dibilang makanan yang berbahaya bagi usus seperti di atas memiliki rasa yang lezat sehingga kita selalu tergiur untuk memakannya. Namun, ingatlah bahwa kesehatan sangat mahal jadi lebih baik menghindarinya agar kesehatan usus dapat terjaga.