29 Khasiat Ikan Gabus bagi Tubuh

Sebagian dari kita pasti sudah sering mendengar tentang ikan gabus, begitu juga dengan manfaatnya. Atau malah Anda sudah pernah mengonsumsinya? Ikan gabus masih termasuk dalam jenis ikan predator yang bisa kita temui di air tawar. Ada segudang khasiat ikan gabus yang perlu Anda tahu dan jangan sampai melewatkannya, seperti berikut ini.

Baca juga:

  1. Membuat Penyembuhan Luka Lebih Cepat

Mungkin Anda sudah sering atau paling tidak pernah mendengar gembar-gembor tentang ikan gabus yang dimanfaatkan albuminnya. Ya, albumin yang terkandung di dalam ikan gabus begitu tinggi sehingga memang sering digunakan orang untuk penyembuhan luka. Salah satu jenis protein tersebut akan mempercepat proses kesembuhan luka di tubuh.

  1. Menambah Kadar Albumin dalam Darah

Albumin adalah jenis protein yang ada pada jaringan plasma dan fungsi utama albumin ini adalah sebagai pengikat kandungan air dalam darah supaya mencegahnya dari kebocoran. Kaki bengkak adalah salah satu contoh penyakit yang disebabkan kekurangan albumin. Jadi, konsumsilah daging ikan gabus yang menjadi makanan yang mengandung albumin tinggi agar kadar albumin dalam darah bisa meningkat.

  1. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Sang Janin

Seperti kita tahu, para wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi protein hewani dan biasanya protein tersebut adanya di telur, ikan, dan juga ati ayam. Tapi jangan salah, ikan gabus sebagai jenis ikan tawar pun bisa diandalkan dan dikonsumsi supaya kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan janin terjaga dengan baik.

  1. Mengatasi Bengkak pada Tubuh

Pembengkakan yang terjadi pada tubuh tentu membuat kita tak nyaman ketika harus beraktivitas seperti biasa, apalagi kalau bengkak tersebut disertai nyeri. Albumin pada ikan gabus mampu membantu juga untuk proses pengempisan dan penyembuhan bengkak pada bagian tubuh manapun.

  1. Menambah Energi

Fungsi ikan gabus tak hanya sebagai penambah kadar albumin atau mempercepat kesembuhan luka tubuh. Karena kadar kalori di dalam ikan gabus dianggap setara dengan 690 KkaL atau 2 piring nasi sehingga ikan ini jelas bisa dikonsumsi sebagai penambah energi secara alami dan tubuh otomatis tak mudah lemas atau cepat lelah.

  1. Menambah Berat Badan

Bila ingin menggemukkan badan tapi secara sehat, coba untuk mengonsumsi ikan gabus karena di dalamnya ada protein hewani yang bisa membantu. Ikan gabus ini termasuk aman ketika Anda ingin meningkatkan berat badan tapi tidak dengan lemak berlebih.

Baca juga:

  1. Menambah Daya Tahan Tubuh

Mungkin Anda adalah termasuk orang yang mudah sakit? Itu artinya daya tahan tubuh termasuk rendah. Sebagai salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh paling alami dan efektif, cobalah mengonsumsi ikan gabus setiap hari. Di dalam ikan gabus juga ada vitamin B1 yang sangat baik dalam peningkatan imunitas tubuh.

  1. Mendukung Pembentukan Otot

Ikan gabus juga penting bagi yang ingin membentuk otot tubuh secara alami tanpa suplemen. Karena kadungan proteinnya begitu tinggi dan bahkan lebih dari ikan lele dan ikan nila/mas, maka pembentukan otot dapat didukung dengan baik. Ada 25,2 gram protein pada setiap 100 gram ikan gabus, jadi jangan ragu mengonsumsinya.


  1. Menjaga Kesehatan Mata

Tak lupa juga, bagi yang ingin memiliki mata sehat tentu juga bisa mengonsumsi ikan gabus. Sebagai salah satu makanan yang mengandung vitamin A tinggi, Anda bisa sering-sering mengonsumsi ikan gabus ini karena ada sekitar 150 mg vitamin A di dalam 100 gram ikan gabus sehingga khasiatnya untuk mata terbilang tinggi.

  1. Menjaga Kadar Cairan Tubuh

Anda juga bisa memanfaatkan albumin sebagai penjaga kestabilan cairan di dalam tubuh. Ketika kadar cairan dalam tubuh mengalami penurunan, otomatis bahaya dehidrasi mengincar. Untuk itu, rajinlah mengonsumsi ikan gabus supaya albuminnya bisa terjaga sampai 60 persen sehingga cairan tubuh juga terjaga.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Ikan gabus juga bisa dikonsumsi apabila Anda ingin mencegah atau mengatasi gangguan pencernaan. Ikan ini sangat bagus dan sehat bagi pencernaan karena struktur dagingnya termasuk empuk sehingga gampang dicerna oleh sistem pencernaan. Ini juga dikarenakan protein kolagen ikan gabus lebih rendah daripada yang ada pada daging ternak.

