6 Ikan Yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat Tapi Jangan Berlebihan

315

Penderita asam urat memiliki pantangan dalam mengonsumsi makanan laut, mulai dari kepiting, tiram, cumi hingga kerang karena kandungan purin yang tinggi. Tak hanya makanan laut yang telah disebutkan, beberapa jenis ikan laut pun harus diwaspadai oleh para penderita asam urat. Namun menurut para pakar kesehatan, ada kok ikan yang boleh dimakan pnederita asam urat, ini dia daftarnya.

  1. Ikan Salmon Segar

Bagi penderita asam urat pecinta ikan, ikan salmon segar bisa kok jadi pilihan. Jika ikan laut lainnya dikenal sebagai makanan yang mengandung zat purin tinggi, maka ikan salmon segar umumnya berkadar purin rendah kalau membandingkannya dengan ikan laut lain.

  1. Ikan Pike Perch

Meski namanya cukup asing bagi telinga kita, sebenarnya ikan ini jenis yang awam kok di Indonesia. Kandungan purin di dalam ikan ini hanya 110 mg per 100 gramnya, maka dianggap aman oleh para pakar kesehatan apabila penderita asam urat ingin mengonsumsinya. Asal konsumsi tak berlebihan dan tidak menambahkan garam pada waktu mengolahnya, maka ikan ini aman kok untuk yang asam uratnya tinggi.

  1. Ikan Kod

Salah satu makanan yang mengandung omega-3 tinggi selain tuna dan salmon adalah ikan kod. Namun untuk yang aman dikonsumsi penderita asam urat, ikan kod ini bisa jadi pilihan karena kandungan purinnya hanya 109 mg per 100 gram. Kandungan berbagai macam vitamin sekaligus minyak hati juga siap menjaga kesehatan kita.

  1. Ikan Makarel

Ikan kembung atau ikan tengiri pernah dengar dong? Ikan makarel adalah sebutan lain untuk ikan tengiri atau kembung dan dengan kandungan purin 145 mg per 100 gramnya, penderita asam urat boleh mengonsumsi asalkan belum termasuk penderita asam urat yang sudah parah ya.

Pembatasan konsumsi juga perlu diingat walau diperbolehkan, karena kadar purin tersebut termasuk sedang dan bukan rendah. Pengolahannya pun jangan digoreng ya, melainkan dikukus, dijadikan sup, dipanggang atau direbus saja agar lebih aman dan bermanfaat bagi kesehatan.

  1. Ikan Sole/Sebelah

Kadar purin di dalam ikan sole atau ikan sebelah ini juga termasuk sedang sih, karena sebesar 131 mg per 100 gramnya. Hanya saja, untuk penderita asam urat yang belum terlalu parah masih boleh menikmati ikan ini, namun ada baiknya lakukan konsultasi dulu ke dokter agar tahu porsi yang tepat dan amannya. Hindari penambahan garam apalagi mengolahnya dengan menggoreng.

  1. Ikan Haddock

Ikan haddock juga kaya akan omega-3 dengan kadar purin sedang, yakni 139 mg per 100 gramnya. Karena kadar purin masih ada dan dalam tahap sedang, pastikan batasi porsinya agar tidak berlebihan. Bahkan mengonsumsinya sering-sering juga tidak dianjurkan ya, termasuk juga menggoreng ikan haddock.

Itulah daftar ikan yang boleh dimakan penderita asam urat, namun juga harus tetap batasi porsi serta frekuensi konsumsinya. Walau kandungan purin tidak tinggi, mengonsumsi kebanyakan dan terlalu sering dapat menjadi pemicu naiknya asam urat lho. Maka, jangan lupa rajin pula cek kesehatan ke dokter atau setidaknya periksakan kadar asam urat 2-3 bulan sekali.