Boleh Tidak Asam Urat Tinggi Makan Bayam?

477

Asam urat adalah sebuah penyakit yang menyebabkan serangan pada persendian. Ketika asam urat sangat tinggi maka penderita akan merasakan beberapa gejala yang tidak nyaman seperti kaki, panas, sakit untuk bergerak, bengkak dan tidak nyaman. Terkadang pembengkakan pada sendi membuat penderita sulit untuk berjalan.

Kondisi asam urat yang tinggi memang harus waspada. Hal ini karena asam urat bisa dipengaruhi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sayuran hijau yang mengandung purin tinggi sebainya tidak dimakan. Padahal sayuran seperti bayam mengandung purin yang tinggi. Tapi boleh tidak asam urat tinggi makan bayam? Berikut penjelasan kami.

Boleh Tidak?

Bayam adalah sayuran yang lezat dan penuh dengan manfaat kesehatan tubuh. Bayam mengandung zat besi yang penting untuk membantu proses produksi sel darah merah. Karena itu kekurangan zat besi juga sangat berbahaya termasuk menyebabkan anemia. Bayam juga mengandung nutrisi lain yang menguntungkan seperti vitamin A dan vitamin K.

Sayangnya bayam mengandung purin yang cukup tinggi. Ketika tubuh memiliki kandungan purin yang sangat tinggi maka bisa memecah asam urat sehingga serangan asam urat menjadi sangat cepat. Inilah yang menyebabkan bayam cukup berbahaya untuk penderita asam urat. Namun ternyata menurut penelitian medis, makan bayam sama sekali tidak menyebabkan asam urat yang parah.

Serangan asam urat bisa menjadi lebih buruk jika mendapatkan asupan purin dari makanan lain. Nah, makanan lain yang mengandung purin tinggi itu seperti ikan kembung, ikan teri, udang, jeroan, dan daging berlemak. Sementara itu sayuran lain yang juga mengandung purin tinggi adalah seperti kembang kol, kubis, jamur, kacang-kacangan, asparagus dan ragi.

Jadi sebenarnya boleh saja makan bayam saat asam urat tinggi. Hanya saja jumlahnya harus dikurangi dan tidak bersamaan dengan konsumsi makanan tinggi purin lain.

Makanan yang Disarankan Saat Asam Urat Tinggi

Orang yang sedang mengalami serangan asam urat tinggi sebaiknya memang harus waspada. Diet harus dilakukan dengan cara yang tepat seperti:

  1. Batasi konsumsi daging.
  2. Batasi konsumsi makanan laut.
  3. Hindari kebiasaan minum alkohol.
  4. Hindari makanan yang mengandung gula tinggi.
  5. Batasi konsumsi makanan dengan karbohidrat olahan.
  6. Hindari atau batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh.

Mengenali Gejala Asam Urat Tinggi Sejak Dini

Kemudian setiap penderita asam urat tinggi harus waspada dengan gejala-gejala yang muncul dengan cepat. Hal ini bisa dilihat dari gejalanya seperti:

  1. Bengkak dan merah pada sendi atau tulang.
  2. Nyeri sampai menyakitkan.
  3. Tampak merah dan sakit untuk berjalan.
  4. Terasa sakit pada pergelangan kaki, tangan dan lutut.
  5. Serangan rasa sakit berkembang dari hari ke hari dan paling sering malam hari.

Nah itulah jawaban dari boleh tidak asam urat tinggi makan bayam? Karena Anda sudah tahu jawabannya maka usahakan untuk menjaga makanan yang berbahaya agar serangan asam urat segera sembuh.