Home Featured 6 Manfaat Anak Makan Ikan bagi Kesehatan dan Pertumbuhannya

6 Manfaat Anak Makan Ikan bagi Kesehatan dan Pertumbuhannya

by Erlita

Ikan laut kita tahu adalah sumber makanan yang baik dan bernutrisi tinggi mulai untuk anak hingga orang dewasa. Selain kaya omega-3, ada pula kandungan vitamin K, lemak sehat, mineral dan protein di dalam ikan laut. Para orangtua jangan sampai ragu ya untuk memberikan ikan sebagai salah satu menu harian buah hati sebab berikut ini adalah sederet manfaat anak makan ikan yang perlu diketahui.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Asam lemak omega-3 dari ikan laut untuk anak pastinya mampu meningkatkan kesehatan matanya. Menurut hasil penelitian, konsumsi ikan laut rutin sejak dini mampu mencegah penyakit yang berhubungan dengan kerusakan mata, apalagi kerusakan retina akibat diabetes serta degenerasi makula.

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Tak salah lagi, anak sekolah yang diberi asupan asam lemak omega-3 dengan mengonsumsi ikan secara teratur akan membantunya meningkatkan kemampuan membaca dan menambah kecerdasan. Jadi, penting bagi para orangtua untuk menyediakan atau menyajikan ikan laut bagi si kecil dan ajak ia untuk menikmatinya.

Menurut penelitian terbitan jurnal Scientific Reports, kenaikan IQ anak dapat dipengaruhi oleh kecukupan asupan omega-3. Dan untuk sumber makanan yang mengandung omega-3 tinggi, orangtua bisa memberikan anak ikan tuna, ikan sarden, atau salmon secara bergantian supaya dirinya tak bosan.

  1. Mencegah Gangguan Tidur

Kualitas tidur anak yang cukup dan baik akan membantunya tumbuh kembang lebih optimal. Untuk meminimalisir adanya bentuk-bentuk gangguan tidur. Memberikan anak menu ikan laut secara teratur seminggu sekali saja justru akan menurunkan risiko gangguan tidur sekaligus meningkatkan kualitas tidurnya secara menyeluruh lho.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Anak-anak masih dalam masa tumbuh kembangnya, termasuk juga bagian tulang. Memberi ikan laut dapat pula meningkatkan asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh demi kesehatan dan pertumbuhan tulang yang baik. 8 gram ikan salmon sehari mampu membantu agar kebutuhan vitamin D terpenuhi sebanyak 75 persen; namun hindari pemberian ikan laut secara berlebihan dan terlalu sering ya.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

DHA pada ikan yang dikonsumsi oleh anak akan menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Namun, pastikan bahwa anak tidak diberi ikan secara berlebihan, sebab seminggu sekali pemberian dianggap cukup dan usia anak pun yang paling aman untuk mengonsumsinya adalah 2 tahun ke atas.

  1. Mencegah Penyakit Tiroid

Mineral yang baik terkandung di dalam ikan laut, yakni selenium dan yodium di mana dengan begitu kesehatan kelenjar tiroid dan hormon tiroid dapat terjaga pada tubuh anak. Penyakit tiroid rentan terjadi ketika tubuh kekurangan mineral yodium, maka agar anak terhindar dari gangguan tiroid rutinlah memberi anak asupan ikan laut ya.

Meski dianjurkan agar anak 2 tahun bisa mulai mengonsumsi ikan, tak sembarang ikan laut para orangtua bisa berikan lho. Pastikan ikan berkadar merkuri rendahlah yang diberikan kepada anak agar manfaat anak makan ikan bisa lebih dirasakan. Namun jika masih bingung, berkonsultasi saja lebih dulu dengan dokter ahli gizi sebelum anak bisa mengonsumsi.

You may also like