Home Featured 6 Manfaat Tidur Secara Teratur yang Baik untuk Kesehatan

6 Manfaat Tidur Secara Teratur yang Baik untuk Kesehatan

by Putri Yohani Masnun

Tubuh membutuhkan tidur setidaknya 7-8 jam setiap harinya agar tetap sehat dan istirahat dari aktivitas yang melelahkan. Tidak hanya itu, sangat penting bagi kita untuk menerapkan pola tidur yang teratur, karena kebiasaan tidur yang satu ini akan membuat tubuh kita kembali bugar keesokan harinya. Apalagi, tidur dengan jam yang teratur akan membantu menjaga daya tahan tubuh sehingga kita tidak mudah terserang berbagai penyakit. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat tidur teratur yang penting untuk diketahui agar kita lebih peduli dengan kesehatan tubuh sendiri.

1. Menjernihkan Pikiran

Otak membutuhkan istirahat yang cukup agar dapat menganalisa, mengolah dan menyimpan informasi setelah beraktivitas seharian. Jika tidur Anda bermasalah, maka kemampuan otak akan menurun, bahkan Anda menjadi kesulitan untuk berkonsentrasi dan memecahkan masalah. Tidur dengan teratur akan membantu otak untuk berfungsi dengan baik saat terjaga keesokan harinya.

2. Meningkatkan Mood

Suasana hati atau mood seseorang dapat dipengaruhi oleh kualitas tidurnya. Karena itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh untuk berisitrahat dan tidur dengan teratur setiap harinya. Kurang tidur dapat membuat seseorang mengalami perubahan suasana hati menjadi lebih buruk, dan mengganggu kesehatan emosional secara keseluruhan.

3. Mencegah Kenaikan Berat Badan

Ternyata pola tidur yang buruk atau kurang tidur dapat membuat seseorang mengalami kenaikan berat badan. Bahkan jika kebiasaan buruk ini tetap dilakukan dalam waktu yang lama dapat memicu obesitas. Hal ini dikarenakan, saat malam masih terjaga, perut cenderung menjadi lapar sehingga mendorong keinginan untuk mencari makanan. Apalagi saat di malam hari kurang tidur, tubuh menjadi tidak berenergi di siang hari dan ini akan berakibat menurunnya kegiatan atau aktivitas fisik.

4. Kehidupan Seks Lebih Baik

Kurang tidur dapat menyebabkan kehidupan seks menjadi buruk, karena tubuh selalu dalam kelelahan dan tidak bersemangat. Jadi, biasakanlah untuk menjaga pola tidur agar selalu teratur sehingga tubuh selalu sehat dan bugar. Dengan demikian, hubungan seks akan lebih sehat karena tubuh lebih fit setelah tidur nyenyak.

5. Meningkatkan Kreativitas

Tidur teratur tidak hanya membuat otak lebih segar dan meningkatkan daya konsentrasi, namun juga dapat meningkatkan daya kreativitas seseorang. Hal ini dikarenakan saat tubuh cukup tidur, tubuh akan terasa lebih segar dan ini akan berdampak pada otak yang juga menjadi lebih prima setelah cukup beristirahat.

6. Tubuh Lebih Sehat

Jika Anda membandingkan seseorang yang cukup tidur dan yang kurang tidur, maka akan sangat jelas terlihat perbedaannya dari segi kesehatan. Mereka yang kurang tidur cenderung mengalami berbagai masalah kesehatan seperti pusing, hipertensi hingga naiknya kadar gula darah.

Nah, itulah manfaat tidur secara teratur yang baik untuk kesehatan dan sebaiknya diterapkan oleh siapa saja yang peduli akan kondisi tubuhnya. Setiap manusia memang membutuhkan waktu untuk istirahat dan usahakanlah untuk tidur dengan teratur agar tubuh juga memiliki jam biologis yang sehat.

You may also like