  1. Membantu Perbaikan Gizi

Karena khasiatnya yang tinggi sebagai pendukung perbaikan gizi, maka ikan gabus juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak, mulai dari bayi, balita hingga anak yang sudah masuk usia sekolah. 100 gram ikan gabus saja sudah terbilang cukup untuk membuat gizi anak lebih baik dan si kecil juga tercegah dari malnutrisi/gizi buruk.

Baca juga:

  1. Mendukung Penyembuhan Anak Autis

Anak yang mengalami autisme dapat coba diatasi dengan mengonsumsi ikan gabus sesering mungkin. Diketahui bahwa ikan gabus dengan serangkaian nutrisi penting dan tingginya mampu membantu proses penyembuhan dan pemulihan dari anak-anak penderita autisme.

  1. Mempercepat Luka Operasi untuk Sembuh

Selain luka terbuka biasa, luka pasca operasi pun dapat menjadi cepat sembuh karena pasien mengonsumsi ikan gabus. Kandungan albuminnya adalah yang diunggulkan dalam hal ini sehingga sehabis menjalani operasi, pembentukan sel dan jaringan baru di dalam tubuh akan meningkat dan dilancarkan.

  1. Memperbesar Otot

Selain bisa diandalkan dalam pembentukan otot, ikan gabus juga berkhasiat dalam memperbesar otot. Jika ingin memiliki otot yang kuat dan juga besar, body building bisa diimbangi dengan mengonsumsi ikan gabus secara teratur. Protein yang rendah lemak di dalam ikan ini akan membantu pembentukan dan pembesaran otot secara maksimal seperti yang didambakan.

  1. Mendorong Pertumbuhan Tulang

Di dalam ikan gabus juga diketahui kaya akan kandungan fosfor serta kalsium di mana 2 mineral ini sangat tubuh manusia perlukan dalam pertumbuhan tulang, terutama bagi anak-anak. Untuk balita dan lansia sangat cocok dan dianjurkan mengonsumsi ikan gabus supaya pertumbuhan dan kepadatan tulang bisa terjaga secara lebih maksimal.

  1. Mendukung Pertumbuhan dan Kesehatan Gigi

Salah satu makanan penguat tulang dan gigi yang bisa diandalkan jelas adalah ikan gabus. Untuk gigi sehat dan kuat bagi anak hingga orang dewasa, 100 gram ikan gabus dengan 70 mg fosfor dan 60 mg kalsium akan membantu meningkatkan kesehatan gigi dan kekuatannya.

  1. Menyembuhkan Berbagai Penyakit Kronis

Ikan gabus bukanlah ikan sembarangan karena ikan ini mampu menyembuhkan banyak penyakit yang dianggap kronis atau jangka panjang. Bukan hanya luka saja, tapi penyakit-penyakit seperti di bawah ini dapat disembuhkan apabila mengonsumsi ikan gabus secara rutin dengan memasukkannya ke dalam daftar menu diet harian:

Terbukti memang untuk penderita diabetes, ikan gabus ini sangat bermanfaat sebagai sumber kalori aman. Karena penderita diabetes harus pantang makan nasi yang menjadi penyebab peningkatan kadar gula darah, mengonsumsi ikan gabus bisa menjadi pengganti nasi yang baik dan oleh karena itu ini menjadi solusi apik.

Khasiat Lain dari Ikan Gabus

Selain dari yang sudah disebutkan di atas, masih ada sejumlah khasiat yang ditawarkan ikan gabus bagi kesehatan tubuh, seperti:

  • Menurunkan atau mengatasi kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL).
  • Mengencangkan otot tubuh.
  • Mengencangkan kulit.
  • Membantu proses pengeringan luka koreng secara lebih cepat.
  • Alternatif protein untuk penderita kolesterol tinggi.
  • Mengatasi pegal-pegal yang disebabkan terutama karena kurangnya asupan vitamin B1 atau thiamin dalam tubuh.
  • Mengurangi risiko kelelahan yang diakibatkan oleh rasa depresi.

(Baca juga: makanan untuk melancarkan peredaran darahmakanan sehat untuk jantung)

Jadi, karena sudah mengintip sejumlah khasiat ikan gabus bagi kesehatan tubuh, tak ada alasan untuk tidak mencoba mengonsumsinya. Memang benar bahwa harga ikan gabus tergolong mahal, namun kalau ditilik dari khasiatnya, Anda akan berpikir bahwa harga tersebut tidak ada apa-apanya. Sering kita dengar tentang betapa kesehatan itu mahal harganya, maka mulailah menjaga pola hidup dengan mengonsumsi makanan tepat, salah satunya seperti ikan gabus ini.

, , ,
Post Date: Friday 16th, June 2017 / 10:44 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat