Ini Lho 13 Makanan Sehat Setelah Kuret Yang Mempercepat Pemulihan

1747

Kuret merupakan sebuah tindakan medis yang wanita perlu jalani sesuai saran dokter terutama saat mengalami keguguran. Hanya saja, kuret bukanlah suatu tindakan yang perlu ditempuh karena keguguran sebab kuret dirasa perlu ketika seorang wanita mengalami perdarahan pasca menopause, perdarahan dengan jumlah berlebih terlalu sering, dan perdarahan selain pada masa menstruasi.

Kuret adalah tindakan yang dilakukan ahli medis dengan tujuan mengeluarkan hampir semua jaringan yang ada di dalam rahim ketika ada masalah pada rahim, tak hanya karena keguguran. Kuret juga dianggap sebagai langkah pembersihan dalam rahim agar perdarahan berat dapat dihentikan. Lalu, apa saja makanan sehat setelah kuret yang bisa dikonsumsi?

  1. Daging Tanpa Lemak

Pasca menjalani prosedur kuret, tentunya ada beberapa pantangan makanan. Namun kali ini, kita lebih membahas tentang apa saja makanan yang baik dan mempercepat pemulihan pasca kuret. Daging tanpa lemak adalah salah satunya, sebab rahim lebih cepat sembuh ketika Anda mengonsumsi daging tanpa lemak yang berkandungan zat besi tinggi.

  1. Bayam

Makanan yang mengandung serat tinggi ini juga menawarkan berbagai vitamin dan mineral seperti zat besi. Bahkan pada bayam pun ada kandungan sifat antioksidan yang begitu sempurna bagi tubuh pasien pasca tindakan kuret. Untuk itu, wanita sehabis kuret dianjurkan menutrisi tubuh supaya lebih cepat pulih dengan mengonsumsi lebih banyak bayam.

  1. Stroberi

Buah yang mengandung vitamin C tinggi ini juga dikenal sebagai buah berzat besi tinggi. Jadi untuk para wanita yang baru saja menempuh jalur kuret apapun penyebabnya, stroberi adalah buah berantioksidan tinggi yang siap menambah daya tahan tubuh dan mempercepat masa pemulihan Anda.

  1. Coklat Hitam

Anda penggemar dark chocolate? Pada waktu setelah kuret, rupanya makanan ini adalah salah satu yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi. Ini karena di dalam coklat hitam sekalipun, ada kandungan zat besi yang baik untuk mengembalikan energi tubuh sekaligus mencegah kelelahan sebab ada kalanya pasien kuret sesudahnya dapat mengalami anemia.

  1. Pepaya

Buah lainnya yang aman untuk dikonsumsi setelah kuret adalah pepaya yang kaya akan vitamin C sama seperti stroberi. Mungkin pepaya lebih dikenal sebagai obat pencahar alami, tapi sebenarnya khasiat yang ditawarkan lebih dari itu, yakni dengan mengonsumsinya ini adalah cara meningkatkan daya tahan tubuh yang aman.

  1. Asparagus

Lagi-lagi sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi dianjurkan bagi Anda pasca penempuhan tindakan medis seperti kuretase. Dengan tujuan pengembalian pembentukan sel darah merah, maka tubuh memerlukan lebih banyak zat besi, jadi konsumsi asparagus adalah ide yang bagus dan sehat. Selain itu, asparagus pun menawarkan sifat antioksidan berikut serat tinggi, vitamin A dan vitamin C.

  1. Buah Bit

Pasca menjalani kuret, buah bit pun bisa Anda andalkan untuk membuat pemulihan tubuh lebih cepat dan maksimal. Buah bit dianjurkan untuk dikonsumsi pasca kuret sebab jenis makanan ini pun sangat terpercaya dalam mendukung terbentuknya kembali sel-sel darah merah dalam tubuh.

  1. Kedelai

Saat terjadi perdarahan secara berlebihan, baik itu disebabkan oleh kondisi keguguran ataupun perdarahan tak normal di luar siklus haid, kalsium pada tulang pun akan makin menipis. Oleh karena itu, para wanita pasca kuret memerlukan asupan yang tepat seperti kedelai untuk mengembalikan lagi kadar kalsium dalam tubuh seperti semula.

  1. Salmon

Bukan hanya menjadi makanan yang mengandung omega-3 tinggi, salmon adalah jenis ikan yang juga menawarkan mineral kalsium bagi para wanita yang baru saja menjalani proses kuret. Agar tulang dan otot makin kuat, diperlukan adanya asupan kalsium lebih dari salmon sebab susu tinggi lemak merupakan pantangan pasca tindakan kuret.

  1. Susu Rendah Lemak

Pada dasarnya, susu dan produk olahannya merupakan pantangan bagi pasien kuret. Namun, mengonsumsi susu yang kandungan lemaknya rendah jauh lebih baik seperti daging tanpa lemak tadi. Susu rendah lemak pun menawarkan kalsium tinggi berikut juga nutrisi penting lainnya yang baik untuk masa pemulihan tubuh secara total.

  1. Anggur

Satu lagi, buah yang kaya zat besi baik dan sehat untuk Anda yang barusan menempuh tindakan kuret. Supaya badan tak lemas lagi dan pembentukan sel-sel darah merah kembali terjadi secara optimal dalam tubuh, Anda butuh asupan nutrisi yang tepat seperti mengonsumsi anggur selain buah stroberi dan pepaya.

  1. Sarden

Jenis ikan lain yang dianggap aman bagi Anda yang bingung seharusnya makan apa setelah kuret adalah ikan sarden. Kaya akan omega-3, sarden juga menawarkan mineral kalsium bagi tubuh untuk mengembalikan lagi kadar kalsium dalam tubuh sampai cukup untuk mendukung fungsi tubuh.

  1. Kacang-kacangan

Sumber zat besi lain yang juga menjadi makanan yang mengandung magnesium tinggi adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan tak hanya mampu menambah kadar zat besi dalam tubuh, tapi juga diyakini ampuh dalam mengembalikan suasana hati jadi lebih baik. Ketika suasana hati menurun karena menjalani kuret, kacang adalah ‘teman’ yang bisa Anda andalkan untuk memperbaiki mood.

Bukan hanya sekadar konsumsi makanan sehat setelah kuret tersebut. Anda pun perlu tetap rajin menjaga pola hidup yang baik sampai pulih benar. Segera periksakan diri ke dokter sesudah menempuh kuret, apalagi kalau ada keluhan seperti perdarahan parah, demam, kram perut, serta cairan berbau tak sedap berasal dari vagina setelahnya.